Senin, 31 Agustus 2015

6 Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil





Untuk penderita diabetes, walaupun makan dengan menu diet yang seimbang adalah yang paling utama, ada makanan tertentu dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula tetap sehat.
Kopi dan Kayu manis telah umum diketahui dapat membantu mengurangi resiko diabetes atau membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat. Namun, jangan berpikir ada makanan ajaib untuk penderita diabetes.
Tetap saja penting bagi penderita diabetes untuk menjaga makanannya dan berolahraga untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Beberapa makanan, seperti roti, diubah hampir secara langsung menjadi gula darah, menyebabkan lonjakan dalam gula darah. Makanan lain, seperti nasi merah, dicerna lebih lambat, sehingga gula darah berubah secara perlahan-lahan.
Berikut 6 jenis makanan yang dapat membantu gula darah anda stabil:

Oats / Gandum

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-2Oats / Gandum dapat membantu mengkontrol gula darah anda.
Walaupun Oats termasuk karbohidrat, namun Oats termasuk golongan karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis.
Tidak hanya karbohidrat berkualitas tinggi,  Oats juga memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk kita dan juga dapat membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut dalam Oats menjaga kita untuk tetap kenyang lebih lama. Hal ini sangatlah penting bagi penderita diabetes tipe 2, yang cenderung obesitas. Pada saat berat badan berkurang, biasanya penderita diabetes dapat lebih baik menjaga kadar gula darahnya.

Brokoli, Bayam dan Kacang Hijau

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-3Tambahkan banyak sayur-sayuran tidak bertepung ke dalam menu anda seperti Brokoli, Bayam dan kacang hijau. Makanan ini mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat, sehingga ideal bagi penderita diabetes
Sebaliknya, sayuran yang mengandung tepung seperti kentang, kentang manis, jagung juga tidak perlu disingkirkan dalam menu diet anda. Hanya saja porsinya harus disesuaikan karena tipe makanan ini membuat kadar gula darah anda melonjak dengan cepat.
Riset menemukan bahwa pola makan vegetarian rendah lemak dapat membantu Penderita diabetes Tipe 2 menjaga penyakitnya dengan lebih baik. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh diabetes Care US Publication ditemukan bahwa Penderita diabetes yang mengikuti menu ini mengalami penurunan dalam kebutuhan konsumsi obat.

Strawberry

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-4Beberapa Penderita diabetes menjauhi Strawberry karena dianggap rasanya manis. Namun, dengan porsi yang tepat strawberry tidak akan membuat kadar gula melonjak terlalu jauh. Strawberry jauh lebih baik ketimbang biskuit atau permen.
Strawberry memiliki tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yang tinggi sehingga meninggalkan rasa kenyang lebih lama.

Salmon dan Daging Tanpa Lemak

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-5Daging , yang tinggi kandungan protein, tidak berpengaruh banyak terhadap kadar gula darah sebagaimana karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk menu diabetes.
Salmon terutama pilihan yang baik karena mengandung Omega-3 yang sehat untuk jantung. Daging juga merupakan sumber Chromium, mineral yang membantu insulin untuk bekerja dengan benar dan membantu tubuh untuk mencerna karbohidrat.

Minuman Berkarbonasi

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-6Jika anda mencoba untuk menghindari kebiasaan minum minuman berkadar gula tinggi atau bosan dengan minuman yang sama setiap harinya, boleh mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Minuman ini memiliki variasi rasa.
Banyak dari minuman ini tidak mengandung karbohidrat atau kalori, jadi mereka tidak hanya baik untuk kadar gula darah tapi juga untuk menurunkan berat badan.

Kayu Manis

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-7Kayu manis sudah lama diketahui sebagai bumbu yang memiliki efek yang sama seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes. Sebuah studi di Jerman menemukan group yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis 3x sehari selama 4 bulan mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 10.3%
Sumber: WebMD

http://dokita.co/blog/6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar