Rabu, 25 Februari 2015

Manfaatkan Seduhan Green Tea Sebagai Antioksidan




Daun teh / green tea, sejak dahulu masyarakat chines menggunakannya sebagai obat obatan , tak hanya itu daun teh yang sudah di seduh merupakan minuman yang amat berkhasiat , kandungan yang terdapat pada daun teh membuat penyebaran teh dari negara- ke negara  menjadi sangat pesat.

Negara cina merupakan negara lahirnya teh namun dahulu masyarakat cina mengkonsumsi daun teh dengan cara langsung mengunyah daun teh , cita rasa yang terdapat pada daun teh memberikan kenikmatan tersendiri, seperti halnya orang dahulu di indonesia sering mengkonsumsi kinang / daun sirih yang dicampur dari berbagai rempah kemudian dikunyah dan  di capur dengan tembakau /  sering disebut dengan menginang. Cita rasa daun teh membuat  hubungan yang erat antara teh dan manusia, setelah berkembangnya  zamam , teh mulai berubah bentuk, pengkonsumsian teh sudah tidak dikunyah secara langsung , namun sudah di  buat / diolah menjadi minuman sedu teh.

Terkenalnya teh di negara cina merupakan awal penyebaran kenegara- negara lain ,  Lalu teh menyebar ke negara Jepang, Kenegeri Barat ,  Teh amerika dan Inggris, setelah itu teh mulai dikenal dibanyak negara, kemudian teh

Proses Pengambilan Pucuk Daun

Proses Pengambilan Pucuk Daun

berkembang menjadi banyak olahan , mulai dari teh tabur, teh celup, teh siap saji ( tinggal minum) , kemudian teh mulai dikolaborasi dengan rasa buah , dan sangat banyak olahan dari daun teh, perkembangan secara modern yang membuat produk teh berkembang menjadi sangat pesat. Dan sekarang teh sudah dapat dikonsumsi secara  instan.
  1. Black Tea  ( TehHitam) adalah jenis teh yang dalam pengolahannya melalui proses fermentasi secara penuh
  2. Oolong Tea ( Teh olong)  adalah jenis teh yang dalam pengolahannya hanya melalui setengah proses fermentasi
  3. Green tea ( Teh hijau) adalah jenis teh yang dala, pengolahannya tidak melalui proses fermentasi
3 macam Teh  tersebut berbeda menurut cara pengolahannya. Namun  diberbagai negara teh  di olah menurut tradisi dan cara penyajiannya , adapun teh Jepang, Teh Barat , Teh Korea .dll.
Lalu apakah sebenarnyaa kandungan daun teh tersebut. Sehingga membuat banyak negara yang meberikan waktu khusus untuk menikmati cita rasa teh hangat tersebut?
Banyak perusahan dalam negri di Indonesia , memproduksi olahan daun teh dengan menggunakan  cita rasa yang berbeda beda. Polifenol utama dalam teh hijau adalah katekin. Katekin pada teh hijau merupakan senyawa antioksidan yang amat kuat dan menguntungkan untuk kesehatan. Antioksidan merupakan senyawa yang mempunyai kemampuan untuk dapat meredam dampak negative dari radikal bebas, termasuk didalamnya enzimenzim dan protein pengikat logam

Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu senyawayang dapat meredam dampak negatif radikal bebas, termasuk enzim-enzim dan protein pengikat logam yang merupakan substansi yang menghentikan atau menghambat kerusakan oksidatif terhadap suatu molekul target.

daun teh

Menurut Tea Board India, dalam secangkir teh terkandung energi sekitar 4 kilo kalori,disamping flour, mangan, vitamin B kompleks, asam nikotinat dan asam pantotenat. Sejumlah Vitamin yaitu niacin atau vitamin B kompleks seperti vitamin Bl dan vitamin B2; serta vitamin C, E dan K dan mineral antara lain mangan, potassium dan flour
Banyak manfaat yang terkandung di dalam  green tea, teh juga digunakan sebagai minuman herbal yang lebih mengacu kepada alternative pengobatan, dengan memanfaatkan kandungan yang terdapat pada daun teh.  teh daun juga banyak digunakan di dalam produk kosmetik, di gunakan sebagai masker wajah, pemanfaatan the berkembang sangat pesat.

Selain itu manfaat dari green tea juga dapat menyembuhkan/ menghambat  berbagai penyakit, antara lain :
  1. Mencegah Kanker
Epigallocatechin Gallate Merupakan Senyawa aktif yang terkandung di dalam teh hijau, senyawa ini sangat potensial untuk menghambat sel pembentuk kanker.
  1.  Mencegah tekanan darah tinggi
Epigallocatechin Gallate  juga berfungsi  menghambat aktifitas ensim Angiontensin Transferase Penyebab tekanan darah tinggi.
  1. Menyegarkan Tubuh
Kafein  atau Thine  teh hijau mampu menstimulasi sistem syaraf pusat, dan mempunyai efek menyehatkan tubuh .
  1. Menangkal Kolesterol
Pertumbuhan lemak akibat bereaksinya LDL dengan hasil samping metabolisme dapat menghambat oleh senyawa Flavonoid dan pemoloic yang terdapat dalam teh hijau.
  1. Mencegah Influensa dan mengobati diare
Senyawa Cathecin Yang terdapat dalam teh hijau mempunyai sifat anti Mikrobia, senyawa ini juga mennonaktifkan virus penyebab influensa.
  1. Memperlambat Penuaan
Senyawa PolyPhenol dalam teh hijau merupakan senyawa antioksidan yang mampu menetralisir hasil samping metabolisme penyabab, proses penuaan.
  1. Mencegah Karies Pada Gigi
Mineral Flour (F) cukup banyak didalam teh hiaju , selain itu senyawa Polyphenol yang ada akan menghambat aktifitas bakteri mulut. hal ini lah yang menghambat  timbulnya kerusakan pada gigi.
  1. Mengoptimalkan Metabolisme Gula
Mineral Magan ( Mn)  yang terkandung dalam teh hijau merupakan CO- Ensim pada metabolisme gula, hal tersebut akan menjaga kita terhadap kenaikan gula dalam darah.
Di negara indonesia teh yang masih  sangat populer adalah teh Jasmine ( Teh wangi Melati). Daun Teh, mengandung polyphenol dan EGCG (Epigallocathecin Galate). Kombinasi Polifenol dan EGCG dalam Green Tea mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh sekaligus mengembalikan tubuh yang mengalami obesitas ke bentuk yang ideal selain itu dapat menjadi antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga membuat tubuh tetap sehat.

Di dalam daun teh juga terkandung kafein dengan kadar 3-4%, kafein inilah yang memberikan rasa segar pada tubuh kita. Pada teh hijau juga ditemukan adanya katekin (catechin), ramino butyric acid, flavonoid, polisakarida dan fluoride.

Teh juga dapat menumbuhkan rambut / membuat rambut menjadi hitam berkilau,  tak hanya itu Secangkir teh hijau mengandung katekin 375 mg. Aktivitas polifenol dan katekin sebagai antioksidan mencegah radikal bebas yang dapat mengurangi kerusakan sel sehingga proses penuaan menjadi lebih lambat.

HASIL PENELITIAN
  1. Penelitian tahun 1999 yang dipublikasikan melalui American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan efek ekstrak teh hijau pada pembakaran energi dalam tubuh manusia.
  2. Penelitian tahun 2005 yang dipublikasikan melalui Annals of Nutrition and Metabolism, ekstrak teh hijau secara langsung membantu mengurangi obesitas. Tikus percobaan dibiarkan makan berlebihan sehingga tikus percobaan gemuk. Namun saat tikus percobaan gemuk diberi suplemen EGCG, jumlah jaringan lemak pada tikus percobaan menurun drastic sehingga mengurangi obesitas tikus percobaan.
 REFERENSI
  1. Dulloo, A.G. et al. 1999. Efficacy of a Green Tea Extract Rich in Catechin Polyphenols and Caffeine in increasing 24-h Energy Expenditure and Fat Oxidation in Humans. Am J Clin Nutr. 70 (6):1040-50
  2. Wolfram S. et al. 2005, TEAVIGO (Epigallocatechin Gallate) Supplementation Prevents Obesity in Rodents by Reducing Adipose Tissue Mass. Ann Nutr Metab. 49(1):54-63. Epub 2005 Feb 25
  3. Tuminah, S., 2004, Teh Sebagai Salah Satu Sumber Antioksidan, Cermin Dunia Kedokteran, 144.
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Teh



Ujian / Cobaan Adalah Bukti Tanda-tanda Kasih Sayang Allah Swt, Bukan Kemurkaan-Nya



Assalamualaikum wr wb

Dalam hidup ini, seringkali Allah memberikan pelajaran kepada kita berupa ujian/cobaan. Dan memang itu adalah hak prerogative Allah yang kalau kita kaji semuanya itu sebenarnya adalah merupakan percikan dari kasih sayang Allah.
Cobaan dan ujian berupa sakit, berkurangnya harta atau kehilangan sesuatu, penderitaan dan kemalangan atau apapun yang kita terima dalam kehidupan ini, tetap berasal dari samudera kasih sayang Allah swt, bukan karena kemurkaan-Nya.
Dalam hadits diiwayatkan bahwa seorang sahabat mengeluh kepada Nabi Muhammad Saw karena setelah ia masuk Islam dagangannya rugi dan tubuhnya sering sakit-sakitan. Ia berkata, “Ya Rasulallah, tubuhku sakit dan hartaku hilang.”
Lalu Nabi SAW menjawab bahwa ujiannya itu adalah tanda dari kasih sayang Allah, bukan tanda dari kemurkaan-Nya.
Tidak ada baiknya seseorang yang tubuhnya tidak pernah sakit dan hartanya tidak pernah rugi. Karena, apabila Allah mencintai seorang hamba, Allah akan coba ia dengan berbagai ujian dan cobaan, Ujian dan cobaan yang menimpa manusia adalah percikan kasih sayang Allah.
Mungkin kita bisa memahami bahwa ujian-ujian yang Allah berikan kepada kita di dunia adalah salah satu jalan guna mengangkat diri kita menjadi orang yang lebih baik. Dan itu sudah merupakan sunatullâh. Orang yang memiliki kualitas yang tinggi adalah orang-orang yang sudah teruji berkali-kali. Semakin tinggi kualitas seseorang, maka akan semakin berat cobaan dan ujian yang menimpa.
Menghadapi segala ujian/cobaan tersebut Allah hanya meminta kita untuk Sabar dan Shalat sebagai penolong, sebagaimana firmanNya di dalam QS Al Baqarah [2] ayat 153, “Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
So, Kalau kita kuat dan sabar dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, maka kualitas keimanan kita akan meningkat. Sebagaimana anak Sekolah jika ingin naik kelas, maka ia harus melalui suatu Ujian dan itu keniscayaan.
Berdasarkan penjelasan di atas, Ujian/Cobaan itu juga merupakan kebaikan. Janganlah kita pernah resah dengan musibah-musibah yang menimpa diri kita dan janganlah pernah mengeluh dengan kegetiran-kegetiran yang datang bertubi-tubi.
Dalam hadits lain diriwayatkan, Nabi Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah jika mencintai suatu kaum, maka DIA akan mendatangkan cobaan kepada mereka. Dan barangsiapa rela dengan ujian itu, maka dia akan memperoleh kerelaan-NYA. Dan barangsiapa membencinya maka dia akan memperoleh kebencian-NYA” (HR. Tirmizi, 2396 dan Ibnu Majah, 403)
Semoga kita dan anak2 keturunan kita senantiasa dibimbing Allah Swt agar termasuk ke dalam golongan orang-orang saleh dan senantiasa diberikan kesabaran dalam menghadapi segala Ujian yang diberikan Allah, serta bisa meraih kebahagiaan baik di dunia maupun kebahagiaan sejati di Akhirat kelak.. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.
Semangat Pagi Sahabatku, Happy Tuesday yah dan selamat beraktifitas menjemput rezeki, menjalin silaturahmi. Tetaplah saling berlomba dalam kebaikan dan saling berpesan dalam kebenaran dan kesabaran.
Baraka Allah fikum. Aamiin
Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah bagi Baginda Nabi, keluarganya dan sahabatnya.
Allahumma shali ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.
Jakarta, 26 Agustus 2014
Wassalamualaikum wr wb
Imam Puji Hartono (IPH)


http://filsafat.kompasiana.com/2014/08/26/ujiancobaan-adalah-bukti-tanda-tanda-kasih-sayang-allah-swt-bukan-kemurkaan-nya-670580.html

KASIH SAYANG ALLAH “AR-RAHMAN AR-RAHIM”



Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi SAW, beliau bersabda:  
“Siapa yang tidak pengasih tidak akan dikasihi”.

Diantara sifat-sifat Allah SWT yang telah menciptakan kamu lalu menciptakan dengan baik dan telah mendidik kamu lalu mendidik dengan baik adalah dengan “Sifat Kasih Sayang”

Tuhan telah menetapkan sifat itu pada diriNya dan berfirman:  
“RahmatKu melitupi segala sesuatu”, dan dari sifat itu Dia menjadikan untukNya dua buah nama yang mulia iaitu “AR-RAHMAN AR-RAHIM”

Dia memerintahkan hambaNya untuk memohon pertolongan dengan menyebut kedua nama tersebut “BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM”, dan agar mereka memujiNya dan mengakui KetuhananNya dengan mengucapkan kedua sifat itu: “AL-HAMDU LILLAHI RABBIL A'LAMIN, AR-RAHMANIR RAHIM”. 

Maka dengan kasih sayangNya, Ia melihat kepadamu dikala kamu masih berada didalam kandungan ibumu. Dengan kasih sayangNya, Ia melihat kepadamu dikala kamu berjuang di berbagai lapangan pekerjaan dan di masa tuamu. Dengan sifat itu pula Dia akan melihat kepadamu dan disaat Malaikat Maut melihat kepadamu disaat kamu mengadapNya untuk dihisab segala amal perbuatan yang telah kamu lakukan, kemudian memberitahu kepadamu kebaikan dan kejelekan-kejelekanmu. 

FirmanNya; “Barangsiapa yang membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalannya, dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya”. (QS.Al-An'aam:160). 

Tidak ada suatu nikmatpun yang telah diberikan Allah SWT kepada hamba-hambaNya baik umum maupun khusus melainkan nikmat itu merupakan kasih sayangNya. Kesehatan, harta benda, isteri yang baik, anak-anak yang sholeh adalah sebagian daripada Rahmat Allah SWT. 

Sesuatu yang bermanfa'at dan yang mudharat dalam hidup adalah sebagian daripada Rahmat Allah. Kekuasaan, pangkat dan kata-kata yang berpengaruh adalah sebagian daripada Rahmat Allah. 

Oleh karena itu perhatikanlah segala tanda rahmat kasih sayang Allah SWT yang meliputi kamu, yang mengelilingi segala urusanmu, baik dalam kejadianmu dalam badanmu dan sumber rezekimu ataupun dalam pendidikan serta petunjuk untukmu. 

FirmanNya; “(Tuhan) yang maha Pemurah, yang telah mengajarkan Al-Quran, menciptakan manusia, mengajarnya pandai berbicara”. (QS.Ar-Rahman:14).

Allah SWT menyukai apabila hamba-hambaNya mengukut sifat-sifatNya dan menyukai apabila mereka saling berkasih sayang sesamanya sehingga yang besar menyayangi yang kecil, yang kecil menghormati yang besar, yang kaya menolong yang miskin, yang kuat membantu yang lemah, yang pandai memberi petunjuk kepada yang bodoh dan yang bijaksana menunjuk ajar yang tidak tahu. Anak-anak melihat kasih sayang orang tuanya, murid-murid melihat kasih sayang gurunya dan orang sakit melihat kasih sayang doktornya. 

Mereka itulah orang-orang yang disayangi Allah SWT dan akan diberi kebahagiaan berjumpa denganNya serta diselamatkan dari cobaan di waktu hidup dan di waktu mati. Sebagaimana Allah SWT mewajibkan kepada manusia supaya berkasih sayang kepada saudaranya manusia, Allah SWT juga mewajibkan manusia untuk menyayangi binatang karena binatang memerlukan kasih sayang sebagaimana manusia memerlukan kasih sayang. Rasulullah SAW bersabda; “Takutlah kepada Allah SWT mengenai binatang-binatang ini. Maka kenderailah dia dengan baik dan makanlah dengan baik”.