Minggu, 29 Oktober 2017

Menggapai Cinta Allah

















Bahasa sehari-hari mengenal istilah Allah yang di atas, atau Allah yang di langit. Langit sering didefinisikan sebagai batas pandangan mata. Dalam al Quran langit disebut dengan nama sama' atau samawat. Dalam bahasa Arab, sama' mengandung dua artinya, pertama, ma `ala ka, apa yang di atasmu. Dari pengertian ini maka plafon di rumah kita di sebut langit-langit. Ke dua, langit adalah ungkapan tentang sesuatu yang tidak terjangkau oleh akal kita. Jika disebut surga berada di langit artinya akal kita tidak akan mampu melacak keberadaannya. Surga dapat dilacak dengan keyakinan atau iman, bukan dengan rasio. Bahasa sehari-hari juga suka menggunakan istilah langit meski kurang tepat, misalnya menyebut kecantikan luar biasa dari seorang gadis dengan menyebut cantiknya selangit, kekayaan yang sangat banyak disebut kayanya selangit , dan ungkapan semisal lainnya.

Orang beriman meyakini bahwa di balik alam raya ini ada alam langit atau `alam malakut satu tempat yang sangat tinggi dimana blue print alam raya dengan segala kehidupannya itu berada dan dikendalikan, dan Allah bersemayam di `arasy Nya mengendalikan kekuasaanya melalui sistem sunnatulllah, dan Dia mengontrolnya secara detail hingga jatuhnya selembar daunpun berada dalam kontrol Nya.

Di mana letak alam malakut dan dimana `arasy Allah, akal kita tidak mungkin menjangkaunya, karena Allah Maha Tinggi sedangkan kita sebagai hamba memiliki keterbatasan yang sangat banyak. Meski demikian, dengan sifat Rahman dan Rahim Nya Allah memberi infrastruktur kepada kita untuk dapat mendekat kepada Nya. Allah menempatkan sifat ilahiah pada setiap diri kita, apa yang dalam Islam disebut nasut. Allah juga menempatkan cahaya (nur) Nya pada setiap hati (qalb) kita, disebut nuraniyyun (hati nurani) yang memiki kapasitas pandangan batin sebagai lawan dari pandangan mata kepala, oleh Al Quran disebut bashirah (Q/75:14-15).

Jika sifat Allah al Bashir mengandung arti Allah mampu melihat sesuatu secara total tanpa alat bantu, maka bashirah nya kita atau hati nurani kita juga dapat menembus dinding-dinding pembatas, secara internal melihat diri sendiri, introspeksi secara jujur dan hati nurani tidak bisa diajak berdusta, sedangkan secara ekternal, nurani dapat menerobos ke alam malakut bercengkerama dengan ruhaniyyun (malaikat atau arwah manusia) dan bahkan bisa bercengkerama dengan Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang. D

Dengan sifat Nasut itulah kita pada suatu ketika rindu kepada Allah. Sifat Nasut itu bagaikan api yang selalu menyala ke atas. Orang yang sedang rindu kepada Allah, maka pandangannya selalu ke atas mencari Dia Yang Maha Tinggi di 'alam atas'. Kerinduan kepada ALlah itu memuncak ketika seseorang berhasil bekerja keras mensucikan jiwanya (tazkiyyat an nafs) hingga jiwanya mencapai tingkat nafs al muthma'innah, yakni jiwa yang tenang, atau ketika Allah berkenan mendekati hamba-hamba-Nya yang dikehendaki Nya sehingga orang itu dalam waktu cepat tersucikan jiwanya (Q/ 4:49)

Di sisi lain, Allah senantiasa merindukan kehadiran kita ke haribaan rahmat Nya. Allah sangat antausias menyongsong hambanya. Jika kita mendekati Allah dengan jalan kaki, maka Allah akan menyongsongnya dengan berlari. Itulah yang menyebabkan ada orang yang sudah sejak kecil menjadi muslim tetapi tak kunjung berkualitas, sementara ada orang yang belum lama menjadi muaallaf tetapi sudah mencapai pencerahan Ilahiah, karena ia disongsong oleh Sang Khaliq. Di satu pihak, kita memang memiliki bakat kerinduan kepada Allah dan untuk itu ia berusaha naik ke atas(taraqqi), di pihak lain, Allah yang merindukan kehadiran kita, berlari turun dari atas(tanazul) menyongsong setiap hambaNya yang berusaha keras mendekat (taqarrub). Ada tiga jalan yang kita bisa tempuh untuk menggapai cinta Allah.


Pertama: Thariqat as Syar`iy, jalan syari'at. Siapa saja yang berusaha keras konsisten mengikuti syari'at Islam, sholatnya, puasanya, berdagangnya, berpolitiknya, dan seluruh aspek hidupnya, maka dijamin ujungnya adalah dar al muqarrabin, wisma khusus untuk orang-orang dekat. Siapa saja yang secara konsisten mengikuti petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam hidupnya, yakni mengikuti aturan Allah tentang halal-haram, mengerjakan perintahNya dan menjauhi larangan Nya, maka ia berpeluang untuk mendapatkan Cinta Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Kedua: Thariqat ahl az zikr, jalannya ahli zikir. Barang siapa yang dalam hidupnya selalu berzikir maka ia akan sampai ke tingkat dekat dengan Allah. Zikir artinya menyebut atau mengingat. Orang awam berzikir dengan mulutnya dalam bentuk menyebut asma Allah atau kalimah thayyibah, meski hatinya belum tentu ingat Allah. Lihatlah orang yang ikut zikir bersama Arifin Ilham, ia bisa menangis haru interospeksi. Jika zikir itu dipelihara, dikerjakan secara sistemik, maka lama-kelamaan hatinya menjadi dekat dengan Allah yang selalu disebutnya. Sementara orang khawas berzikir dengan hatinya. Keadaan apapun yang dihadapinya dalam hidup, hatinya tetap mengingat Allah. Ada beberapa tingkatan zikir, yaitu zikir jahr, zikir keras-keras, kemudian meningkat ke zikir khofiy, zikir yang tidak mengeluarkan suara tetapi penuh d dalam hati, kemudian tafakkur, berkelana secar ruhaniyyah merenungkan kebesaran Allah, dan yang tertinggi adalah tadabbur, yakni melihat benda atau alampun langsung terbayang Sang Pencipta (tadabbur `alam).


Ketiga: Thariqat mujahidat as Syaqa, memilih jalan yang sulit. Bagi penganut jalan ini, hidup secara biasa itu berarti tidak tahu diri dan kurang bersyukur nikmat Allah. Ia paksakan dirinya mengerjakan yang sunnah karena yang wajib sudah lewatinya dengan riang gembira, ia haramkan untuk dirinya apa yang subhat. Ia lebih suka tidur di kasur yang sederhana, meski memiliki kamar yang mewah, ia memakan makanan yang tidak enak meski tersedia makanan lezat, ia pergi ke masjid dengan jalan kaki meski punya mobil, semua yang sulit menjadi pilihannya untuk menggapai cinta Allah. Baginya menempuh kesulitan dalam perjalanan mendekat kepada Allah itu satu kenikmatan, dan baginya pula, menggunakan fasilitas kemudahan dalam perjalanan rasanya malu dihadapan Allah. Jalan yang tidak mudah, tidak semua orang sanggup memilih jalan sulit untuk menggapai cinta Allah.


http://agussyafii.blogspot.com/, http://www.twitter.com/agussyafii

Doa ketika Bangun Pagi


Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahi robbil ‘alamiin. Washsholatu wassalam ‘ala sayyidina muhammad, wa ‘ala aalihii washshohbihi ajma’in.

Ya Allah, segala puji syukur kami Ucapkan kepada-Mu, karena engkau telah membangunkan kami dikala mati sesaat (tidur). Jika engkau berkehendak mungkin engkau tidak membangunkan kami di pagi hari yang cerah ini.

Ya Allah, jadikanlah semua kegiatan kami hari ini adalah ibadah agar di hari akhir, kami tidak termasuk orang yang merugi.

Ya Allah, kami malu selalu meminta kepada-Mu tapi kami tak tahu kemana meminta selain kepada Sang Pemberi, maka jadikanlah kami hamba-Mu yang selalau bersyukur.
Aamiin...

Doa memulai beraktifitas.

Related image

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahi robbil ‘alamiin. Washsholatu wassalam ‘ala sayyidina muhammad, wa ‘ala aalihii washshohbihi ajma’in.

Ya Allah, Tuhan kami, 
Pagi ini kami memulai bekerja dalam naungan institusi kami, kuatkan niat kami bekerja hanya mengharap Ridho-Mu, sehingga bernilai ibadah di sisi-Mu.
Ya Allah Tuhan yang memiliki hati-hati kami,
Jadikan keikhlasan sebagai selimut hati kami, sehingga setiap kerja yang kami lakukan, Engkau terima sebagai ibadah.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuat,
Kuatkan tekad, kesabaran dan pengetahuan kami dalam mengerjakan berbagai pekerjaan hari ini, sehingga kami dapat selesaikan seberat apapun pekerjaan ini.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Menjaga,
Jagalah kekompakan kami dan sinergikan kami dalam bekerja.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyabar,
Berilah kami kesabaran dalam melakukan setiap pekerjaan kami. Berilah kesabaran juga kepada Wajib Pajak dalam berurusan dengan kami.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Kuasa,
Berilah kami kapasitas internal yang lebih besar, sehingga dapat memenuhi target penerimaan pajak tahun ini.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Adil,
Jadikan pimpinan kami pemimpin yang adil, tidak dzalim. Jadikan pimpinan kami pemimpin yang dipercaya dan memikirkan kami yang dipimpinnya.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Kaya,
Perkaya diri kami dengan ilmu dan pengetahuan. Hiasilah hati kami dengan kasih dan sayang. Perindah perilaku kami dengan akhlakul karimah. Perilaku yang senantiasa senyum ketika harus memberikan pelayanan kepada Saudara-saudara kami. Perilaku yang senantiasa ikhlas penuh istikomah ketika kami harus menjalani tugas kami sehari-hari.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Lembut dan Halus,
Lembutkanlah hati kami, tenangkanlah kami dalam bekerja, indahkanlah lisan kami dalam melayani.
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan sebaik-baik umur kami pada akhirnya, sebaik-baik amal pada penutupannya, sebaik-baik hari-hari kami adalah saat bertemu dengan-Mu.
Tuhan, jadikanlah kami jiwa-jiwa yang Kau cintai.
Ya Allah Tuhan Yang Maha Mengabulkan, terimalah dan kabulkan doa kami.
Robbana atina fiddun ya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa adzabannar.
Subhana robbika robbil izzati ‘amma yasifuun, wassalamun ‘alal mursalin, walhamdulillahi robbil ‘alamiin.

Selamat Pagi. Selamat memulai beraktifitas.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..