Rabu, 20 Juni 2012

Butuh Kemauan Yang Kuat




Kalau kita sudah pensiun, kita HARUS tetap AKTIF melakukan kegiatan, entah berupa kegiatan sosial, ataupun kegiatan yang dapat menambah nilai ekonomi. Kegiatan ini memungkinkan kita ketemu dgn banyak orang, sehingga ada interaksi, dan punya bahan yang didiskusikan…. Kita harus tetap aktif menggunakan otak kita, agar memperlambat penyakit pikun. 

Kegiatan yang kita lakukan, sangat tergantung pada sifat dan kompetensi kita. Yang harus diingat adalah UMUR TIDAK MUDA lagi, sehingga jangan memilih pekerjaan yang ber risiko tinggi….. Jadi, kalaupun memilih ber-wirausaha, sebaiknya memilih yang sederhana, dimulai dari kecil, sehingga akan mengenal RISIKO dan SUKA DUKA nya sejak awal. JANGAN langsung memulai usaha dgn modal besar, karena kalau rugi, bukan kesenangan yang diperoleh, malah akan terbaring di rumah sakit karena stroke….

Perjalanan kehidupan kita ibarat NAIK sebuah tangga. Kita harus mulai dari tahap paling bawah, berjuang untuk bisa menaikinya satu per satu, dan setiap tangga kita harus kokoh menyesuaikan diri, agar tak jatuh ke tangga di bawah nya…….Tak ada hubungan yang instant….. Instant mengandung risiko, karenanya hubungan yang instant patut dicurigai. Kebahagiaan merupakan rangkaian proses yang panjang untuk mendapatkannya. Sedangkan kejernihan merupakan sahabat kehidupan, untuk meraihnya, 
memerlukan kerja keras yang panjang.

Saya merenungkan perjalanan hidup saya, yang rasanya setiap tahapan melalui perjuangan, dan tak ada hasil yang jatuh demikian saja. Dan saya percaya, semua hasil melalui sebuah proses, kerja keras, yang kadang jalannya terjal dan berliku-liku. Juga saya percaya, bahwa kebahagiaan itu harus dibuat, harus diperjuangkan, jadi tak mungkin kita memimpikan kebahagiaan tanpa melakukan suatu apapun.

Hanya kemauan kuat yang membuat diri kita bisa bertahan.

Yang membedakan antara orang yang sukses dan orang yang gagal biasanya adalah tingkat kemauan. Orang sukses selalu berkemauan kuat dan rela berkorban, sedangkan orang gagal memiliki kemauan yang lembek dan mudah kalah dengan situasi yang ada.

Mengapa di sekeliling kita ada orang yang sukses dan gagal?

Jawaban yang paling utama adalah karena mereka berbeda sikap mental ketika menjalankannya. Orang yang sukses biasanya memiliki kemauan yang kuat untuk meraih kesuksesan. Sedangkan orang yang gagal biasanya melakukan tugas dengan asal-asalai, tanpa dibarengi kemauan yang kuat, kurang persiapan dan mudah menyerah.

Kemudian, kenapa orang yang memiliki kemauan yang kuat bisa sukses? 

Alasannya adalah:

Pertama, ia dapat memaksimalkan pikiran dan kosentrasinya, sehingga dalam melakukannya betul-betul totalitas dan fokus. Bila ia sudah memiliki tingkat konsentrasi penuh maka semua potensi yang dimilikinya akan keluar secara optimal.

Kedua, selalu berusaha energik dan antusias, sehingga setiap detiknya dipergunakan untuk meraih kesuksesan yang diidam-idamkan, la mempunyai prinsip " sedetik saja berlalu taripa makna maka sejuta kesempatan meraih sukses akan hilang".

Ketiga, seiring dengan tekad yang dahsyat, ia akan terus berusaha menggali ilmu dan pengalaman yang akan mempercepat meraih kesuksesan. Dengan ilmu semua akan menjadi semakin mudah.

Dan keempat, bila kemauan yang kuat sudah mendarah daging maka lahirlah motivasi tinggi untuk terus berusaha semaksimal mungkin. Walaupun semangat sedang menurun, ia akan mudah bangkit kembali




Tidak ada komentar:

Posting Komentar