Rabu, 06 Juni 2012

Kristal kehidupan - intisari buku "Kisah-kisah sebuah angkatan"




 Guest Lecture Pak Hengky (Tri Haryo Soesilo)


Pada awal bulan Mei 2012, Dr Irwan Noezar dari Program Studi Teknik Kimia meminta saya untuk memberikan sharing pada kuliah Keprofesian dan Kewirausahaan TK-5017. Sebuah mata pelajaran yang diberikan pada semester terakhir. Kuliah ini diadakan setiap tahun dengan mengundang banyak pembicara dari industri, praktisi dan akademisi alumni Teknik Kimia. Tahun ini pengisinya cukup banyak seperti Dirut Aneka Tambang – Alwinsyah Lubis (TK-74), Dirut Medco Energy – Frilla Yaman (TK-75), Pimpinan 3M Indonesia – Soemantri Widagdo dan banyak lagi

Untuk tahun ini, saya mohon izin ke Mas Irwan untuk tidak bercerita tentang pengalaman saya, tetapi justru bercerita tentang pengalaman-pengalaman dari Sebuah Angkatan, yaitu Angkatan 1977. Syukur alhamdulilah usulan ini disetujui oleh Mas Irwan. Sehingga pada 4 Mei 2012 lalu, saya memberikan sharing kepada mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2008 yang sebentar lagi akan mengikuti ujian comprehensive. Inilah ujian terakhir bagi mahasiswa Teknik Kimia ITB, agar bisa berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Kimia.

Ternyata kuliah yang saya bawakan tersebut direkam oleh pihak ITB dan di upload ke Youtube. Sebagai informasi, saat ini ITB telah memulai tradisi baru dengan merekam kuliah-kuliah tamu dan meng-upload video tersebut, tanpa terputus, ke Youtube. Sebuah tradisi bagus yang sampai tulisan ini ditulis, sudah mencapai 236 video dari banyak narasumber.

Bagi yang berminat untuk menikmati kuliah sharing diatas, silahkan untuk melihatnya pada link berikut. Pada paparan tersebut saya menceritakan kristal-kristal kehidupan yang saya petik dari buku ”Kisah-kisah sebuah angkatan”. Dalam paparan, saya menceritakan tentang 8 (delapan) kehidupan rekan-rekan seangkatan kita yaitu Andreas Japar, Baby Ahnan, Djaelani Sutomo, Indira Pasti, Bambang Sedewo, Biempi Harbimaharani, Nanang Kuswara, Sjofy Yetty Ifneldy. Mohon maaf kalau ada yang salah-salah dalam penuturan. Saya juga menuturkan 3(tiga) kristal kehidupan dari buku angkatan kita, dan yang terakhir adalah sharing tentang 1(satu) pegangan hidup. Mudah-mudahan ada manfaatnya, khususnya bagi anak-anak dan adik-adik kita.

Oleh  Triharyo Soesilo [triharyo@centrin.net.id]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar