Selasa, 01 Maret 2016

Inilah 9 Waktu Membaca Surat Al-Ikhlas Yang Sangat di Anjurkan Rasulullah


Surat Al-Ikhlas yang merupakan surat ke-112 di Al-Qur’an ternyata memiliki banyak faedah atau hal baik yang bisa didapatkan, tapi ternyata ada 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas. 

Waktu-waktu ini ada sepanjang hari, dan merupakan waktu yang amat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena pada waktu ini, pembacaan surat Al-Ikhlas memiliki banyak manfaat yang berbeda-beda.

Membaca surat Al-ikhlas, layaknya membaca surat-surat lain ternyata ada banyak rahasianya, dan rahasianya ini biasanya merupakan hal baik yang akan terlimpah kepada pembacanya. 

Nama surat ini Al-Ikhlas karena surat ini mampu membuat orang yang memiliki kesulitan dunia diselamatkan. Ternyata, bukan hanya siksa dunia yang dihilangkan dari hidup pembacanya, tapi juga kesulitan di akhirat, ketika pembacanya sedang mengalami sakarotul maut, kesulitan saat malam tiba, hingga kesulitan di hari kiamat nantinya.

Memang, pembacaan surat Al-Ikhlas tidak ada bedanya dengan pembacaan surat lain, dan tidak perlu ada sebuah syarat untuk membacanya yang aneh-aneh. Bahkan justru amat sangat tidak disarankan jika kita melakukan ritual demi membaca surat Al-Ikhlas dan mengharapkan mendapat faedah yang dimiliki oleh surat ini.


Inilah 9 Waktu Dianjurkan Membaca Surat Al-Ikhlas Oleh Nabi Muhammad SAW

Meski memang tidak perlu ketentuan khusus untuk membaca surat tersebut, ternyata ada 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas, dimana tiap waktu ini memiliki fungsi-fungsi berbeda dalam faedahnya. Waktu-waktu tersebut adalah:

1. Sebelum Tidur

Yang menjadi penegas hal ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Pada hadits tersebut, diceritakan bahwa nabi Muhammad SAW selalu membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surat An-Nas. Hal ini beliau lakukan sebanyak tiga kali.

2. Saat Shalat Witir Tiga Raka’at

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, dan An Nasai, ternyata Nabi Muhammad SAW membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas di rakaat terakhir ketika beliau melaksanakan shalat witir.



3. Ketika Shalat Maghrib di Malam Jum’at

Waktu membaca Al-Ikhlas yang dianjurkan selanjutnya ada pada malam Jum’at. Menurut hadits shahih riwayat Al Albani, nabi biasa membaca surat Al-Ikhlas ketika beliau melakukan shalat maghrib di kamis malam.

4. Shalat Dua Raka’at Saat Setelah Thowaf di Belakang Makan Nabi Ibrahim

Hal ini disebutkan oleh Syaikh Al Albani dalam buku Hajjatun Nabi, dimana dijelaskan bahwa ketika beliau ada di makam nabi Ibrahim, beliau akan membaca surat Al-Ikhlas saat shalat.

5. Ketika Sedang Melakukan Shalat Sunnah Ba’diyah Maghrib

Hadits riwayat tirmidzi menuliskan bahwa sudah tak terhitung lagi waktu Nabi Muhammad membaca Al-Ikhlas ketika sedang shalat sunnah ba’diyah Maghrib.

6. Seusai Shalat (Setelah Melakukan Salam)

Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas dianjurkan oleh nabi Muhammad untuk dibaca seusai shalat. Hal ini ada pada hadits riwayat An Nasai dan Abu Daud.

7. Saat Melakukan Qobliyah Subuh

Hadits shahih yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah mengatakan bahwa Nabi Muhammad bersabda, sesungguhnya surat terbaik untuk dibaca saat qobliyah subuh adalah Al-Ikhlas.

8. Saat Mau Melakukan Ruqyah

Aisyah berkata lewat hadits yang diriwayatkan Bukhari bahwa sebelum mengobati seseorang, Nabi Muhammad akan membacakan Al-Ikhlas, An-Nas, dan Al-Falaq.

9. Ketika Pagi dan Sore Hari

Hadits hasan yang diriwayatkan oleh An Nasai dan Abu Daud menceritakan tentang bagaimana Nabi menyarankan ummatnya membaca Al-Ikhlas untuk menjaga mereka dari hal buruk.

Memang sebenarnya membaca surat Al-Ikhlas tidak hanya boleh dilakukan pada waktu-waktu itu saja, melainkan boleh kapan saja dan dimana saja. Hal-hal di atas hanyalah 9 waktu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas.

Sumber: Kumpulanmisteri.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar