Jumat, 10 Maret 2017

Sholat Subuh...

Foto Hilman Tea.

”Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan Nya kepada kalian dengan sebab apapun”.(HR Muslim).

Sholat Subuh merupakan sholat yang mendapat perhatian paling istimewa. Karena sholat ini banyak pahalanya dan juga disaksikan oleh malaikat.
“Dirikanlah sholat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikan pula sholat Subuh, sesungguhnya sholat Subuh disaksikan oleh malaikat” (QS 17:78). “Mudah-mudahan Allah mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS 17:79).

Sholat ini relative berat dilaksanakan karena dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit, namun memang banyak sekali imbalannya.

WAKTU subuh.

“Sesungguhnya sholat diwajibkan atas orang-orang beriman dengan penetapan yang sudah ditetapkan waktunya” (QS 4:03).
“Dan waktu shalat subuh adalah dari fajar sampai sebelum matahari terbit. Pada saat matahari (sedang) terbit, maka janganlah kamu shalat”.(HR. Muslim). “ Tidak boleh sholat setelah sholat subuh hingga matahari terbit (setinggi busur panah) dan tidak boleh sholat setelah sholat Ashar hingga matahi terbenam” (HR Ad Darimi).
“Bersabarlahkamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah (sholat) dengan memuji Tuhanmu , sebelum terbit matahari (Subuh) dan sebelum terbenamnya matahari” (Ashar). ( QS 20:130).

BALASAN sholat subuh.

Mendapat pahala yang besar : “Pergilah kalian untuk melaksanakan sholat subuh, karena di dalam shalat tersebut terdapat pahala yang besar” ( HR. Da Darimi). “Sholat terberat adalah sholat Isya dan Subuh, padahal seandainya mereka mengetahui pahala kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak”. (HR Ahmad)
Berada dalam jaminan Allah : ”Barangsiapa yang melaksanakan sholat Subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan Nya kepada kalian dengan sebab apapun”..(HR Muslim).
Di doakan oleh Rasulullah saw : “Yaa ALLAH berkahilah umatku selama mereka senang shalat bangun subuh”. (HR. Tarmizi).
Diangkat derajatnya : “Dirikanlah sholat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikan pula sholat Subuh, sesungguhnya sholat Subuh disaksikan oleh malaikat” (QS 17:78). “Mudah-mudahan Allah mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS 17:79).
Sholat ini disaksikan oleh malaikat, sehingga banyak orang memanfatkan sholat Subuh untuk banyak berdoa, karena malaikat akan ikut meng-amini dan doa akan cepat terkabul.
Masuk surga : “Siapa saja yang sholat Subuh dan Ashar, ia masuk surga” (HR Muslim). “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit /subuh dan sebelum tenggelamnya/Ashar” (HR Muslim).
Sholat Subuh berjamaah sama dengan sholat sepanjang malam.
Sholat SubuhSholat berjamaah sangat di anjurkan, karena selain sebagai ajang silaturahim dengan tetangga, juga mempunyai nilai pahala 27 kali lebih tinggi, dibanding sholat sendirian.
Sholat Subuh berjamaah, mempunyai nilai yang amat tinggi : “Barang siapa melaksanakan sholat Isya secara berjamaah, maka ia seperti sholat malam separoh malam, Dan barang siapa melaksanakan sholat Subuh berjamaah, maka ia seperti sholat malam, satu malam penuh” (HR Muslim).

SUBUH kesiangan.

Jika tanpa disengaja kita kesiangan untuk sholat Subuh, maka lihat dulu kondisinya. Jika matahari belum terbit, maka segera saja sholat. “Barang siapa yang mendapatkan satu rokaat sholat Subuh sebelum matahari terbit, maka ia telah mendapatkan Subuh “
(HR. Bukhori).


Jika Matahari sedang terbit, maka tunggu dulu sebentar, sampai agak tinggi. “Tidak boleh sholat setelah sholat subuh hingga matahari terbit (setinggi busur panah) dan tidak boleh sholat setelah sholat Ashar hingga matahi terbenam” (HR Ad Darimi).

Setelah itu boleh sholat sunah sebelum subuh dan sholat Subuh.

“Kami mengadakan perjalanan malam bersama Rasul, kami sitirahat karena kelelahan, kami baru terbangun begitu sengatan matahari membangunkan kami, sehingga salah seorang dari kami terkaget dan langsung bersuci. Setelah semua bangun, nabi memerintahkan mereka tetap tenang, kemudian melanjutkan perjalanan hingga matahari meninggi. Kemudian beliau berwudu dan memerintahkan bilal untuk azan, maka ia pun azan. Setelah itu beliau melaksanakan sholat 2 rakaat sebelum subuh. Kemudian bilal mengumandangkan iqomah, lalu kamipun sholat subuh”
(HR. Ahmad).

DZIKIR setelah subuh.

“siapa yang tetap dududk ditempat sholatnya setelah sholat subuh, hingga dia sholat dhuha dua rakaat, dan tidak mengatakan sesuai kecuali yang baik (dzikir) maka diampuni dosa-dosanya, walaupun sebanyak buih di lautan” (HT. Al Baihaqi)
“Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Tuhannya di waktu pagi (subuh) dan petang (magrib) dengan mengharap keridhaan-Nya ; Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini ; Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami, serta menuruti hawa nafsunya. dan adalah hal itu melewati batas”. (QS, 18:28)

SUBUH di Masjid.

sb.Sangat baik jika kita berjalan untuk sholat subuh di masjid, karena badan kita akan bergerak dan paru-paru kita lebih efektif mengeluarkan racun, sehingga akan menjadi lebih bersih, dari sisi agama juga ada benefit khusus untuk ini : “Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan malam menuju masjid, bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat” (Abu Dawud).

Semoga kita mampu melaksanakan, serta mengajak keluarga dan teman kita untuk sholat subuh bersama.

“Barang siapa mengajak orang kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang-orang yang mengikuti-nya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, barang siapa yang mengajak orang kepada keburukan, maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun“
 (HR. Muslim).
Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar