Sabtu, 25 Juli 2009

Hafal Alquran di Usia Senja



Usia yang sudah sepuh tak menyurutkan tekad Muhammad Abdullah Musa untuk menghafal Alquran. Memasuki usia 70 tahun, warga Arab Saudi ini berhasil menyelesaikan hafalan Alquran-nya dan lulus dengan penghargaan dari Lembaga Tahfizul Quran, Jeddah, dengan nilai 91.

"Ketika saya masih muda, saya sudah menghafal dua juz Alquran, tetapi kemudian lupa karena problema hidup," ujar Musa seperti dikutip harian Arab News, edisi akhir pekan lalu. Kecintaannya kepada Alquran mendorong Musa menyelesaikan hafalan Alquran secara utuh dan penuh. Di usianya yang tak lagi muda, ia berhasil mengatasi kendala ingatan. Ia pun bergabung dengan program-program khusus yang diadakan di masjid pada malam hari untuk laki-laki berusia senja.

"Hal ini memberi orang tua seperti saya dan pekerja di siang hari sebuah kesempatan untuk mempelajari kitab Allah," paparnya. Musa menghafal secara rutin serta mendapat bimbingan dari ulama di Masjid Raja Abdul Aziz. Di masjid itu, dia berhasil menyelesaikan hafalan sebanyak 10 juz.

Pada awalnya, kata Musa, ia mengalami kesulitan besar dalam pelafalan dan tajwid, tetapi kendala itu dapat teratasi. Ia lalu bergabung dengan Lembaga Tahfidzul Quran di Masjid Salah Karamah, Jeddah, dan berhasil menyelesaikan hapalan 30 juz. taq/mtf

Rabu, 22 Juli 2009 pukul 01:25:00
Republika Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar