Selasa, 19 Maret 2013

MIND SET


Jika kita lihat lebih jauh tentang kehidupan manusia, penuh dengan tantangan, keberhasilan, kegagalan, perasaan tidak mengenakan atau perasaan yang menyenangkan. Well itu semua adalah perjalanan hidup kita dan harus kita lalui entah kita dalam kondisi di atas, apapun yang terjadi tidak ada yang bisa mengubah apapun kecuali kita sendiri.Dan semakin kita lari dari sebuah masalah, justru masalah itu yang akan mengejarnya. Setiap permasalahan adalah sebuah proses untuk kita jadi jika permasalahan yang sama terjadi lagi, kita lebih siap menghadapinya.

Mindset
merupakan pikiran atau cara kita dalam kehidupan yang seolah olah sudah melembaga dan akan selalu kita terapkan atau aplikasikan dalam kehidupan kita. Ini sudah tertanam semenjak kita lahir dan proses pendewasaan kita tidak peduli anda siapa atau siapapun anda, sebagai misal anda terlahir dari seorang petani maka jauh tidaknya anda akan lebih besar pikirannya sama terhadap apa yang dilakukan oleh kedua orang tua kita, muncul dari keluarga pegdagang sama juga. Jadi semua itu sudah terbawa dari sejak kita lahir, ada yang beda tapi hanya sebagian kecil dari prosentase tersebut.
Bahwa seolah olah pikiran kita sudah terkunci di situ, dan apakah semua itu dapat dirubah, ternyata semua bisa dirubah asalkan kita standby dalam proses pembelajaran.Yang tidak bisa dirubah adalah karakter seseorang.

Karakter
Karakter adalah sifat yang melekat dan melembaga pada sesorang dan hal ini sangat susah di rubah. Disini bisa ada sifat pemarah, pendendam, atau sifat introver yaitu selah olah dia menutup diri. Perbedaan antara karakter dan keadaan seseorang jauh berbeda misalnya yang namanya karakter itu entah dia sedang kondisi kehidupan baik atau buruk sama saja. Karakter seseorang bisa di rubah tetapi sifatnya hanya sementara dan setelah tidak ada seseorang yang mampu mengubahnya, ia akan kembali seperti sedia kala.

Cara mengubah mindset
Mindset setiap orang berbeda-berbeda dan kompleks. Disini saya akan membahas salah satu mindset yang biasanya dialami oleh hampir setiap orang yaitu tentang hal-hal yang dianggap tidak mungkin oleh kita. Contoh kita mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah mobil, akan tetapi melihat dari kondisi (uang) kita yang tidak mendukung maka biasanya kita langsung berfikiran itu hal yang mustahil. Nah dalam kondisi seperti ini hampir semua orang mengalaminya dan rata-rata berfikiran yang sama yaitu mustahil. Mustahil ini adalah pola pikir yang harus kita ubah. Dalam kasus diatas, memang kondisinya tidak memungkinkan untuk memiliki sebuah mobil tetapi setidaknya pola pikir kita jangan menganggap itu hal yang mustahil. Karena kalau kita menganggap itu hal yang mustahil maka otak kita akan stop bekerja untuk memikirkan bagaimana memiliki mobil itu, beda dengan kalau kita berfikir kita mampu memiliki mobil itu maka otak akan terus bekerja bagaiamana caranya kita memiliki mobil tersebut. Nah dari sini muncul ide-ide atau cara-cara (tentunya dengan hal-hal yg positif) untuk mendapatkan mobil tersebut yang tentunya disertai dengan tindakan, ya salah satunya dengan bekerja. Dengan bekerja kita menghasilkan uang dengan uang kita bisa membeli mobil tersebut. Bandingkan dengan kita berfifkir bahwa memiliki mobil adalah hal yang mustahil disini pikiran kita sudah stop dan tindakan pun tidak ada yang tentunya mobil pun tidak ada.

Saya hanya sekedar mengingatkan berfikiran lah positif  karena itu akan mempengaruhi tindakan kita yang tentunya akan menentukan nasib kita juga.




Sumber: teknik mengubah mindset


Bagaimana dengan pola pikir Anda saat ini? Pola pikir menjadi salah satu tuntutan untuk menuju kesuksesan.

Banyak orang yang sukses disebabkan karena mindset atau pola pikirnya sudah diset untuk mencapai kesuksesan. Tetapi mengapa masih banyak orang yang gagal dalam berbisnis? Hal itu disebabkan karena mindsetnya masih tidak diset untuk sukses.

Untuk mengubah pola pikir atau mindset,pertama Anda harus tahu bahwa mindset anda perlu dirubah. Banyak orang tidak tahu mengapa mereka perlu merubah mindset mereka. Ada juga orang yang memungkiri, dalam artian mereka tahu, tetapi terlalu takut untuk membuat perubahan. Dan yang terakhir adalah mereka yang tahu dan mampu malakukannya. Yang manakah yang mencakup diri Anda?

Berikut ini beberapa teknik mengubah mindset Anda sehingga mencapai Goal yang Anda inginkan:
  1. Ubahlah kebiasaan Anda yang lama
    Cobalah cari definisi pola pikir: Kebiasaan atau sikap mental karakteristik yang menentukan bagaimana Anda mengartikan dan merespons terhadap situasi. Ini artinya, mindset yang tepat berpotensi mengubah setiap keputusan yang kita buat untuk menjadi lebih baik. Di sisi lain, mindset yang salah dapat mengubahnya menjadi lebih buruk. Jadi tampaknya mindset cukup penting jika punya kekuatan seperti itu dalam kehidupan kita.
  1. Fokuslah kepada hal yang positif dan hilangkanlah pikiran negatifIni mudah untuk mengatakannya tetapi sulit untuk dilaksanakan, tetapi bisa kita lakukan. Cara alternatifnya adalah memfokuskan kepada hal yang negative. Namun, anda hanya bisa fokus terhadap satu hal saja, maka terdapat pilihan. Pilihlah cara positifnya setiap saat dan lihatlah seberapa perubahan yang terjadi. Tinggalkanlah hal-hal negatif dalam hidup anda. Jika anda mampu melakukan hal-hal negatif, maka anda juga bisa meninggalkannya. Di suatu tempat dimasa lalu,pikiran negatif telah terprogram kedalam pikiran anda. Satu-satunya cara adalah harus melakukan perubahan positif dalam mindset untuk dapat menghilangkan pikiran negatif.
  1. Berhentilah bergaul dengan penentang dan biarkanlah mereka pergi sekarang jugaJika tidak, maka mereka akan senang membantu anda berkubang dalam mengasihani diri sendiri dan berkubang hal negatif. Mereka tidak menginginkan perubahan dalam pola pikir dan mereka tidak menginginkan anda juga berubah.
  1. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda ucapkanKata-kata yang keluar dari mulut anda masuk ke telinga anda sendiri. Jika anda kritis terhadap diri sendiri dan atau orang lain, maka hal ini akan membuat efek negatif. Ini dapat menjatuhkan diri anda sendiri dan orang lain disekitar anda. Ucapkanlah kata-kata yang dapat memberikan semangat dan mendorong diri anda sendiri untuk memiliki tingkat kinerja dan produktifitas yang lebih tinggi. Sebagai hasilnya, anda akan mendapatkan keberhasilanHadapilah ketakutan yang menghadang dan jangan melihat kebelakang. Justru ketika anda melihat suatu hal yang sudah bagus dimasa lalu, itulah yang anda kuasai. Jika anda ingin mengubah mindset untuk perbaikan, maka anda tidak boleh berbalik. Jika anda berbalik, hidup anda akan berubah juga, namun menjadi lebih buruk. Ketika anda mengijinkan pikiran negatif menguasai, maka semuanya akan selalu menjadi lebih buruk dan tidak pernah membaik.Tidak ada yang benar tentang salah!
Percayalah kepada diri sendiri dan ketahuilah bahwa hidup adalah apa yang Anda perbuat. Anda benar benar akan menjadi pemenang, tetapi anda harus memainkan kartu anda secara benar.

Bagi Anda yang ingin mengubah pola pikir Anda dan langsung take action sekarang juga. Silahkan Anda bisa pelajari pembelajaran gratis untuk Anda tentang belajar NLP (Neuro Linguistic Program). Semoga bermanfaat!
  

 
Sumber :
http://enjangheri.blogspot.com/2013/01/merubah-mindset-kita.html
http://media.kompasiana.com/new-media/2012/02/25/2/441909/teknik-mengubah-mindset.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar