Minggu, 12 Juli 2009

Golf Resort in Pecatu


This modern-tropical condominium hotel is nestled right in the middle of a vast golf course, New Kuta Golf Course. An ocean of green grass provides the landscape for this establishment.

Golf Resort.
Sebutan ini tampaknya pas diberikan kepada Le Grande Suites, condotel dengan fasilitas hotel bintang 5 di kawasan Pecatu Indah Resort, Bali. Namun sapaan itu diberikan bukan hanya karena letaknya yang tepat berada di tengah-tengah lapangan golf. Dilihat dari kejauhan, bentuk bangunan Le Grande yang jelas dan tegas, tampak seperti putter golf. Putter golf adalah stik golf yang digunakan pada lubang terakhir apabila pegolf memukul di lubang tersebut. Itu ditandai dengan atapnya yang didesain mendatar, flat roof.

Sebagai golf resort, tentu Le Grande Suites dibangun untuk para pecinta golf dan keluarganya. Di kompleks apartemen dan hotel itu, mereka dapat bermain golf di lapangan golf 18 hole sepuasnya. Lelah memasukkan bola golf dari satu lubang ke lubang lain, mereka bisa pulang ke unit apartemen untuk berendam di kolam jacuzzi di taman di dalam unit apartemen. Bisa pula sekedar duduk-duduk di kabana di depan kolam renang, atau menikmati makan malam di floating dining area yang didesain romantis.

Pemandangan di sekitar Le Grande Suites memang cantik. Hamparan rumput hijau padang golf yang luas menyatu dengan pepohonan dan tanam-tanaman yang tumbuh di situ. Beberapa unsur Bali seperti wantilan gazebo yang dijadikan kabana dengan desain yang lebih modern dan sederhana terlihat di beberapa sudut kolam renang. Demikian juga dengan water feature dari batu yang mengeluarkan suara gemericik.

Le Grande Suites, kompleks apartemen yang mewah ini, dibangun di atas tanah seluas 2,6 hektar yang dimiliki penuh oleh PT. Graha Albros. Bentuk tanahnya sendiri hampir seperti gitar, kecil di depan besar di belakang. Managemen Le Grande Suites adalah perusahaan lokal yang sudah berdiri sejak 4 tahun lalu dan memulai bisnisnya di negara-negara di Eropa Timur. Salah satu properti yang dikelolanya, berada di Republic of Uzbekistan.

Kedekatan managemen dengan negara-negara di Eropa Timur, berdampak baik pada occupancy rate hotel dan apartemen Le Grande. Selain wisatawan lokal, tamu-tamu yang datang menginap kebanyakan berasal dari negara seperti Rusia, Arab, India, Amerika Serikat dan Australia. Bahkan beberapa dari mereka ada yang membeli unit apartemen Le Grande agar tak kesulitan mendapatkan penginapan saat berada di Bali.

Menariknya, hampir semua unit apartemen Le Grande dilengkapi dengan storage, tempat tamu atau pemilik meletakkan stick golf. Ini memudahkan mereka, para pecinta olahraga golf saat akan datang berwisata ke Bali. Mereka tak perlu membawa-bawa perlengkapan golf yang berat dari rumah atau negara asal.

Nurman Espana Aji, arsitek Le Grande Suites mengatakan, oleh pemilik Le Grande ia diminta untuk mendesain 2 tipe apartemen: apartemen dengan 1 kamar dan 2 kamar. Maka jadilah Le Grande sebuah kompleks yang terdiri dari 60 unit apartemen dan 130 unit kamar hotel ditambah 2 unit Presidential Suites. Masing-masing unit apartemen didesain dengan luas 120 m2 dan 240 m2, unit kamar hotel dengan luas 53 m2 sedangkan unit Presiden Suites masing-masing seluas 400 m2. Kompleks masih dilengkapi dengan lapangan tennis, spa, common swimming pool, pool bar, function hall untuk 400 orang dan restoran.

Keseluruhan unit tersebut, dirangkai ke dalam sebuah konsep bangunan dengan gaya modern tropical. Elemen kayu yang berwarna coklat, jelas terlihat pada fasad bangunan. Demikian juga warna kuning paras Taro dengan suasana pantai tropisnya yang sejuk. Sementara beberapa sun shading agar cahaya matahari tidak langsung menerpa kamar-kamar apartemen, dirancang dengan kombinasi kayu dan baja. Baja digunakan untuk memberikan efek modern sedangkan kayu untuk menunjukkan bahwa jadi diri bangunan adalah tropis.

Lebih jauh mengenai konsep desain Le Grande Suites dapat dilihat dalam wawancara majalah Indonesia Design dengan Nurman Espana Aji, principal architect konsultan Fleur de Lis yang merancang bangunan ini, di majalah Indonesia Design No. 32 bertema Hot Estates in Bali yang menampilkan 6 properti terbaru di pulau Dewata mulai dari Condotel, hotel, dan vila.

Kamis, 9 Juli 2009 | 15:58 WIB

KOMPAS.com

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb, Pak Hilman saya dengan Hotel Le Grande Suites ini mau dijual. Kami ada Investor dari luar negeri yang tertarik, apa boleh kami dapat info harganya melalui Bapak?
    Terima kasih.
    rioerdiansyah@yahoo.com; rio@pnm.co.id

    BalasHapus