Senin, 03 Agustus 2009

Tujuan Hidup Perpanjang Umur


Jika Anda memiliki tujuan hidup, maka kemungkinan usia Anda akan lebih panjang. Tampaknya tidak terlalu banyak berperangaruh apakah tujuan tersebut terlalu ambisius atau biasa-biasa saja.

"Tujuan itu bisa apa saja, mulai dari menginginkan tujuan dalam hidup hingga meraih sesuatu seperti sukarelawan dalam organisasi hingga sesederhana membaca serial buku," ujar peneliti yang juga seorang neuropsychologist di Rush Alzheimer's Disease Center, Dr. Patricia Boyle.

Dia menemukan, setengah dari orang-orang yang dilaporkan memiliki tingkat tujuan yang lebih tinggi memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang yang tujuan hidupnya rendah. Boyle dan tim peneliti melakukan studi terhadap 1.238 orang dewasa yang telah berpartisipasi pada dua peenlitian di Rush. Semua partisipan dinyatakan bebasa demensia dan penelitian dimulai pada usia rata-rata 78 tahun.

Pada awal penelitian, partisipan harus menjawab tujuan hidup, mengukur diri mereka dalam area yang berbeda dengan tujuan untuk mengukur arti hidup dan melakukan aksi untuk meraih tujuan hidup tersebut. "Nilai rata-rata terhadap evaluasi sekitar 3,7 dari angka 5," ujar Boyle.

Ketika menilai dari angka-angka yang ada, Boyle menemukan, sekitar setengah dari orang yang memiliki tujuan yang lebih tinggi berhasil menekan risiko meninggal dunia hingga tiga tahun lebih lama dibandingkan dengan yang memiliki tujuan yang lebih kecil.

"Ha itu benar terjadi. Bahkan setelah mengontrol beberapa faktor seperti gejala depresif, kondisi keseheatan kronis dan kecacatan," terangnya. Yang ingin ditekankan, ujar Boyle, jika Anda dapat menemukan tujuan dalam hidup atau jika Anda mendapati hidup Anda penuh arti dan memiliki perilaku meraih tujuan, maka Anda akan hidup lebih lama.

Kesehatan Tubuh

Berbagai penelitian telah menemukan tujuan dalam hidup merupakan hal krusial dalam menjaga kesehatan mental, Boyle menambahkan, kemungkinan hal itu juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Penelitian tersebut merupakan salah satu studi skala besar untuk mengkaji hubungan tujuan hidup dan usia yang panjang.

Penemuan itu juga diikuti beberapa studi yang dilakukan pihak lain yang menyatakan, para pensiunan yang berusia lebih dari 65 tahun yang bekerja sebagai sukarealawan memiliki risiko meninggal dunia lima tahun lebih lama dibandingkan para pensiunan yang tidak bekerja sebagai sukarelawan.

Boyle tidak dapat menyimpulkan kedua hal itu terkait langsung. Namun, dia mengungkapkan, kemungkinan memiliki tujuan akan mendukung berbagai fungsi tubuh serta membantu mencegah berbagai penyakit.
Penemuan itu dianggap masuk akal oleh ahli Geriartri Montefiore Medical Center, Dr. Gary Kennedy. Dia mengatakan, seringkali menemukan efek dari tidak memiliki tujuan pada orang lanjut usia. "Saya melihat sebagian orang lanjut usia yang kehilangan tujuan hidup kemudian kondisi kesehatan mereka ikut menurun," terangnya.

"Namun hingga kini belum jelas keterkaitan sebab akibat kedua hal itu. Kemungkinan panjang umur disebabkan hal lain yang tidak diperiksa oleh para peneliti," ujar Kennedy.

Boyle menambahkan, para penelitian selanjutnya, pihaknya berharap dapat mengetahui jika orang dapat terinspirasi memiliki tujuan dalam hidup dapat diiajarkan untuk menetapkan tujuan dan berusaha meraihnya. (healthday/rin)

By Republika Newsroom
Senin, 22 Juni 2009 pukul 17:32:00
http://www.republika.co.id/berita/57745/Tujuan_Hidup_Perpanjang_Umur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar