Rabu, 01 Juni 2011

Filosofi Golf VS Bola Golf


Golf bagi kebanyakan orang merupakan jenis permainan kelas atas, namun sekarang golf bukan hanya sebagai permainan saja melainkan sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Tantangan di lapangan golf memang mengasyikan. Didukung hamparan rumput hijau dan panorama alam terbuka yang segar, mampu menepis semua lelah.

Beberapa pandangan yang ada mengangap bahwa golf merupakan sarana efektif untuk kegiatan bisnis. Golf di Indonesia tidak dipersepsikan hanya sebagai olahraga untuk menyehatkan badan saja melainkan sudah menjadi sarana entertaintment dan bersosial untuk para pecinta golf

Golf merupakan permainan yang sopan, karena pemain harus sabar bergantian memakai hole yang ada dengan pemain lainnya , dan dibalik keindahan rumput di beberapa tempat golf terdapat hal penting yang harus diketahui. Yakni, jenis rumputnya.

Dulu bola golf terbuat dari kayu. Lalu, pada awal Abad XVII dibuat dari kulit dengan bagian dalamnya diisi serpihan bulu angsa. Lalu terbuat dari getah karet keras sehingga menghasilkan bola golf yang bulat dan permukaannya licin.

Menjelang akhir Abad XIX , permukaan bola golf dibuat berprofil untuk mengadopsi karakter bulu angksa sehingga berharap bisa melayang jauh seperti burung ketika dipukul. Namun seratus tahun lalu, profil itu dibuat menjadi lekukan-lekukan (dimples).

Lekukan bola golf memiliki filosofi wisdom yg luar biasa. Lekukan2 itu ibarat tantangan kehidupan, yg berupa kegagalan, kejenuhan, keputusasaan, kesusahan, dan lainnya. Kita bisa lebih cepat sukses manakala mampu mengatasi "lekukan-lekukan", atau berbagai tantangan hidup.

FILOSOFI bola golf bisa kita pakai sbg PENGUAT manakala harus menghadapi setiap tantangan yg muncul; kita tidak cepat menyerah ketika cobaan berat datang. Juga, tetap tegar dan mantap dalam memperjuangkan apa yg menjadi cita2 kita!

Dengan adanya ratusan lekukan di permukaannya bola golf bisa bergerak lebih cepat dan lebih jauh dari bola licin. Luar biasa....

Bagi saya, GOLF = Game Of Life Filosophy seharusnya Philosophy hahahah beda tipis gapapa kan ?
Dan menurut saya, Golf bukan hanya sekedar olah raga, namun dalam permainan ini juga mengandung filosofi hidup, cara pandang hidup!.

http://hilmanmuchsin.blogspot.com/2011/06/filosofi-golf-vs-bola-golf.html

**************************

Catatan :

Waktu saya main bareng Prof.DR. H. Komaruddin Hidayat, beliau bilang main golf mirip kehidupan kita sehari-hari. Niatnya pukul bola selurus mungkin, namun hasilnya kadang melenceng kekiri/kanan bahkan bolanya hilang sehingga terpaksa pake bola baru lagi. Kira2 kehidupan yang kita jalani ya mirip seperti itu, niatnya selalu jalan nya mulus, namun kadang2 di dalam proses usahanya ada saja hambatan2 yang harus kita selesaikan masalahnya dan hasilnya tidak persis sesuai niatnya.

Di dalam permainan Golf tidak ada musuhnya kecuali diri kita sendiri, artinya masalah kehidupan seperti kejenuhan, kegagalan, penderitaan dsb, hanya diri kita sendiri yang mampu menyelesaikannya dengan bantuan lain tentunya. Filosofi main golf mempunyai makna kesabaran dan bagaimana permainan itu bisa diselesaikan sesuai dengan harapan kita. Sabar yang dimaksud adalah meninggalkan segala macam pekerjaan yang digerakkan oleh HAWA NAFSU, tetap pada pendirian agama yang bertentangan dengan kehendak hawa nafsu, semata - mata karena menghendaki kebahagiaan dunia dan akhirat.

Jadi Sabar nya adalah sabar sebelum taat, sabar melaksanakan taat dan sabar setelah taat. Sabar sebelum taat, ialah niat yang ikhlas, tujuan yang benar, merasa berkewajiban atas keyakinan agama dalam menerima peraturan berupa perintah atau larangan., Sabar melaksanakan taat, ialah melaksanakan kewajiban sampai selesai, berkala atau terus menerus dengan penuh tanggungjawab dan kesungguhan, Sabar setelah taat, ialah tidak merasa bangga dengan selesainya pekerjaannya, tidak iri hati atau kekurangan atau kelebihan orang lain, tidak ria’ untuk dikagumi hasil usahanya.

Karena golfer itu manusia yang didominasi oleh Hawa nafsu, maka di dalam permainan golf banyak terjadi perjudian, perselingkuhan, persekongkolan, ketidak jujuran untuk membuat keuntungan dirinya sendiri/kelompoknya, dsb, makanya ada istilah sekarang Dunia Golf adalah dunia selingkuh. Hal ini disebabkan oleh Tiger Woods yang berselingkuh dengan belasan wanita dan dua di antaranya bintang film porno, padahal tadinya Tiger Woods terkenal sebagai pegolf kalem yang cinta keluarga…

Demikian bro, semoga ada manfaatnya.

Salam,
Hilman Muchsin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar