Kamis, 11 Agustus 2011

Fahd Al Kanderi Surah Al-Munafiqun VERY BEAUTIFUL



Surat ini terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat Al Hajj. Surat ini dinamai Al-Munaafiquun yang artinya orang-orang munafik, karena surat ini mengungkapkan sifat-sifat orang-orang munafik.

Pokok-pokok isinya :

Keterangan tentang orang-orang munafik dan sifat-sifat mereka yang buruk diantaranya ialah pendusta, suka bersumpah palsu, sombong, kikir dan tidak menepati janji, peringatan kepada orang-orang mukmin supaya harta benda dan anak-anaknya tidak melalaikan mereka, insyaf kepada Allah, dan anjuran supaya menafkahkan sebahagian rezki yang diperoleh.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

SIFAT-SIFAT BURUK ORANG-ORANG MUNAFIK

# Bila datang kepadamu orang-orang munafik, mereka mengatakan: "Kami mengakui, bahwa kamu benar-benar utusan Allah". Sedangkan Allah mengetahui bahwa kamu benar-benar utusan-Nya. Lebih dari itu, Allah menyaksikan bahwa orang-orang munafik itu benar-benar pendusta.

# Mereka menjadikan sumpah-palsunya menjadi perisai untuk keselamatan diri dan hartanya, sedangkan di lain pihak, mereka menghalangi orang dari mengikuti agama Allah. Sesungguhnya, barang apa yang mereka kerjakan, benar-benar sangat buruk.

# Hal itu terjadi sesuai dengan buruk rahasia yang dipendamnya. Mereka beriman dalam pembicaraan, namun kafir di dalam hatinya, lalu hatinya dikunci erat-erat. karena itu mereka tidak dapat memahami apapun.

# Bila kamu melihat mereka, raut tubuhnya mempesonakanmu. Dan bila mereka bercakap-cakap, kamu tertarik untuk mendengar tutur-katanya, Namun begitu, mereka bagai kayu yang disandarkan Maksudnya, kayu-kayu tersandar; seperti tiang jemuran, tiang bendera dan sebagainya. Contoh-contoh yang buruk untuk orang-orang munafik, mulutnya manis bagaikan madu, tetapi hatinya pahit bagaikan empedu. Pepat di luar runcing di dalam tunjuk lurus kelingking kait.. Setiap ada teriakan mereka sangka untuk membahayakannya. Mereka adalah musuh dalam selimut, karena itu waspadalah terhadap mereka; Allah mengutuknya. Gerangan mengapa mereka sampai dapat dipalingkan dari kebenaran?

# Dan bila dikatakan kepada mereka: "Marilah menghadap Rasul, semoga Rasulullah memohonkan ampun terhadap dosa-dosamu", mereka menggelengkan kepala. Selanjutnya engkau lihat mereka berbalik dengan tingkah sangat sombong.

# Sama saja bagi mereka: baik engkau mintakan ampun; maupun tidak engkau mintakan, namun Allah sekali-kali tidak akan mengampuni mereka. Bahwasanya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

# Merekalah orang-orang yang pernah mengatakan kepada orang-orang Anshar: "Janganlah kalian memberi perbelanjaan kepada orang-orang Muhajirin pengikut-pengikut Rasulullah, biar mereka kucar-kacir meninggalkannya karena kelaparan. Padahal seluruh perbendaharaan langit dan bumi kepunyaan Allah. Namun orang-orang munafik itu tidak mengerti.

# Mereka mengulas kata: "Andaikata kita kembali ke Madinah, tentu orang-orang yang kuat akan mengusir orang-orang yang lemah dari sana". Padahal kekuatan itu hanyalah kepunyaan Allah, kepunyaan Rasul-Nya, dan kepunyaan orang-orang mukmin. Namun orang-orang munafik itu tidak mengetahui.

# Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta dan anak-anakmu sampai melalaikanmu dari mengingati Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian, itulah orang-orang yang rugi.

# Dan belanjakanlah sebagian dari rezeki yang pernah Kami berikan kepada kalian, sebelum kematian datang menjelang kepada salah seorang di antara kalian, lalu kalian menyesal: "Ya Tuhanku, mengapa tidak Engkau tangguhkan kematianku sedikit waktu lagi, supaya aku dapat bersedekah dan menjadi orang baik-baik?".

# Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan kematian satu jiwa, bila telah sampai ajalnya. Dan Allah Maha Mengetahui barang apa yang kamu kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar