Sabtu, 04 Oktober 2014

Siapa Pasangan Wanita di Surga?





Seorang penduduk surga juga dipastikan akan memiliki pasangan meskipun di dunia ia meninggal dalam keadaan membujang.
Surga menjadi idaman setiap Muslimin. Gambaran tentang keindahan surga yang tak akan tergambar dengan angan keindahan apa pun menjadi semangat beramal.
Surga tak luput dari doa-doa selepas shalat sebagai tempat tinggal abadi. Salah satu kenikmatan surga bagi seorang Muslim adalah bidadari.

Disebut dalam surah an-Naba ayat 33, dijelaskan jika bidadari adalah gadis-gadis yang sebaya. Ibnu Katsir menerangkan, gadis-gadis dalam ayat tersebut perawan dan umurnya sebaya dengan penghuni surga yang akan menjadi suaminya. 

Jika seorang lelaki Muslim mendapat balasan dinikahkan dengan bidadari, lalu apa balasan bagi Muslimah yang mendapat kenikmatan surga?

Para wanita juga akan mendapat pasangan meski tidak disebutkan secara eksplisit dengan istilah bidadara yang lazim berkembang di masyarakat. Meski dalam beberapa ayat, Allah SWT menyebutkan bidadari (huru ‘ien) atau gadis yang masih perawan, dalam ayat lain hanya disebut sebagai pasangan (azwaj).

Penyebutan azwaj sebagai balasan di surga terdapat di beberapat ayat, antara lain, al-Baqarah ayat 25, Ali Imran ayat 13, an-Nisa ayat 57, dan Yasin ayat 56. Penyebutan azwaj ini menunjukkan jika para wanita juga akan mendapat pasangan kelak di surga.

Selain itu, di dalam surga semua kebutuhan akan terpenuhi. Semua kenikmatan akan diberikan. Semua pinta akan dituruti. Allah SWT berfirman, “... di dalamnya kamu memperoleh semua yang kamu inginkan dan memperoleh pula semua yang kamu minta. Sebagai hidangan dari (Allah) Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Fushshilat [41]: 31-32).

Syekh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin menerangkan, ayat tersebut berlaku bagi Muslimin dan Muslimah. Dan, salah satu kebutuhan yang diinginkan seseorang adalah mendapat pasangan. Artinya, seorang wanita yang diberikan kelezatan memasuki surga juga akan mendapat pasangan layaknya laki-laki.

Oleh: Hafidz Muftisany    
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-digest/14/09/19/nc4zbd-siapa-pasangan-wanita-di-surga-1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar