Jumat, 17 Juli 2009

Kok Saya Sering Kram Perut Ya?



Tanya:

Dok, mau tanya saya dari SMP sampai umur saya 29 tahun, kok sering kram perut ya? Kadang rutin setiap pagi bisa sampai 5 s/d 30 menit (kadang juga lebih), terus kalau sedang haid, juga sakit sampai nggak bisa bergerak. Begitu juga kalau habis bepergian jauh yang makan tenaga. Pernah tanya ke dokter katanya ada gangguan pada rahim, cuma saya belum berani buat USG, tanya-tanya dulu di internet dech. Vianty, 29 tahun

Jawab:

Rasa kram perut yang Anda alami selama belasan tahun tidak bisa anda anggap remeh dan dibiarkan begitu saja. Apalagi pada saat haid anda sampai tidak bisa bergerak sehingga mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari kram perut tersebut, cara mengetahuinya adalah dengan USG (Ultrasonografi) yang dilakukan oleh dokter kandungan.

Kram perut atau rasa tidak nyaman (nyeri) di perut akibat adanya kontraksi atau spasme dari organ di dalam rongga perut dapat berasal dari organ-organ kandungan, ataupun organ-organ di luar kandungan, seperti dari saluran cerna ataupun dari saluran kemih (saluran kencing). Kalau intensitas nyeri (kram) bertambah pada saat haid, maka kemungkinan besar gangguan yang Anda alami ada hubungannya dengan alat-alat kandungan Anda. Alat kandungan itu terdiri dari ovarium (indung telur), saluran telur, rahim, mulut rahim dan vagina. Kelainan di semua organ tersebut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman sampai timbulnya rasa nyeri.

Kelainan yang cukup sering timbul dan menyebabkan rasa nyeri terutama nyeri haid adalah adanya kista endometriosis, yaitu adanya jaringan endometrium (lapisan rahim) yang berada di luar rahim (tidak berada pada tempatnya). Walaupun berada di luar rahim, namun pada siklus haid jaringan ini tetap menebal dan memproduksi darah haid. Sehingga dapat Anda bayangkan jika endometriosis ini terdapat di saluran telur yang sangat kecil diameternya, maka endometriosis ini akan menutup jalannya telur dan menyebabkan infertilitas atau kemandulan.

Kelainan lain dapat berupa mioma uteri (tumor jinak rahim), yang akan mengganggu kontraksi rahim dan sering menyebabkan gangguan menstruasi. Apapun penyebab kelainannya, harus dicari secepatnya, sehingga dapat ditangani secepatnya sebelum menyebabkan gangguan yang lebih parah. (HOT)

Jumat, 17/07/2009 15:05 WIB
www.detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar