Kamis, 05 Desember 2013

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Tanpa Obat-obatan

Jika Anda selama ini hanya mengandalkan konsumsi obat untuk menurunkan atau menjaga kadar kolesterol, maka sebaiknya Anda alihkan dengan melakukan cara alami. Tak hanya lebih sehat, cara ini juga akan membuat Anda tak lagi bergantung pada obat.

Berikut 8 cara mudah yang bisa membantu Anda turunkan kadar kolesterol secara alami, seperti dilansir Mirror, Jumat (29/11/2013):

1. Kurangi lemak perut

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bahkan sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh, khususnya di perut, memiliki implikasi yang berbahaya bagi jantung. Lemak di perut berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol jahat dalam darah. Mengurangi lemak di perut akan memangkas kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

2. Tambahkan jam tidur malam dan kurangi jam tidur siang

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang tidur sekitar 8 jam setiap malam memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang tidur malam hanya 6 jam atau kurang. Namun menurut sebuah studi di dalam jurnal Sleep bulan lalu, mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit justru memiliki kadar kolesterol lebih tinggi.

3. Perbanyak asupan serat

Serat dapat memangkas kolesterol jahat dalam darah dengan jumlah yang kecil namun signifikan. Salah satu cara mudahnya adalah menukar roti putih dengan roti gandum. Sumber serat lainnya adalah kacang almond, oat, brokoli, wortel, dan buah-buahan seperti berry, pisang, apel, dan pir.

4. Konsumsi ikan

Ikan rendah akan lemak jenuh dan tinggi akan asam lemak omega-3 yang sehat. Keduanya dapat menurunkan kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung. Konsumsi ikan juga membantu mengurangi kolesterol dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Oleh sebab itu, konsumsilah minimal satu porsi salmon, tuna, trout atau sarden dalam seminggu.

5. Lebih banyak bergerak

Banyak aktivitas atau olahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 5 persen. Pilih aktivitas yang meningkatkan detak jantung seperti berenang, jogging, membersihkan rumah atau berkebun.

6. Jangan lupa sarapan

Penelitian oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga sepertiganya. Menu sarapan yang baik untuk menurunkan kolesterol salah satunya adalah bubur gandum. Makanan ini mengandung senyawa yang disebut beta glukan, yang mampu membentuk gel tebal dalam saluran pencernaan dan mencegah kolesterol diserap oleh tubuh.

7. Makan lebih banyak kacang-kacangan

Mengonsumsi segenggam kacang jenis apapun setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Selain dikonsumsi langsung, Andajuga bisa memadukan kacang dengan cokelat. Salah satu penelitian di Jepang menemukan bahwa polifenol dalam cokelat juga dapat membantu meningkatkan produksi kolesterol baik.

8. Kurangi stres

Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak dari kolesterol menumpuk di arteri. Lakukan 10 menit latihan relaksasi seperti yoga setiap hari untuk membantu membuat Anda lebih rileks atau lakukan kegiatan favorit lainnya.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar