Minggu, 08 Desember 2013

Mengambil Pelajaran dari Basmalah





Basmalah merupakan ayat pertama dari setiap awal surah dalam Alquran. Basmalah berjumlah 19 huruf. Setiap huruf mempunyai makna masing-masing. Dalam Alquran, setiap surat diawali dengan kata bismillahirrahamanirrahim.

Artinya, dengan menyebut nama (Allah) yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ayat tersebut memiliki berbagai macam manfaat dan tidak semua orang Muslim mengetahuinya. Allah SWT menganjurkan agar kita selalu membaca basmalah di setiap kegiatan.

Di antara manfaatnya adalah menghadirkan ketenangan hati manusia. Allah SWT selalu menganjurkan agar kita berzikir kepada-Nya. Dan, zikir paling mudah yang dapat dilakukan manusia adalah membaca basmalah.

Menyerukan basmalah juga merupakan wujud tawakal kita kepada Allah, mengharapkan kasih sayang-Nya, mengharapkan keridhaan dan keberkahan yang dimiliki-Nya pada setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Dalam salah satu hadis dinyatakan, “Barang siapa yang melakukan suatu pekerjaan tanpa diiringi dengan basmalah maka keberkahan itu akan terputus”. Pada basmalah terdapat kata ar-Rahman dan ar-Rahim yang menjelaskan mengenai kasih sayang Allah yang begitu luas.

Siapa pun yang menginginkan ar-Rahman dan ar-Rahim dari Allah maka Allah selalu memberikannya. Ini tentu bagi siapa saja yang mau mendekati diri-Nya. Wujudnya adalah memberikan pertolongan kepada kita setiap dalam kesusahan.

Selain itu, Allah memberikan suatu keberkahan dalam setiap pekerjaan yang tak terduga dan memberikan perlindungan bagi umatnya yang sedang dalam musibah. Ar-Rahman dan ar-Rahim Allah juga mengajarkan kepada umat manusia untuk saling mengasihi.

Basmalah memiliki kekuatan yang sangat besar. Sayangnya, tak semua umat manusia mampu merasakan kekuatan kalimat tersebut. Allah mengajarkan agar umat Islam selalu mengucapkan basmalah ketika menjalankan setiap kegiatan.

Melalui basmalah, kita didorong untuk selalu mengingat Allah. Inilah kandungan dari basmalah yang mempunyai banyak makna dan tidak semua umat Islam mengetahui makna dari basmalah.

Oleh Zena Fajrin Naufal
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/12/05/mxaqzm-mengambil-pelajaran-dari-basmalah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar