Senin, 26 Juli 2010

Nisfu Sya'ban

Assalamualaikum wr.wb


Nisfu Sya'ban adalah hari peringatan Islam yang jatuh pada pertengahan bulan Sya'ban. Pada malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin tiga kali dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya.

Para ulama menyatakan bahwa Nisfu Sya’ban juga dinamakan sebagai malam pengampunan atau malam maghfirah, karena pada malam itu Allah SWT menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi, terutama kepada hamba-Nya yang saleh.

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika malam nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).

Malam Nisfu Sya'ban tahun ini, Insya Allah jatuh pada hari Senin 26 Juli dari sore hingga Selasa Subuh. Kita dianjurkan untuk meramaikan malam Nisfu Sya’ban dengan cara memperbanyak ibadah, shalat sunnah, memperbanyak bacaan zikir, memperbanyak baca'an shalawat, membaca al-Qur’an, bersedekah, berdo’a dan mengerjakan amal-amal salih lainnya.

Bagi yang mau mengamalkan nya, berdoalah agar Allah swt mengubah catatan rizki dan takdir di dalam buku besar Allah menjadi lebih baik dan mohon ampunlah atas dosa2 yang telah kita perbuat dengan memperbanyak istighfar.

Menurut petunjuknya sebagian Ulama, amalan malam nisfu Sya'ban, yaitu:

1. Sholat fardlu Maghrib
2. Membaca Surah Yassin
Tiga kali
3. Membaca doa Nisfu Sya’ban
4. Menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan memperbanyak dzikir, shalawat, doa dan istighfar.

Selamat beribadah malam nisfu Sya'ban, Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin. Sekalian mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin..marhaban ya Ramadhan

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar