Jumat, 11 Februari 2011

Disiplin Diri





Disiplin merupakan salah satu kesadaran diri yang muncul dari batin terdalam untuk mengikuti dan menaati peraturan-peraturan,nilai-nilai, dan hukum yang berlaku dalam suatu lingkungan tertentu.

Disiplin merupakan kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, biasanya menunjuk pada ketaatan atau kepatuhan seseorang teradap regulasi. Dalam bidang pekerjaan di instasi pemerintah maupun swasta atau menjadi seorang BOS atau menjadi bawahaannya atau juga seseorang pelajar semuanya pasti mempunyai regulasi yang harus ditaati dan dipatuhi. Sehingga dalam Al Qur’an surat Al ashr diperintahkan kepada kita untuk menghargai waktu.

Disiplin diri adalah salah satu cara unuk membuatkan sesuatu yang kita inginkan menjadi kenyataan, ia bisa mengubah kelemahan diri kita menjadi satu kekuatan yang ada dalam diri kita. Tanpa disiplin, sukar untuk kita mencapai sesuatu yang kita inginkan. Walaupun kita tahu apa yang tidak kita inginkan, tanpa disiplin kita tidak mampu untuk menghindarinya.

Untuk mendisiplinkan diri kita, diperlukan usaha yang gigih, keseriusan yang tinggi dan juga pengorbanan untuk mencapai impian kita. Tidak perduli kita berada, disiplin amat penting untuk diri kita sendiri. Harus kita sadari bahwa disiplin tidak dilahirkan, melainkan perlu dibina dan dibentuk. Hanya diri sendiri yang bisa membina dan membentuk disiplin.

Bagaimana untuk mendisiplinkan diri kita ????

Ia tergantung kepada diri kita sendiri, bagaimana cara untuk mendisiplinkan diri.
Ada empat hal yang perlu kita perhatikan untuk melakukan perkembangan diri secara disiplin sehingga dapat membangkitkan potensi yang kita miliki.

Start with yourself - start erly - start small - start now.

Mulai dari diri kita sendiri - sesegera mungkin - sedikit demi sedikit - lakukan sekarang.

Disiplin harus dimulai dengan awal. Harus ada langkah permulaan, barulah ada yang seterusnya.


http://hilmanmuchsin.blogspot.com/2011/02/disiplin-diri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar