Rabu, 23 Februari 2011

Orang tua dengan sindrom metabolisme mungkin akan menghadapi risiko yang tinggi mengembangkan kehilangan memori


Orang tua dengan lingkar pinggang lebih besar, tekanan darah tinggi dan faktor risiko lain yang membentuk sindrom metabolik mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kehilangan memori, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 2, 2011, online edisi Februari Neurology ®, jurnal medis American Academy of Neurology.
Sindrom metabolik didefinisikan sebagai memiliki tiga atau lebih dari faktor-faktor risiko berikut: tekanan darah tinggi, kelebihan lemak perut, lebih tinggi dari trigliserida normal (sejenis lemak yang ditemukan dalam darah), gula darah tinggi dan rendah high-density lipoprotein (HDL) kolesterol, atau "baik" kolesterol.

Sindroma metabolik juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung.
Untuk penelitian ini, 7.087 orang usia 65 tahun dan lebih tua dari tiga kota Perancis yang diuji untuk sindrom metabolik. Sebanyak 16 persen dari peserta telah sindrom metabolik. Peserta diberi serangkaian tes fungsi memori dan kognitif dua dan empat tahun kemudian. Tes-tes termasuk uji memori, tes memori kerja visual dan tes kefasihan kata.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki sindrom metabolik 20 persen lebih mungkin untuk memiliki penurunan kognitif pada tes memori daripada mereka yang tidak memiliki sindrom metabolik. Mereka dengan sindrom metabolik juga adalah 13 persen lebih mungkin untuk memiliki penurunan kognitif pada tes memori visual bekerja dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki sindrom tersebut. Secara khusus, trigliserida lebih tinggi dan rendah kolesterol HDL terkait dengan skor memori miskin, diabetes, tetapi gula darah puasa tidak lebih tinggi, berhubungan dengan miskin memori kerja visual dan skor kata kefasihan.

"Studi kami menyoroti baru tentang bagaimana sindrom metabolik dan faktor individu dari penyakit dapat mempengaruhi kesehatan kognitif," kata penulis studi Christelle Raffaitin, MD, dari National Institute of Health Research Prancis di Bordeaux, Perancis. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pengelolaan sindrom metabolik dapat membantu memperlambat kehilangan memori yang berkaitan dengan usia, atau menunda timbulnya demensia."

Penelitian dilakukan berdasarkan perjanjian kemitraan antara National Institute of Health Research Perancis (INSERM), Universitas Bordeaux 2 Victor Segalen dan Sanofi-Aventis. Studi 3C didukung oleh Dana Asuransi Kesehatan Nasional untuk Karyawan, Direktorat Jenderal Kesehatan, Umum Reksa Pendidikan, Institut Panjang Umur dan Aging, Daerah Dewan dari Aquitaine dan Bourgogne dan Yayasan Perancis. The Genopole Lille ini didukung oleh hibah tanpa syarat dari Eisai.

American Academy of Neurology, sebuah asosiasi lebih dari 22.500 ahli saraf dan profesional neuroscience, didedikasikan untuk mempromosikan perawatan neurologis kualitas tertinggi berpusat pada pasien. Seorang ahli syaraf adalah seorang dokter dengan pelatihan khusus dalam mendiagnosis, merawat dan mengelola gangguan otak dan sistem saraf seperti penyakit Alzheimer, stroke, migrain, multiple sclerosis, cedera otak, penyakit Parkinson dan epilepsi.

Sumber: American Academy of Neurology
http://www.news-medical.net/news/20110203/1782/Indonesian.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar