Selasa, 07 Januari 2014

Sebuah Renungan




Sesungguhnya kejadian apapun yang menimpa pada diri kita, akan terasa lebih indah bila kita bisa melihatnya dengan mengingat kebesaran-NYA. Kejadian apapun itu, bahkan 'hembusan angin sejuk' yang mungkin bagi sebagian besar orang akan dirasakan sebagai peristiwa alam biasa. Selalu ingatlah pada kebesaran-NYA, pada kasih saying-NYA, pada kekuasaan-NYA, maka niscaya kita akan bertemu dengan wajah-NYA kemanapun kita menghadap.


Betapa sesungguhnya Allah lah yang Maha Tahu akan segala yang terbaik untuk umatnya.
Namun seringkali kita berpikiran lain. Terkadang, kita merasa doa kita tidak dikabulkan.
Ada pula yang merasa dikabulkan tapi ternyata tidak sesuai dengan keinginannya. 

Mengapa ini bisa terjadi? 

Apakah Allah tak mendengar doa-doa kita ? Tentu tidak, karena Allah Maha Mendengar. 

Apakah Allah tidak bisa mengabulkan doa-doa kita ? Tentu tidak, karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

Apakah Allah salah mengartikan doa-doa kita ? Tentu tidak, karena Allah Maha Mengetahui.. 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu mengenai Aku maka (jawablah), bahwasannya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”  (QS. Al-Baqarah: 186).
  

Yang terjadi, mungkin kita lah yang tidak mendengar jawaban-jawaban NYA. 

Mungkin kita lah yang belum melihat kekuasaan Allah. 

Mungkin kita lah yang justru tidak mengerti apa-apa yang menjadi jawaban-NYA…
 

Rasullulah SAW bersabda pada sebuah hadist 

”Seorang hamba do’anya senantiasa akan dikabulkan selama tidak berdo’a untuk perbuatan dosa, atau memutuskan silaturrahim, serta selama tidak tergesa-gesa. Beliau ditanya, wahai Rasulullah apa yang dimaksud dengan tergesa-gesa?. Rasulullah menjawab, “Aku telah berdo’a, aku telah berdo’a, tetapi aku belum melihat do’aku dikabulkan. Lantas ia merasa kecewa dengan hal itu, sehingga ia pun tidak mau lagi berdo’a.”  (HR. Muslim).
 
Setiap doa yang kita terbangkan ke langit penuh harap, setiap doa yang lirih kita ucapkan di tengah keheningan malam, setiap doa yang dengannya air mata mengalir membersihkan pipi, akan selalu diterima oleh Allah SWT. 

Dan Allah dengan segala kasih sayangnya, akan menjawab doa-doa hamba-NYA dengan cara yang paling indah, paling tepat dan paling menakjubkan. 

Allah akan memenuhi keinginan kita di saat yang tepat atau bahkan memberi kita sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita minta. 

Karena Allah benar-benar mengetahui apa-apa yang terbaik bagi dunia maupun akhirat hamba-NYA. 

Bagi manusia , mungkin untuk memahami semuanya, terasa butuh waktu dan butuh pengertian mendalam. Tapi percayalah, semua hanya masalah waktu. 

Apalagi memang, apa-apa yang terlihat secara kasat mata sebenarnya hanyalah permukaan saja. Selalu ada hikmah mendalam di setiap kejadian. Baik itu kejadian yang tampaknya menyenangkan maupun kejadian yang tampaknya tidak menyenangkan. Butuh mata hati untuk bisa melihat hikmah di balik kejadian.
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar