Senin, 30 Juni 2014

Keuntungan Makan Pisang



Pisang mudah tumbuh di negara tropis. Buah ini mengandung banyak serat dan salah satu cara alami untuk mengatasi sembelit. Di samping itu, pisang memiliki banyak manfaat lain. Dikutip dari Livestrong, berikut ini kegunaan pisang untuk Anda:
  1. Aroma pisang dapat menekan nafsu makan. Sebuah studi mengungkapkan, pisang memiliki aroma yang dapat mengelabui otak untuk berpikir bahwa Andaseolah telah benar-benar makan. Sehingga, aroma pisang dan memakannya dapat menjadi salah satu menu diet Anda.
  2. Makan pisang dapat bekerja seperti minuman energi. Menurut studi dari  Human Performance Lab Appalachian State University, mengonsumsi setengah pisang tiap 15 menit dalam sesi ujicoba bersepeda, sama efektifnya meminum minuman olahraga yang berkarbohidrat.
  3. Pisang cocok dimakan oleh orang yang berdiet. Kalori sebuah pisang sekitar 110 gram, karbohidrat 30 gram, dan serat 3 gram. Pisang mengandung serat pati yang tidak mudah dicerna sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.
  4. Pisang dapat mencukupi asupan vitamin C yang diperlukan tubuh. Satu porsi pisang menyuplai 15 persen kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C. Ini diperlukan untuk menetralkan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, baik pula untuk merangsang produksi kolagen yang mempengaruhi otot, tulang, dan jaringan lain.  Dengan vitamin C ini, Anda akan memiliki pembuluh darah lebih sehat dan lebih optimal dalam menyerap zat besi dan folat.
  5. Pisang kaya vitamin B6. Vitamin ini diperlukan tubuh dalam membuat asam amino non-esensial untuk menciptakan sel-sel sehat. Vitamin  ini turut membantu produksi insulin, hemoglobin, dan antibodi. Sebuah pisang mampu menyukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B6.
  6. Pisang melawan tekanan darah tinggi. Penyebabnya adalah pisang mengandung sekitar 422 miligram kalium yang berguna untuk mengurangi tekanan darah. Dengan begitu, Anda akan turut menurukan risiko serangan jantung dan stroke jika makan pisang secara rutin. Sebuah pisang menyukupi 10 persen kebutuhan harian tubuh terhadap kalium.
  7. Pisang merangang mood baik. Sebuah pisang mengandung 27 miligram magnesium yang berperan untuk menciptakan mood menjadi baik. Kekurangan magnesium akan membuat seseorang mudah depresi, cemas, mudah tersinggung, dan mengalami mood buruk lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat pisang yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir Lifescript.
  • Melancarkan peredaran darah
Pisang punya banyak kandungan kalium dan potasium. Zat ini fungsinya adalah membantu sistem sirkulasi tubuh, hingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga membantu denyut jantung menjadi teratur.
Selain itu, pisang juga mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.
  • Menyehatkan usus
Manfaat pisang yang lain adalah menyehatkan usus dengan menghilangkan sembelit. Pisang punya kandungan serat yang mampu mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus. Jadi, dari pada menggunakan obat pencahar, lebih baik mengkonsumsi pisang.
  • Meningkatkan kesehatan otak
Pada sebuah penelitian dengan responden 200 orang siswa, pengaruh konsumsi pisang terhadap tingkat konsentrasi dikorelasikan. Hasilnya, pelajar yang memakan pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut terlihat mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap.
  • Mengobati bekas gigitan nyamuk
Jika di kulit Anda terdapat bentol bekas gigitan nyamuk, maka Anda bisa oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentol kulit tersebut. Ia akan mengurangi gatal dan merahnya.
  • Mengurangi derita sakit bulanan pada wanita
Bagi Anda yang kerap mengalami sakit perut saat sedang menstruasi, maka mengkonsumsi pisang bisa meringankan derita Anda. Kandungan vitamin B6 dalam pisang cukup tinggi hingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit bulanan berkurang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar