Sabtu, 14 Mei 2011

Komitmen, Konsisten dan Kesuksesan



Banyak orang yg memiliki ilmu segudang, namun dia tetap tidak berhasil karena dia tidak konsisten mengamalkan ilmunya. Lalu, bagaimana agar bisa konsisten meraih sukses? Jawabannya adalah komitmen, walaupun itu sesuatu yg paling berat. Tetapi kita tidak punya pilihan lain, jika Kita ingin sukses dlm jangka panjang, Komitmen dan konsisten HARUS menjadi bagian hidup Kita. Tidak bisa tidak.

Ada tiga hal agar Kita bisa konsisten, yaitu

!. Mulailah dari yg KECIL
Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng atau berkesinambungan) meskipun sedikit. (HR. Bukhari). Artinya mulailah melakukan hal kecil dulu secara konsisten. Utamakan dulu keberlangsungannya meski sedikit. Setelah terbiasa dengan yang sedikit, insya Allah akan lebih mudah untuk melakukan amal yang lebih banyak

2. MENGINGAT NILAI dari setiap tindakan sekecil apa pun
Jika Kita melakukan sesuatu yang akan membawa kepada keberhasilan, maka ingatlah setiap langkah Kita akan mendekatkan kepada sukses. Jika Kita sedang berkerja, ingatlah setiap ketikan Kita di komputer akan membawa hasil. Jika Kita menabung untuk menunaikan ibadah haji, setiap setoran akan mendekatkan Kita ke tanah suci.

3. Dan jika perlu mintalah seseorang untuk mengawasi Kita (PENGAWASAN).
Jika Kita masih sulit untuk konsisten, mungkin Kita perlu bantuan orang lain untuk mengawasi Kita. Jika Kita seorang pekerja, Kita tentu diawasi oleh atasan Kita. Jika kurang diawasi, Kita bisa meminta untuk diawasinya. Aneh memang, banyak orang yang menghindar dari pengawasan atasan, tetapi jika Kita ingin sukses, mintalah diawasi.

Teringat kisah orang mulia, Rasulullah SAW, seorang Nabi Akhir Zaman. Beliau sampai beruban ketika mendapatkan perintah berupa firman ALLAH SWT dalam surat Hud(11) ayat ke 112. Hal itu menggambarkan betapa besar bobot dari ayat tersebut dan... betapa dalam arti istiqomah (=konsisten) yg diperintahkan dalam ayat tsb. Ayat ini menyuruh untuk tetap beristiqomah di jalan yg benar.

Dalam sebuah hadits ada ungkapan “Allah menyukai seseorang yang melakukan sesuatu yang meskipun sedikit, tapi dilakukan secara terus menerus (dawam)“. Dan hadits tsb juga tidak hanya merujuk kpd urusan ibadah2 utama, tapi juga kpd urusan2 dunia yg, tentu saja, tidak menyalahi aturanNya. Maka, sederhananya, Allah menyukai orang2 yg konsisten. Konsistensi juga yg membedakan orang2 sukses dan tidak.

“Oleh karena itu, hendaklah engkau (wahai Muhammad) senantiasa tetap teguh (Istiqomah) di atas jalan yg betul sebagaimana yg diperintahkan kpdmu (Komitmen utk taat kpd Allah), dan hendaklah orang2 yg ruju` kembali kpd kebenaran mengikutmu berbuat demikian dan janganlah kamu melampaui batas hukum2 Allah sesungguhnya Allah Maha Melihat akan apa yg kamu kerjakan.” (QS Hud:112)

Komitmen yg kuat dan konsisten, akan menjadikan kita memiliki janji yg kuat dan tetap atau tidak ber-ubah 2 kpd diri sendiri untuk dapat melakukan perubahan thd sikap negatif sampai dgn mewujudkannya tanpa putus asa apapun masalah dan situasi yg dihadapi.

Komitmen yg kuat dan konsisten ini harus dijadikan DASAR dlm melakukan perubahan, shg apabila dasar ini (komitmen yg kuat dan konsisten) telah kokoh maka akan kokoh pula penciptaan sikap positif yg dilakukan. Proses kesuksesan spt kita membangun suatu bangunan, yaitu dimulai dari pondasi atau dasar yg kita buat harus kokoh AGAR bangunan yg dibuat diatasnya dapat berdiri dgn kokoh pula


http://hilmanmuchsin.blogspot.com/2011/05/komitmen-dan-konsisten.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar