Rabu, 04 Mei 2011

Mengapa berat badan kita bertambah?


WHO menyatakan bahwa lebih dari 1,2 milliar orang di seluruh dunia mengalami masalah kelebihan berat badan, bahkan 250.000 juta diantaranya mencapai level obesitas. Berat badan yang bertambah merupakan masalah yang umumnya dialami oleh kebanyakan wanita. Mereka harus mengatur apa yang mereka makan, dan juga berolahraga untuk mencegah berat badan mereka naik secara drastis. Menjaga berat badan juga sangat susah sekali, kecuali Anda adalah seorang model

Ada banyak alasan mengapa berat badan seseorang bertambah, disamping menjaga apa yang Anda makan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait bertambahnya berat badan Anda.

Setidaknya ada 6.000 tipe gen yang ditemukan dapat meningkatkan napsu makan seseorang. Hal ini akan mempengaruhi perilaku seseorang terhadap makanan yang mereka makan dan merespon ke tubuh mereka untuk menyatakan bahwa tubuh mereka sudah kenyang.

Gen ini mempengaruhi berat badan kita dan dapat meningkatkan berat badan kita 10 kali lipat daripada membantu mengurangi berat badan kita.

Apa yang Anda makan tentunya akan mempengaruhi berat badan Anda. Hal ini terkait dengan makanan apa yang biasa Anda makan saat Anda masih anak-anak.

Jika Anda sering makan junk food ketika kecil, di usia dewasa Anda akan memiliki pola makan yang sama disaat Anda dewasa. Orang yang sering makan junk food tidak mendapatkan asupan vitamin yang sesuai dan hanya makan makanan yang mengandung kalori

Emosi memainkan peranan yang sangat penting ketika kita berusaha menjaga berat badan. Beberapa orang akan membuat dirinya nyaman dengan makan ketika merasa sedih, stress atau khawatir. Kebiasaan buruk ini membuat kalori dan lemak yang masuk dalam tubuh meningkat, dan mengakibatkan berat badan Anda naik.

Prader-Willi merupakan kelainan genetik yang menyebabkan orang mengalami obesitas. Orang yang mengidap penyakit ini tidak akan merasa kenyang, sehingga mereka akan makan dengan banyak. Banyak orang yang mengalami sakit diabetes akan menjaga berat badan dan juga kadar gula dalam darah mereka. Jika tingkat insulin dalam tubuh mereka tinggi, akan menyebabkan berat badan mereka bertambah. Tumor otak yang tumbuh dibagian tubuh yang mengontrol selera makan ataupun kelenjar thyroid yang kurang aktif juga dapat membuat berat badan seseorang bertambah.

Gaya hidup yang tidak aktif tidak hanya berbahaya bagi kesehatan seseorang, tapi juga menyebabkan seseorang berat badan kita mudah bertambah. Berat badan orang yang aktif akan lebih sulit bertambah. Berat badan Anda ditentukan oleh seberapa besar kalori yang masuk dalam tubuh Anda setiap harinya dikurangi jumlah kalori yang digunakan. Berolahraga secara teratur merupakan faktor penting bagi Anda yang ingin mengurangi atau menjaga berat badan Anda. Berolahraga membantu mengontrol berat badan Anda dengan mengeluarkan kelebihan kalori yang Anda konsumsi agar tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh Anda.


By Flora McCraith, MSN, Olivia Deskarina,
http://news.id.msn.com/top-stories/article.aspx?cp-documentid=4815245

Tidak ada komentar:

Posting Komentar