Minggu, 11 Oktober 2015

8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan




Sebagian orang gemar mengonsumsi kacang tanah. Meski memiliki bentuk yang kecil, namun kacang tanah mengandung kebaikan yang tinggi serta merupakan sumber protein. Terdapat banyak manfaat kacang tanah bagi kesehatan kita:

1. Membantu menjaga tingkat kolestrol

Kacang tanah tinggi akan mono asam lemak tak jenuh yang akan membantu menurunkan tingkat kolestrol jahat dari tubuh yang kemudian dapat mencegah risiko penyakit jantung.

2. Mencegah keriput

Kacang tanah ternyata baik untuk kulit, terutama dalam mencegah keriput. Kacang tanah mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang juga akan membuat kulit lebih bersinar.

3. Membantu mengurangi tingkat gula darah

Bagi kita yang mengalami diabetes, kacang tanah dapat menjadi makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Kacang tanah kaya akan mangan yang membantu menyerap kalsium serta lemak, sehingga mengatur tingkat gula darah.

4. Mengurangi depresi

Kacang tanah juga mengandung tryptophan, yang membantu melepaskan zat kimia khusus mengurangi tanda-tanda depresi. Hal ini juga termasuk dalam meningkatkan mood atau suasana hati.

5. Sumber energi yang tinggi

Ketika kita merasa lelah atau lemah, cobalah mengonsumsi kacang tanah karena dapat memberikan energi secara instan bagi tubuh. Kacangan kaya antioksidan serta mineral. Tak hanya itu, kacang tanah juga dapat menurunkan berat badan karena mereka tindak tinggi karbohidrat serta lemak dibanding kacang lainnya.

6. Membantu mencegah berbagai kanker

Kacang tanah juga merupakan sumber asam p-coumaric yang membantu mengurangi risiko kanker perut dan untuk perempuan kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 40%.

7. Membantu pertumbuhan rambut

Asam lemak omega3 yang terkandung di dalam kacang akan membantu menumbuhkan rambut yang sehat. Kandungan vitamin E-nya juga mampu mengurangi rambut yang mulai menipis dan meningkatkan sirkulasi darah di daerah kulit kepala.

8. Mengurangi risiko batu empedu

Baik kacang tanah dalam bentuk alami atau pun berbentuk selai, ini akan baik untuk mengurangi risiko batu empedu di dalam tubuh yang kemudian mencegah berbagai infeksi kantung empedu dan hati hingga 50%.

Sekarang kita sudah tahu berbagai manfaat kacang tanah bagi kesehatan. Jangan lupa untuk mengonsumsi kacang tanah hari ini.


http://health.kompas.com/read/2015/10/03/160000423/8.Manfaat.Kacang.Tanah.Bagi.Kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar