Rabu, 14 Oktober 2015

Mengatur Porsi Makan Untuk Penderita Diabetes

Mengatur Porsi Makan Untuk Penderita Diabetes

 ydUZvftzsx
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi .
 Penyakit diabetes ini juga bukan merupakan suatu penyakit yang aneh lagi bagi warga indoneseia karena penelitian encatat di Indonesia terdapat 8,5 juta penderita diabetes melitus (DM) atau peringkat ketujuh terbanyak di dunia.
Dari jumlah tersebut, 59 persen belum terdiagnosis. Angka tersebut bisa dicapai akibat dari pola hidup masyarakat yang kurang sehat.
Bagi mereka yang sudah terkena penyakit diabetes ini berikut kami terangkan Panduan Mengatur Porsi Makan Untuk Penderita Diabetes
Seperti dijelaskan dalam buku Diabetes and Me, cara tersebut adalah salah besar.

Bagaimanapun, tubuh manusia butuh asupan makanan untuk diolah sebagai energi. Lantas, seberapa besar takaran yang dibutuhkan seorang penderita diabetes? Itu semua tergantung berat tubuh dan kondisi kesehatan.

Dalam hitungan kasar, kebutuhan kalori seorang penderita diabetes mengacu pada panduan ini:
Kurus:   2.300-2.500 kkal
Normal: 1.700-2.100 kkal
Gemuk:  1.300-1.500 kkal
Namun, untuk panduan mudahnya, Anda sebenarnya bisa mengatur porsi makan sehat hanya dengan menggunakan telapak tangan Anda. Berikut panduannya.

Buah dan sayuran

Porsi sayuran dan buah sekali makan yang disarankan sekiranya kurang lebih sama besar dengan kepalan tangan Anda atau seukuran dengan bola baseball.

Daging sapi, ikan, dan ayam

Berat 1 porsi daging yang boleh dikonsumsi kurang lebih 3 ons atau seukuran telapak tangan Anda (tidak termasuk ukuran jari).

Pasta atau nasi

Porsi pasta atau nasi yang pas untuk penderita diabetes adalah seukuran bola tenis atau maksimal seukuran kepalan tangan.

Selai kacang

Porsi selai kacang yang disarankan adalah 2 sendok makan atau seukuran bola ping pong. Satu ruas ibu jari Anda juga bisa jadi patokan porsi selai kacang yang tepat.

Buah-buahan yang dikeringkan

Porsi buah kering yang disarankan untuk penderita diabetes adalah sekitar seukuran telur.
Kentang
Porsi kentang panggang (tanpa tambahan keju yang penuh kalori) yang disarankan untuk penderita diabetes adalah sekitar ukuran mouse komputer.
Pancake

Porsi pancake yang disarankan untuk penderita diabetes adalah seukuran cakram CD, tidak boleh lebih.

Minyak

Penggunaan minyak yang terlalu banyak bisa merusak nutrisi dari sajian yang Anda nikmati. Porsi minyak yang disarankan untuk digunakan dalam tiap sajian adalah satu sendok teh atau sekitar satu ruas ibu jari.

Keju

Porsi keju yang aman dikonsumsi adalah seukuran ibu jari Anda.

Es krim

Terlalu banyak es krim tentu tak baik untuk kesehatan dan berat badan. Menikmati seporsi es krim seukuran separuh kepalan tangan Anda sudah cukup.

Itulah cara mengatur pola makan bagi penderita diabetes yang mungkin bisa anda praktekan sekarang juga. terima kasih sudah berkungjung.


 http://diabetesmelitus.obatpenyakit.co.id/mengatur-porsi-makan-untuk-penderita-diabetes/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar