Minggu, 11 Oktober 2015

Selai Kacang, Turunkan Berat Badan hingga Mencerahkan Kulit




Tentu sangat menyenangkan jika makanan yang terasa lezat ternyata juga baik bagi tubuh Anda. Begitulah selai kacang.  Pasalnya, selai kacang memiliki banyak kandungan nutrisi sehat, termasuk vitamin E, magnesium, zat besi, selenium dan vitamin B6. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang secata rutin mengonsumsi kacang ataupun selai kacang lebih minim risiko terseranng penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Selain itu, selai kacang juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang, makan malam ataupun untuk hidangan penutup dan camilan. Jika Anda bukan penyuka selai kacang, beberapa manfaat berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk mulai mengonsumsi selai kacang.
1. Selai kacang adalah makanan yang mengenyangkan. 
Selai kacang mengandung kombinasi 2 gram serat dan 4 gram protein per sendook makan, serta mampu menekan nafsu makan. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi selai kacang untuk sarapan mengalami penurunan nafsu makan hingga 12 jam. Bisa jadi, ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormon Peptide YY, yaitu hormon yang menimbulkan rasa kenyang.

2. Menurut Joy Bauer, MS, RDN, CDN, ahli kesehatan dan nutrisi untukNBC’S Today Show dan founder of Nourish Snacks, selai kacang bisa membantu menurunkan berat badan. Karena, selai kacang mampu mengontrol nafsu makan, sehingga tak heran jika bisa membantu membuat tubuh lebih sehat dan elbih ramping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang memiliki indekss massa tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang tak mengonsumsi kacang atau selai kacang.

3. Kacang merupakan sumber lemak tak jenuh, yang membantu menurunkan kadar Kolesterol jahat. 
Wanita yang makan sedikitnya lima porsi kacang per minggu (satu porsi kacang adalah 1 ons kacang atau 1 sendok makan selai kacang) mengalami 44 persen penurunan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang jarang makan kacang, menurut hasil studi kesehatan Harvard University Nurses’s Health.  

4. Membuat kulit dan rambut lebih sehat dan berkilau. 
Kacang mengandung biotin, vitamin B yang bisa memanjangkan, menjaga keindahan dan kesehatan kulit rambut secara keseluruhan. Selain itu kandungan vitamin E di dalamnya juga mampu memelihara kesehatan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

5. Mengontrol diabetes tipe 2. 
Kacang dan mentega adalah makanan rendah karbohidrat, sehingga dapat emmbantu mencegah lonjakan gula darah. Karena itulah. Selai kacang adalah makanan yang tepat untuk penderita diabetes tipe 2.

Meski selai kacang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi  satu  toples  selai kacang sekaligus. Batasi konsumsi selai kacang dua sendok makan per hari. Selain itu, perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam selai kacang sebelum membeli, pilih yang tak mengandung lemak jenuh dan rendah gula, agar Anda tetap mendapatkan manfaat baik selai kacang


http://health.kompas.com/read/2015/06/23/170500723/Selai.Kacang.Turunkan.Berat.Badan.hingga.Mencerahkan.Kulit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar