Kamis, 04 Februari 2016

36 Waktu Yang Mustajab Untuk Berdoa

Image result for doa

Doa merupakan suatu ibadah yg dapat dilakukan oleh setiap umat manusia dan berdoa jg dpt memberikan kita ketenangan dan doa jg bisa mendekatkan diri kpd tuhan yg maha kuasa karena Allah sangat mencintai para hamba – hambanya yg sering meminta dan berdoa kpd Allah SWT.

Jadi bisa disimpulkan bahwa doa merupakan kewajiban bagi seorang Muslim karena Allah akan menyukainya setiap hamba yg berdoa sehingga kita sangat merugi jika setiap selesai melaksanakan Sholat tetapi tidak berdoa dan meminta kepada Nya. Karena kita bisa dikatakan sebagai hamba yg Sombong.

Seperti firman Allah yg berbunyi:
” Berdoalah kpdku, niscaya akan kuperkenankan bagimu sesungguhnya orang– orang yg menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahannam dlm keadaan hina dina” [QS. Ghafir : 60].

Disini akan dijelaskan dan diberikan ulasan tentang Waktu Berdoa Yg dikabulkan oleh Allah secara lengkap dan jelas sehingga bisa menjadi informasi dan bisa diamalkan oleh kita, tapi perlu diingat bahwa jika kita hanya berdoa saja tanpa mengerjakan perintah- perintah Nya, niscaya akan percuma karena kewajiban utama kita sebagai seorang muslim adalah mengerjakan Sholat 5 waktu.

Waktu – Waktu Berdoa Yang Dikabulkan

1.     Waktu Pertengahan Malam Terakhir
Seperti pada Firman Allah yg berbunyi : ” Sesungguh-nya Rabb kami yg Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam akhir malam lalu berfirman : ” Barang siapa yg berdoa, maka akan Ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti ku akan perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti aku mengampuni-nya ( HR. Bukhari) “.

2.    Waktu Setelah Sholat Wajib
Syaikh bin Baaz berkata. ” Kata Duburush shalat bisa berarti akhir shalat, tetapi sebelum salam, juga bisa berarti sesudah salam. Banyak sekali hadist- hadist yang menunjukkan kepada dua pengertian itu, Namun kebanyakan hadist- hadist itu menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah akhir Sholat, tetapi sebelum salam karena hal itu ada kaitannya dengan Doa “.


3.    Pada Waktu Malam Lailatul Qadar
Dalam Surat Al-Qur’an menjelaskan bahwa” Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada Malam itu turun malaikat– malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbitnya fajar (QS. Al-Qadr: 3-4)”.

4.    Waktu Antara Adzan dan Iqamah, ” Doa tidak akan ditolak antara Adzan dan Iqamah” ( HR. – Abu daud )”.


5.    Pada Saat Turun Hujan, ” Dua Doa yg tidak pernah ditolak : Doa Pada waktu Adzan dan doa pada waktu hujan ” (HR. Hakim).

6.    Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah, ” Ada 2 (dua doa yg tidak bertolak/ jarang tertolak yaitu pd saat Adzan dan Doa saat perang berkecamuk ” (HR. Abu Daud).


7. Waktu pada Saat Hari Jum’at
“Sesungguhnya pada hari Jum’at ada satu saat yg tidak bertepatan seorang hamba muslim sholat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan kepadanya dan beliau bersyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut ( HR. Bukhari)”.
Tetapi dimungkinkan juga bahwa yang dimaksudkan adalah waktu antara Khutbah dan Shalat.

8. Ketika Bersujud dalam Sholat
” Adapun pd waktu sujud, maka bersungguh–sungguhlah berdoa sebab pada saat itu sangat tepat untuk dikabulkan (HR. Muslim)”.

9.Waktu Tidur dalam Keadaan Suci
Saat kita tidur dalam keadaan suci kemudian bangun pada malam hari lalu membaca doa yg ma’tsur (Doa yg datang dari Nabi Muhammad Saw), ” Tidaklah seseorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan duniat atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya ( HR. Ibnu Majah)”..

10. Saat Memanjatkan Doa, ”Laa Ilaaha illa anta Subhanaka inni kuntum minazh-zhalimin” (QS. Al-Anbiya:87)

11.Doa Setelah meninggalnya seseorang
Ketika si mayat baru saja meninggal dunia atau memejamkan mata seperti sabda Nabi Saw ”Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah mendatangi rumah Abu Salamah (Pada hari wafatnya) dan beliau mendapatkan kedua mata abu salamah terbuka lalu beliau memejamkannya seraya bersabda ”Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya", Beliau Bersabda: ”Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yg kamu ucapkan (HR. Muslim)”.

12.Waktu saat ditimpa suatu musibah
Yaitu dengan membaca ”Inna Lillahi wa inna ilaihi Raaji’un Allahumma’ jurnii fii mushibatii, wa akhliflii khairam minhaa”, Artinya ”Sesungguhnya kita adalah kepunyaan Allah dan kepada-nya kita akan kembali. Ya Allah berilah ganjaran dalam musibahku ini dan berikanlah ganti kepadaku yang lebih baik darinya”..

13. Doa Orang Yg Sedang Berpuasa Sampai Berbuka

14. Doa setelah berwudhu

15. Doa pada saat Bulan Ramadhan

16. Doa dari orang tua atas anaknya dan doa seorang musafir

17. Doa orang– orang yang benar– benar dalam keadaan terjepit
"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingat-(Nya)." (QS. An-Naml: 62)

18. Doa Pemimpin yang adil

19. Doa dari orang tua atas anaknya dan doa seorang musafir, "Tiga orang yang doanya pasti terkabulkan: doa orang yang teraniaya, doa seorang musafir dan doa orang tua terhadap anaknya." (HR. Abu Dawud)

20. Doa pada hari Arafah di Arafah

21. Doa seorang muslim untuk saudaranya yang muslim tanpa sepengetahuannya, "Tidaklah seorang muslim beroa untuk saudaranya yang tidak dihadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata:"Amin, dan bagimu seperti yang kamu doakan." (HR. Muslim)

22. Di tempat berkumpulnya kaum muslimin di majelis-majelis ilmu.

23. Doa anak yang berbakti kepada kedua orangtuanya.

24. Ketika minum air zam-zam dengan niat yang tulus.

25. Doa pada hari Arafah di Arafah, "Sebaik-baik doa adalah pada hari Arafah." (HR. At-Tirmidzi)

26. Doa di Shafa.

27. Doa di Marwa.

28. Doa ketika di Muzdalifah

29. Doa setelah melempar Jumrah Ash-Sughra.

30. Doa setelah melempar Jumrah Al-Wustha.

31. Doa di dalam Ka'bah dan orang yang mengerjakan shalat di dalam Hijr Ismail karena ia bagian dari Baitullah.

32. Doa orang yang sedang menunaikan Ibadah Haji

33. Doa orang yang sedang menunaikan Ibadah Umrah

34. Doa yang dipanjatkan setelah memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah serta shalawat atas Nabi pada saat tasyahud akhir

35. Ketika berdoa kepada Allah dengan menyebut nama-Nya yang agung yang mana jika kepada-Nya dipanjatkan doa dengan menyebut nama itu, niscaya Dia akan mengabulkannya dan jika Dia diminta dengan menyebut nama itu pula, niscaya Dia akan memberinya.

36. Doa orang yang banyak berdoa pada saat lapang dan bahagia, "Barangsiapa yang ingin doanya terkabul pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memperbanyak berdoa pada saat lapang." (HR. At-Tirmidzi)
Itulah beberapa Waktu– Waktu doa dikabulkan dan Mustajab yang dapat kami berikan dan jelaskan kepada anda dan semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita menjadi orang yang beriman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar