Selasa, 13 Oktober 2009

Awet Muda Bersama Sirsak

Oleh: Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi

Sirsak punya banyak manfaat. Di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.

Untuk hidup sehat, kita dianjurkan mengonsumsi 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran per hari. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat pangan yang sangat baik. Selain itu, sirsak juga merupakan sumber senyawa fitokimia, yang belakangan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Kita perlu bersyukur karena wilayah kita dilimpahi berbagai macam buah tropis. Buah-buahan tersebut sarat komponen gizi dan non gizi, yang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Salah satu jenis buah tropis yang sangat populer karena aromanya yang tajam serta rasanya yang manis keasaman adalah sirsak. Buah ini sangat mudah dijumpai, mulai dari pasar buah tradisional hingga ke supermarket. Di restoran dan hotel, buah sirsak umumnya disajikan dalam bentuk jus dingin.

Rasanya yang manis keasaman itu memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Bagi yang senang sarapan dengan roti, buah sirsak juga sering ditambahkan dalam bentuk selai. Apapun bentuk olahannya, cita rasa sirsak tetap melekat kuat pada produk, sehingga sangat mudah dikenali.

Kaya Vitamin C

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.
Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 - 93,6 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg/100 g) tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg/l00 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Kaya Serat

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain. ***

http://202.146.5.33/ver1/Kesehatan/0608/15/161830.htm



Manfaat Sirsak



Sirsak (Annona muricata)
berupa tumbuhan atau potion yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedang pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi untuk memperoleh hasil buah yang banyak dan besar-besar, maka yang paling balk ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama Sirsak itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kuranglebih berarti kantung yang asam. Buah Sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui okulasi dan akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.

Nama Lokal :

NAMA DAERAH:
Sirsak (Indonesia) Nangka sabrang, Nangka landa (Jawa) Nangka Walanda, Sirsak (Sunda) Nangka buris (Madura) Srikaya jawa (Bali) Deureuyan belanda (Aceh) Durio ulondro (Nias) Durian batawi (Minangkabau) Jambu landa (Lampung) Langelo walanda (Gorontalo) Sirikaya balanda (Bugis dan Ujungpandang) Wakano (Nusa Laut) Naka walanda (Ternate) Naka (Flores) Ai ata malai (Timor)

Penyakit Yang Dapat Diobati :

Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:

Ambeien
Bahan: buah sirsak yang sudah masak;
Cara membuat: diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas;
Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni
Bahan: buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya;
Cara membuat: semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak;
Cara menggunakan : dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Mencret
Bahan: buah-sirsak yang sudah masak;
Cara membuat: buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya;
Cara menggunakan : diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Anyang-anyangen (sering kecing tetapi sedikit dan terasa sakit)
Bahan: sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya;
Cara membuat: sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas; Cara menggunakan : disaring dan diminum.

Sakit Pinggang
Bahan: 20 lembar daun sirsak;
Cara membuat: direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas;
Cara menggunakan : diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Bisul
Bahan: daun sirsak yang masih muda secukupnya;
Cara membuat: ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata;
Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian bisul.

Komposisi :
Sirsak (Annona muricata) pada setiap 100 gramnya mengandung nilai kalori sebanyak 65 kalori, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 16,3 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 27 miligram, besi 0,6 miligram, vitamin A 10 SI, vitamin B, 0,07 miligram, vitamin C 20 miligram dan zat air 81,7 persen. Di samping itu, pada bagian daun clan batangnya mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, ca-oksalat clan alakaloid murisine.

http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=2453

******************************************

Graviola (Annona muricata)


This is an instance where, if the apocryphal stories are true, one of the greatest discoveries of the century is being suppressed by ‘big pharma’ for the sake of profits and at the cost of many lives.

The story goes that a pharmaceutical company discovered the anti-cancer benefits of graviola during routine screening of rainforest plant extracts, and then spent 8 years trying to create a patentable drug based on the active compound they supposedly identified. They failed, and then locked up the original research for a further 5 years, in order to keep it from rival pharmaceutical companies. The secret supposedly only 'came out' when a key researcher left the company and took up anew job.

That is the story - but how much of it is true? It is surprisingly difficult to separate the facts from the ‘conspiracy theory’ myths.

The graviola tree is found in the Amazon rain forests. It grows to five or six metres, and herbal remedies derived from the bark, leaves, roots, fruit, seeds and flowers of graviola are used traditionally to treat everything from arthritis to liver problems.

Pulps made from the fruit and seeds are used for the elimination of intestinal parasites. Teas made from the root and the bark are used as sedatives and have been shown to help maintain healthy blood glucose levels. Research has now confirmed that graviola is an immune enhancer and has demonstrated dramatic activity against worms, some viruses and fungi. But what of the cancer 'cure'?

Research in vitro has also shown that several of the active ingredients (generically known as ‘annonaceous acetogenins’) kill malignant cells of 12 different types of cancer including breast, ovarian, colon, prostate, liver, lung, pancreatic and lymphoma, without damaging normal cells. Recent research has confirms that extracts from graviola leaves killed cancer cells 'among six human-cell lines' and were especially effective against prostate and pancreatic cancers. Another study showed positive effects against lung cancer.

Another recent study carried out in South Korea has shown that the active compounds in graviola have selective cytoxicity ‘comparable with’ Adriamycin, a drug historically used for breast and colon cancer, although a study published in the Journal of Natural Products claimed that Graviola was possibly ‘10,000 times more effective’ (than Adriamycin). Yet another South Korean study has also shown that unlike Adriamycin, there was no negative effect on healthy cells, and a study carried out in 1997 concluded that graviola extract was effective against cancer cells which had survived classic chemotherapy by developing resistance to chemicals.

Interestingly, some research carried out recently on a relative of graviola, the North American paw paw (asimina triloba) have indicated that the latter may have even stronger anti-tumour effects.

Graviola extracts both from rainforest graviola trees and from paw paw are obtainable on the web and like essiac are not particularly expensive, and so may be worth trying before or alongside conventional therapies. The anecdotal evidence is not particularly strong, but research seems to bear out the contention that extracts do indeed have at least some anti-cancer activity, while not being harmful to health cells. Far more formal research is required in order to confirm anti-cancer activity in vivo, and to quantify any effects, but because of the lack of patentability (and hence, potential profitability), such research is proceeding at a painfully slow pace.

It should be noted that graviola extracts are likely in the longer term kill a large proportion of beneficial intestinal bacteria, and it is suggested that it is not taken for longer than a month or so, and that a course of probiotic capsules should be taken in order to re-establish as far as possible the gut flora.

(If you have personal experience of using graviola, we would like to hear from you with a view to adding your story to this page. Please email us using the ‘contact’ link at the bottom of the page.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar