Jumat, 06 Agustus 2010

ORANG BIJAK MENCARI KEDALAM DIRI SENDIRI


http://mbepz.wordpress.com/



Ketika terjadi konflik, ada yang lalu menuduh kekurangan dan kesalahan orang lain, namun ada pula yang mengintrospeksi diri sendiri. Dari dua cara berbeda ini sudah cukup untuk menilai taraf pencapaian moral seseorang. Seperti kata pepatah, “Tepuk sebelah tangan tidak akan berbunyi.”

Semua perselisihan dan gesekan yang terjadi di dunia ini, tidak mungkin terjadi hanya karena salah satu pihak tidak cukup tinggi pengasuhan dirinya. Sebenarnya kedua belah pihak sama-sama membutuhkan introspeksi diri masing-masing. Maka disaat menghadapi konflik atau perselisihan, dengan memilih menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain, sudah bisa dipastikan hasil akhir sebuah permasalahan.

Di dalam buku Lun Yu, karya Kong Zi banyak membicarakan masalah tentang menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain. “Orang budiman akan mencari ke dalam diri sendiri, sedang orang kerdil akan mencari-cari kesalahan orang lain.” “Lebih banyak memawas diri jarang sekali menyalahkan orang lain, maka akan jauh dari permusuhan” dan lain sebagainya.

Kong Zi berpendapat, dengan ketat mematut diri, berlapang dada memaafkan orang lain, orang yang berperilaku demikian ini barulah bisa menjauhkan diri dari sakit hati dan pertengkaran.

Perbedaan antara orang bijak dan orang biasa adalah, orang biasa cenderung menyalahkan orang lain, sedang orang bijak akan mempersalahkan diri sendiri dan mencari ke dalam diri sendiri atas sebab-sebab timbulnya konflik.

Orang biasa seringkali memafkan diri sendiri demi kepentingan dirinya sendiri, sedang orang bijak senantiasa dengan tulus akan memaafkan orang lain dengan mengabaikan kepentingan diri pribadi.

Ini dapat terjadi mulai dari tingkat tinggi, antara menteri dan presiden, hingga pada persahabatan antar individu. Setelah muncul perselisihan, jika kedua belah pihak sama-sama memiliki pengasuhan diri dan mau mencari ke dalam diri masing-masing, maka segala perselisihan apapun juga tidak sulit untuk diselesaikan.

Jika hanya menyalahkan orang lain, kesalah pahaman dan sakit hati akan semakin menumpuk dan dalam, sehingga perselisihan menjadi meruncing, serta hubungan menjadi retak.

Banyak sekali ketidak harmonisan bahkan kemalangan dalam dunia ini, yang bermula dari perselisihan. Menyesal dan menyalahkan diri sendiri, tetapi terus mengeluh, saling menuduh dan saling menyerang satu sama yang lain.

Jika seseorang bisa sering mengoreksi kekurangan diri sendiri, bisa lebih banyak berpikir demi orang lain, akan terhindar dari banyak sekali pertengkaran yang tidak berarti serta perselisihan yang meruncing. Orang tersebut bisa menggunakan sikap tenang dan damai, demi diri sendiri, masyarakat dan menciptakan lingkungan hidup yang damai bahagia.

Dulu guru sejarah saya pernah berkata, “China adalah sebuah negara dengan peradaban tinggi yang memiliki sejarah 5.000 tahun. Namun, kekuasaan lalim berdarah dan pendidikan pembodohan rakyat yang melawan tradisi Partai Komunis China selama 60 tahun, telah menghabiskan secara tuntas tradisi budi pekerti kebudayaan bangsa China.”

Di abad yang lalu, sekitar tahun 80-an, ketika berada dalam bis umum di Qiqihar, China, saya melihat suatu peristiwa. Seorang pria paruh baya masuk dalam bis yang penuh sesak. Tubuh pria tersebut secara tidak sengaja menyentuh seorang anak muda di sebelahnya. Kalimat pertama yang keluar dari mulut anak muda itu, “Apa Anda tidak punya mata?” Mendengarkan perkataan ini pria itu marah sekali, selanjutnya dua orang tersebut saling pukul hingga hidung dan mulut mereka berdarah. Mereka baru berhenti berkelahi setelah polisi datang.

Akhir 2005, dalam bis umum saat melintasi jalan 726, Beijing, telah terjadi percekcokan antara kondektur perempuan dengan seorang gadis remaja usia 14 tahun, karena masalah penambahan ongkos karcis setelah melewati pemberhentian. Mereka berdua tidak mau mengalah, kondektur perempuan itu dengan keras memukuli gadis remaja tersebut hingga pingsan, dan kemudian tewas karena tidak tertolong.

Apa yang saya temukan saat keluar negeri sungguh menggugah. Saya mendapatkan hal sebaliknya, di negara demokrasi jika ada dua orang yang berada di tempat yang penuh sesak, dan secara tidak sengaja tubuh mereka bersentuhan, mereka tidak akan saling mencaci tetapi justru saling mengucapkan, “Sorry (maaf).”

Dari sini kita dapat melihat, jika selalu mengeluh dan menuduh orang lain sebenarnya adalah membiarkan diri semaunya dan menutupi kesalahan serta menghindar dari tanggung jawab diri sendiri. Jika Anda berbuat demikian hanya akan menimbulkan pertengkaran yang tidak berarti diantara manusia, saling memperdalam kesalah pahaman masing-masing.

Intropeksi diri sebenarnya adalah pemeriksaan secara mendalam terhadap kesalahan diri sendiri, menyalahkan diri sendiri sebenarnya adalah pernyataan maaf terhadap orang lain. Ketika diantara manusia terjadi konflik, hanya intropeksi diri, penyesalan dan menyalahkan diri sendiri yang bisa mengubah kekejaman dan kebiadaban menjadi suasana damai, mengubah permusuhan menjadi persahabatan, baru bisa membuat manusia dengan jujur dan tulus hati menghadapi sesama.

Orang budiman akan menyalahkan diri sendiri, sedang orang picik akan selalu menyalahkan orang lain. Seorang yang budiman akan memeriksa ke dalam dirinya, sedangkan orang yang picik sering kali menyalahkan semua orang dan segala hal kecuali dirinya sendiri, selalu mendongkol.

Seseorang yang sejati dan budiman, jika dalam menghadapi setiap masalah, dia dapat selalu mencari kekurangan dalam dirinya sendiri dan tidak menuduh serta menyalahkan orang lain, maka orang tersebut walaupun tidak berkultivasi dia sudah berada pada jalan kultivasi. (Guan Min/The Epoch Times/lin)

http://www.epochtimes.co.id/kehidupan.php?id=453


“Aku harus dapat hidup dalam kesadaran dan selalu menyediakan waktu pribadi untuk menyendiri setiap hari demi menyimak dan mengamati segala gerak-gerik hidupku sepanjang hari. Aku tidak boleh selalu hidup dalam kesalahan, tanpa sadar untuk memperbaiki, dari demi hari adalah saatnya untuk introspeksi.”

*****

Afirmasi :
Aku harus dapat untuk selalu berintrospeksi diri atas setiap apa yang aku lakukan dan selalu dapat sadar dalam setiap apa yang aku lakukan.

******

Doa :
Tuhan ku yang Maha Sempurna. . . Ampuni dan maafkanlah diriku yang penuh dosa dan kesalahan ini. . .bimbing dan ajari aku untuk hidup dalam kebajikan Mu dan selalu dapat mengingatkan diri atas kesalahan-kesalahanku.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/02/22/introspeksi-diri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar