Senin, 09 Agustus 2010

TEHNIK PENGOLAHAN NAPAS DZIKRULLAH

Oleh Fadhil ZA

Bernapas adalah kebutuhan utama setiap mahluk hidup. Manusia bisa bertahan tidak makan dan minum sampai beberapa hari, namun tidak demikian halnya dengan bernapas. Umumnya manusia hanya mampu menahan napas paling lama selama satu menit. Orang - orang tertentu seperti penyelam, penyanyi atau Qori’ mampu bertahan lebih lama lagi hingga 2 s/d 5 menit. Tentu saja mereka bisa menahan napas sedemikian lama setelah melalui pelatihan dalam waktu yang cukup lama. Otak dan otot jantung manusia akan mengalami kerusakan jika tidak mendapat oxigen lebih dari 5 menit.

Tehnik pengendalian napas diperlukan untuk meningkatkan konsentrasi dan stamina. Perenang, pelari cepat, pelari marathon, petinju, pesilat, penyanyi semuanya mempunyai tehnik pengendalian napas sendiri dibidangnya. Tehnik pernapasan perenang tentu tidak sama dengan penyanyi demikian pula tehnik pernapasan pelari cepat tentu tidak sama dengan tehnik pernapasan pelari marathon. Tehnik pengolahan napas untuk membangkitkan tenaga dalam tentu tidak sama dengan tehnik pengolahan napas seorang penyanyi. Meditasi, yoga, thaici, pelatihan tenaga dalam, penyanyi semua mempunyai tehnik pernapasan sendiri dibidangnya.

Bagaimana tehnik pengolahan napas dapat meningkatkan konsentrasi dan stamina dapat kita lihat dalam contoh kehidupan sehari hari. Seorang ibu yang harus memasukan benang kelubang jarum akan lebih mudah memasukan benang tersebut jika dilakukan sambil menahan napas. Demikian pula seorang penembak atau pemanah, ia akan lebih berkonsentrasi jika saat membidik dilakukan sambil menahan napas. Kalau anda naik ayunan atau kora-kora di Ancol , pada saat ayunan turun anda disarankan untuk berteriak atau menahan napas, jika anda tidak menahan napas atau berteriak niscaya dalam waktu singkat anda akan muntah dan mabuk. Olah ragawan angkat berat juga dianjurkan untuk menahan napas ketika sedang mengangkat beban, jika ia tidak melakukan hal tersebut bisa berakibat serius bagi tubuhnya.

Pengolahan napas dzikrullah

Dzikir mengingat Allah dan berdo’a pada-Nya adalah kegiatan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Allah sangat mencintai orang yang banyak berdo’a dan selalu berdzikir mengingat-Nya. Kendala utama dalam melakukan kegiatan dzikir dan do’a adalah rasa mengantuk, tidak bisa konsentrasi, perasaan bosan dan kaki semutan atau kram, sehingga jarang orang yang sanggup melakukan kegiatan dzikir secara rutin dalam waktu yang lama. Dengan tehnik pengaturan napas yang tepat dan benar semua kendala tersebut bisa diatasi sehingga anda bisa melakukan kegiatan dzikir dan do’a dalam waktu yang cukup lama tanpa merasa mengatuk, bosan atau kaki semutan. Kegiatan dzikir dan do’a terasa mengasyikan dan menyenangkan , sehingga anda sanggup melakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

Dzikir bisa dilakukan dengan menyebut Asmaulhusna, kalimat hasballah , syahadat atau sholawat Nabi diiringi dengan do’a yang diambil dari ayat Qur’an , hadist atau do’a dalam bahasa ibu masing masing. Selama melakukan dzikir dan do’a napas diatur sedemikian rupa sehingga ketika menarik napas paru paru terisi penuh sempurna dan ketika menghembuskan napas paru paru kosong sempurna pula. Ketika menghirup udara kita menghirup oxigen dari udara memenuhi paru-paru selanjutnya oxigen tersebut diangkut oleh darah keseluruh tubuh memenuhi kebutuhan seluruh sel ditubuh kita. Disamping oxigen kita juga menghirup energi kehidupan atau energi hayati yang biasa juga disebut energi Prana, Ki, atau Chi. Energi hayati diserap oleh otak besar kemudian dialirkan melalui saluran saraf ditulang belakang keseluruh tubuh.

Tarik napas perlahan lahan sambil membaca kalimat asmaulhusna misalnya “ya Rahman” , setelah paru paru penuh dengan udara tahan napas dengan mengeraskan otot perut sambil tetap membaca kalimat asmaulhusna tersebut, tahan selama yang bisa dilakukan, kemudian hembuskan napas sambil berdo’a misalnya :
”birohmatika ya arhamarrohimin irhamna” .

Selama menarik, menahan dan menghembuskan napas fikiran dan hati dikonsentrsasikan serta fokus pada kalimat dzikir dan do’a yang dibaca. Rasakan juga energi hayati yang diserap otak besar dan dialirkan pada saluran syaraf di tulang punggung keseluruh tubuh. Ini hanya salah satu contoh dari dzikir pernapasan asmaulhusna. Dalam pelatihan yang kami adakan anda akan dilatih melakukan tehnik pernapasan dengan beberapa kalimat asmaulhusna dan manfaat yang didapat dari dzikir tersebut.

Tehnik yang sama bisa dilakukan untuk dzikir tadabbur Qur’an. Dimana ketika menarik napas bacalah kalimah syahadat ,salawat Nabi , atau kalimat hasballah. Selanjutnya ketika menahan napas baca ayat Qur’an tertentu yang akan ditadabburi. Ketika menghembuskan napas baca do’a yang sesuai dengan ayat yang anda baca ketika menahan napas tadi. Semua metode ini akan lebih jelas lagi jika anda mengikuti pelatihan yang kami adakan. Anda bisa menterapi diri anda dengan ayat Qur’an yang anda baca, sehingga ahlak dan pribadi anda akan terbentuk oleh Al-Qur’an. Terapi dzikir tadabur Qur’an bermanfaat untuk menghilangkan berbagai sifat buruk dan negatif dari diri anda, menambah kedekatan anda dengan Allah pencipta alam semesta, meningkatkan iman dan taqwa, menyiapkan perbekalan untuk kehidupan akhirat membangkitkan semangat kerja dan optimisme menghadapi berbagai masalah kehidupan, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Pengolahan napas dalam sholat

Dewasa ini banyak kita temui orang yang mengerjakan sholat hanya sekedar memenuhi kewajiban saja, mereka mengerjakan sholat hanya sebagai ritual rutin yang kadangkala dilakukan dengan setengah hati. Berdiri , rukuk dan sujud kadangkala mereka lakukan dengan tergesa gesa tanpa ,memperhatikan tu’maninah yang diajarkan Rasululullah.
Dengan pengaturan napas yang tepat dan benar dan memahami detiap ayat dan kalimat yang dibaca dalam sholat diharapkan anda bisa melakukan sholat dengan tenang, tidak tergesa gesa dan sesuai dengan tu’maninah yang diajarkan Rasulullah. Pada prinsipnya selama sholat lakukanlah pernapasan dengan perlahan dan sempurna. Ketika menarik napas paru paru diisi penuh sempurna, dan ketika menghembuskan napas paru paru kosong sempurna. Dengan pernapasan yang dilakukan secara perlahan dan tenang anda akan terhindar dari sifat tergesa gesa dalam sholat.

Pernapasan sempurna akan meningkatkan konsentrasi anda fokus pada ayat yang dibaca, disamping itu juga meningkatkan kadar oxigen yang diserap darah dari paru paru. Peningkatan kadar oxigen dan gerakan yang tenang akan memberikan relaksasi dan meningkatkan kesegaran tubuh. Selama dan selesai sholat anda akan merasakan kesegaran yang mengalir disekujur tubuh. Insya Allah sholat akan dirasakan sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan sehingga sholat tidak lagi dirasakan sebagai beban tapi sholat sudah dirasakan sebagai suatu kebutuhan.

Dalam pelatihan sholat khusuk yang kami adakan disamping tehnik pengolahan napas anda juga akan dilatih untuk menyamakan lisan , fikiran dan hati didalam sholat sehingga anda bisa mengerjakan sholat dengan khusuk. Kebanyakan orang tidak bisa khusuk dalam sholat mulutnya mengatakan A, fikirannya membayangkan B dan hatinya merasakan C. Padahal diluar sholat mereka sudah biasa mengalami kondisi khusuk, misalnya ketika mereka sedang berbicara dengan seseorang melalui handphone pasti yang diucapkan, dibayangkan oleh fikiran dan dirasakan hatinya sama.


Dzikir Pernapasan

Untuk membuka pintu rezeki , kemuliaan dan kelapangan hidup lakukanlah dzikir pernapasan tadabbur Qur’an sebagai berikut dibawah ini. Waktunya bisa dipilih sesudah sholat, pagi hari , sore hari atau menjelang tidur. Usahakan memakai pakaian yang longgar , sehingga tidak mengganggu ketika melakukan kegiatan olah napas.

Ketika menarik napas baca kalimat hasbalah :
Hasbiayallahu wani’mal wakiil, ni’mal maula wa ni’man nashir. Wakafa billahi waliyya , wakafa billahi syahida, wakafa billahi wakiila, wakafa billahi nashiroo
Cukup Allah bagiku Dia sebaik baik pelindung, sebaik baik pemimpin dan sebaiki baik penolong. Cukup Allah sebagai pemimpin, cukup Allah sebagai saksi, cukup Allah sebagai pelindung, cukup Allah sebagai penolong.

Bisa juga dibaca dua kalimah sahadat dan sholawat seperti pada saat duduk tahiyat akhir.

1. Ketika menahan napas baca salah satu dari ayat Qur’an sebagai berikut didalam hati :

AL – ISRAAK AYAT 30

Inna robbaka yabsuthu rizqo limayyasyaa’u wa yaqdir Innahuu kaana bi ibadihi khobiirom bashiiro
Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.
(Al Israak 30)

AL ANKABUT 62

Allahu yabsuthu rizqo limayyasyaa’u wa yaqdir Innallaha bikulli syai’in aliim
Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia (pula) yang menyempitkan baginya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.(Al Ankabut 62)

AS SYURA 12

Lahuu maqooliidus samaawaati wal ardhi . Yabsuthur rizqo limayyasyaa’u wayaqdir. Innahuu bikulli syai’in alimm

Kepunyaan-Nya-lah perbendaharaan langit dan bumi; Dia melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (nya). Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.(As-Syuraa 12)

Ketika menghembuskan napas baca Do’a tadabbur :
Ya Allah kepunyaan Engkaulah perbendaharaan kekayaan dilangit dan bumi , Engkaulah yang melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang Engkau kehendaki hamba mohon padaMu, lapangkan rezeki hamba (kami) selapang lapangnya, jangan Kau sempitkan rezeki hamba (kami), jangan Kau sempitkan hidup hamba (kami), Engkau maha mengetahui dan maha melihat keadaan kami, perkenankanlah permohonan kami ini ya Allah.

Manfaat nya:
• Membuka jalan dan pintu rezeki bagi orang yang dalam kesempitan hidup
• Melindungi diri dari kefakiran dan kemiskinan
• Hidup berkecukupan dan selalu terpenuhi hajat dan kebutuhannya


2. Ketika menahan napas baca surat Fathir ayat 2, sebagai berikut didalam hati :


Maa yaftahillahu linnaasi mirrohmatin falaa mumsika laha, wamaa yumsik falaa mursilalahu mimbad’dihi wahuwal azizul hakim

Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
(Fathir 2)

Ketika menghembuskan napas baca Do’a tadabbur :
Ya Allah apa –apa Rahmat yang Kau bukakan bagi kami tidak ada seorangpun yang dapat mencegahnya, dan apa saja yang Kau tahan dari kami tidak seorangpun yang sanggup membukakannya. Ya Allah bukakan bagi kami pintu rahmat dari sisiMu dengan seluas luasnya, jangan Kau tahan Rahmat dan karuniaMu bagi kami ya Allah, Engkau maha Perkasa lagi maha Bijaksana, perkenankan permohonan kami ini ya Allah.
Manfaatnya antara lain :
• Mendapat rahmat dan karunia dari Allah
• Mendapat kelapangan hidup, dan terpenuhi semua hanjat dan kebutuhannya
• Terpelihara dari fitnah dan kejahatan orang yang dengki
• Terpelihara dari kefakiran, kemiskinan dan kesempitan hidup


3 . Ketika menahan napas baca surat Ibrahim ayat 32 :

Allahulladzii kholaqossamawaati wal ardho wa anzala minassamaa’i maa anfa akhroja bihii minaatsamarooti rizqollakum . wa sakhorolakumul fulka litajriya fil bahri bi amrihi . wa sakhorolakumul anhaar
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu, dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. (Ibrahim 32)

Ketika menghembuskan napas baca do’a tadabbur:

Segala puji bagiMu ya Allah yang telah menjadikan langit dan bumi dan menurunkan hujan bagi kami dari langit , segala puji bagiMu ya Allah yang telah mengeluarkan bagi kami bermacam macam buah buahan sebagai rezeki , dan telah menundukan bahtera yang berlayar dilaut , dan sungai sungai untuk keperluan kami. Ya Allah bukakan bagi kami pintu rezeki dari segala penjuru yang Kau berkahi , bukakan bagi kami pintu rezeki dari langit dan bumi , lapangkan hidup kami selapang lapangnya perkenankan permohonan kami ini ya Allah

Manfaatnya antara lain :

Menamankan kesadaran tentang kebesaran dan kekuasaan Allah

Menamankan kesadaran bahwa Allah yang memberi kehidupan bagi segala mahluk yang ada dilangit dan bumi

Memberi kesadaran bahwa Allahlah yang memberi rezeki pada sekalian mahluk yang ada dilangit dan bumi

Mendapat kecukupan dan kelapangan hidup serta rezeki berlimpah dari sisi Allah
Terpelihara dari kefakiran , kemiskinan dan kemelaratan hidup


4 Ketika menahan napas baca surat Al Israak ayat 70 :

Walaqod karamna bani aadama wahamalnaahum fil barri wal bahri warozaqnaahum minathoyyibaati wa fadholnaahum alaa katsirom mimman kholaqnaa tafdhiilaa
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
(Al Israak 70)

Ketika menghembuskan napas baca do’a tadabbur sebagai berikut didalam hati :
Ya Allah Engkau telah memuliakan bani adam dan mengangkut mereka didarat dan dilautan, dan Kau beri mereka rezeki dari yang baik baik, dan Kau lebihkan mereka dari kebanyakan mahluk yang kau ciptakan. Ya Allah kami mohon padaMu beri kami kemuliaan dan rezeki yang berkah dari sisiMu, beri kami kelebihan yang sempurna atas kebanyakan mahluk yang kau ciptakan, Karuniai kami pemberian sebagaimana yang telah kau janjikan dalam Qur’anMu yang agung ini ya Allah, perkenankanlah permohonan kami ya Allah.

Manfaatnya antara lain:

Menanamkan kesadaran betapa Allah telah memuliakan manusia lebih dari mahluk ciptaannya yang lain

Menamankan kesadaran bahwa Allah yang memberi rezeki dan kemuliaan kepada manusia dan mahluk lainnya

Mendapat kemuliaan dan rezeki yang berkah dari sisi Allah


Mendapat kemudahan dan kelapangan hidup

Terpelihara dari kefakiran, kemiskinan dan kemelaratan hidup
Agar anda dapat melaksanakan dzikir pernapasan tadabbur Qur’an ini dengan tepat dan benar , kami sarankan agar anda mengikuti pelatihan yang kami adakan sesuai jadwal di blog ini.

Insya Allah anda bisa menterapi diri anda untuk memperbaiki mutu kehidupan, meraih sukses dan kemenangan serta mendekatkan diri pada Allah.
http://www.fadhilza.com/2010/05/tadabbur/dzikir-pernapasan-tadabbur-qur%E2%80%99an-untuk-membuka-pintu-rezeki-kelapangan-dan-kemuliaan-hidup.html#more-1190

http://www.fadhilza.com/2010/04/tadabbur/tehnik-pengolahan-napas-dzikrullah.html#more-1156

Tidak ada komentar:

Posting Komentar