Selasa, 02 November 2010

Ma'rifatullah



" Jika seorang hamba menyempurnakan pengertian batiniyah nya tentang keyakinan maka cobaan akan menjadi nikmat bagi nya, Dan kenyamanan menjadi malapetaka."
( Ishaq An Nahrajury )

" Ilmu adalah apa yang membuat mu mampu untuk bertindak dan keyakinan adalah apa yang mendorong mu bertindak."
( Abu Said Al Kharraz )

" Berfikir adalah cermin yang memperlihatkan kepada mu kebaikan kebaikan mu dan keburukan keburukan mu."
( Al Fudhail )

" Barang siapa yang perkataannya mengandung hikmah maka tidak lah sia sia, Barangsiapa yang diam nya adalah tafakkur maka ia tidaklah lengah, Dan Barangsiapa yang pandangannya tidak mengambil ibarat maka itu bermain main."
( Al Hasan )

" Sesungguhnya orang orang yang berakal senantiasa membiasakan dengan berzikir atas berfikir dan dengan berfikir atas zikir sehingga mereka berbicara dengan hati nya, Lalu hati itu berbicara dengan Hikmah."
( Al Hasan )

" Pintu pintu pikiran itu bermacam macam, Pada umumnya orang terpengaruh dengan jalan pikirannya sendiri, Jika pikirannya baik maka amal perbuatannya cenderung baik, Jika pikirannya buruk maka amal perbuatannya cenderung buruk."
( Al Ghozali )

" Adapun menumbuhkan kesabaran yang paling berat ialah mencegah batin dari suara hati, karena itu para salaf lebih memilih untuk mengasingkan diri atau duduk di majelis zikir dan berfikir. karena dengan demikian mereka akan dapat mematahkan bisikan setan dari sudut ke sudut." ( AL GHOZALI )

" Mengapa ALLAH akan menyiksa kamu jika kamu bersyukur dan beriman."
(AN NISA: 147 )

" Dan kami akan memberikan penjelasan kepada orang yang bersyukur."
( ALI IMRON: 145)

" Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah."
( IBROHIM : 7 )

" Semua kenikmatan itu asalnya dari ALLAH. Seseorang yang memberikan sesuatu kepada mu berupa kenikmatan, pada hakikatnya ia di gerakkan oleh kuasa ALLAH. Oleh karena itu syukur atas nikmat itu harus di tujukan kepada ALLAH. Kalau kamu memahami hal hal yang demikian pasti kamu telah ma'rifat (mengenal ALLAH), mengenal kehendak NYA, Kamu akan jadi bertauhid dan bersyukur." ( AL GHOZALI )

" Sesungguhnya jika di uraikan maka betapa panjang dan banyak sekali karunia nikmat ALLAH yang melekat pada diri mu. Jika engkau telah menghitung hitung karunia kenikmatan yang dekat dengan mu, maka cobalah untuk keluar dari diri mu. artinya engkau saksikan bumi dan seisinya. semuanya adalah karunia nikmat yang luar biasa dari ALLAH. Bagaimana engkau bisa bersyukur jika engkau tidak merenungkan ciptaan ALLAH ?." ( AL GHOZALI )

" Bumi bentuknya bulat, berputar siang dan malam. ALLAH menggerakkan bumi ini merupakan karunia yang besar bagi manusia. Jika seandainya ALLAH menghentikan putaran bumi selama 24 jam, maka bagian bumi yang menghadap ke matahari akan mengalami siang yang sangat panjang. betapa temperatur udara akan meningkat cepat dan mampu mencapai 100° celciius. apa yang ada di bagian bumi yang mengalami siang akan hancur dan terbakar. Sedangkan bagian yang tidak terkena matahari akan berubah dingin dan membeku menjadi es. Tetapi ALLAH tidak menghendaki demikian. ALLAH memberi karunia nikmat kepada hambanya sehingga menggerakkan siang dan malam secara rutin, bumi beredar tepat pada waktunya." (AL GHOZALI)

" Bumi berputar pada porosnya dan pada orbitnya dalam mengelilingi matahari, kadangkala condong ke utara sehingga musim panas terjadi di daerahutara katulistiwa, sekali waktu condong ke selatan sehingga terjadi musim panas di daerah belahan selatan katulistiwa berarti di belahan utara mengalami .musim dingin. dampak dari pergantian musim ini maka berjuta juta jenis tumbuhan di permukaan bumi mengalami perubahan juga. semua yang tidak berbunga menjadi berbunga lalu berbuah dengan begitu akan mendatangkan kenikmatan bagi manusia. Kemudian pikirkanlah mengapa air laut itu asin ? Apakah tujuannya sehingga ALLAH menciptakan demikian ? mengapa tidak tawar saja ? sesungguhnya yang demikian merupakan karunianya yang besar kepada kita. Menurut ilmu pengetahuan bahwa semua benda yang ada di daratan bumi akan rusak dan hancur jika bercampur dengan air asin. setiap hari berjuta juta ton kotoran tumpah ke laut. kotoran dari daratan menuju sungai dari sungai di angkut menuju ke laut, bayangkan seandainya air laut tawar maka sampah di sana tentu akan membusuk dan menciptakan bakteri penyakit. dalam waktu singkat wabah akan menyerang manusia dan tentu manusia pun bergelimpangan karena terserang penyakit." ( AL IMAM GHOZALI )



http://peperonity.com/go/sites/mview/zulkifli/27661928

Tidak ada komentar:

Posting Komentar