Senin, 19 November 2012

Doa agar Terhindar dari GALAU



Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada baginda Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Hampir setiap orang pernah mengalami galau. Karena tabiat manusia sering berdosa. Dan dosa menjadi sesuatu yang tak bisa lepas dalam kehidupan manusia. berdosa juga menjadi tanda akan insaniyahnya. Karena setiap manusia pastilah berdosa sehingga dia harus menunduk dan merendahkan diri bertaubat dan memohon ampunan kepada Tuhannya.
Sungguh Islam datang sebagai solusi atas segala permasalahan, asalkan kita mau belajar dan bersungguh-sungguh mengkajinya dengan benar. Maka berbahagialah orang-orang yang senantiasa dekat dengan ilmu, orang berilmu, atau senantiasa mengkaji dalam halaqah-halaqah ilmu. Karena dengan ilmulah kita bisa menjadi lebih bijak.

Berikut ini Rasulullah mengajarkan kepada kita obat anti galau yang terangkum dalam kisah menarik:

“Abu sa’id al-Khudri RA berkata, “Pada suatu hari Rasulullah SAW masuk masjid, tiba-tiba beliau berjumpa dengan seorang Anshar bernama Abu Umamah. 

Rasulullah bertanya, “Wahai Abu Umamah, mengapa kamu duduk-duduk di Masjid di luar waktu shalat?”, 

Abu Umamah menjawab,” karena kegalauan yang melanda hatiku dan utang-utangku, wahai Rasulullah”. 

Rasulullah bersabda, “ maukah aku ajarkan kepadamu beberapa bacaan, yang bila kamu baca, niscaya Allah akan menghilangkan rasa galau dari dirimu dan utang-utangmu?”. 

Abu Umamah berkata “Tentu mau, wahai Rasulullah.” 

Rasulullah bersabda “Pada waktu pagi dan sore ucapkanlah:

Dan akhirnya diajarkanlah pada sang Sahabat itu doa yang mungkin sebagian dari pembaca sudah tau dan bahkan hafal yaitu:

"Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan
wa audzubika minal ajzi wal kasal
wa audzubika minal jubni wa bukhl
wa audhubika min gholabatiddaini wa qohrir rijal"
 
Artinya :

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari rasa gelisah dan sedih
dan aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas
dan aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan bakhil (pelit)
dan aku berlindung kepada-Mu dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan orang lain"

Rasululloh menganjurkan agar Abu Umamah membacanya setiap hari pagi dan sore. Dan riwayat menceritakan bahwa Abu Umamah melakukan hal itu dan ternyata benar! 

Sejak mengamalkan doa-doa itu secara disiplin dan konsekuen, Allah menghilangkan rasa galau dari dirinya dan hutang-hutangnya juga terlunasi.
Dikeluarkan oleh abu Dawud  (Shahihul Jami’ 1300)


Doa dibawah ini mengubah hati galau menjadi bahagia

"Allahumma inni a’udzu bika minal-‘ajzi wal-kasali wal-jubni wal-bukhli wal-harami wa ‘adzabil-qabri.
Allahumma ati nafsi taqwaha, wa zakkiha anta khairu man zakkaha, anta waliyyuha wa maulaha.
Allahumma inni a’udzubika min ‘ilmin la yanfa’u, wa min qalbin la yakhsya’u, wa min nafsin la tasyba’u, wa min da’watin la yustajabu laha. “

Artinya ;

Ya... Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, sifat malas, penakut, sifat bakhil, kerentanan, dan siksa kubur.
Ya Allah, berikanlah ketakwaan kepada jiwaku, dan sucikanlah ia, Engkaulah penolong dan pelindungnya.
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak pernah puas dan doa yang tidak di kabulkan.”

 “Allahumma ashlihlii diinii lladzii huwa .ishmatu amrii, wa ashlihlii dunyaya llatii fiihaa ma.asyii, wa ashlihlii akhirotii llatii fiihaa ma.adii, waj.alilhayaata ziyaadatan lii fii kulli khair, waj.alil mauta raahatan lii min kulli syarr.” (HR. Muslim)

Artinya :

Ya Allah perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Allah kehidupan ini penambah kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejelekan. 


“Allahumma rahmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ainin wa ashlihlii sya.nii kullahu, laa ilaha illa anta.”

Artinya :
Ya Allah hanya rahmatMu aku berharap mendapatkannya. karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau 

Allahumma Yaa mukollibal kulub, sabbit kolbii alaa diinik...
Allahumma Yaa mukollibal kulub, sabbit kolbii alaa Toatik...
Allahumma Yaa mukollibal kulub, sabbit kolbii alaal iimaan...




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar