Kamis, 15 November 2012

Hijrah, Inspirasi untuk Perubahan



Hijrah dalam pengertian khusus, seperti yang dilakukan oleh Nabi beserta sahabat-sahabatanya, dari Mekah ke Madinah itu telah usai dan merupakan kisah masa lampau. Hijrah juga menunjukkan sikap Islam yg terbuka dan berwawasan luas. Ia mendorong umatnya untuk mengembara di muka bumi, baik untuk menemukan bukti-bukti kekuasaan Allah maupun untuk mencari kehidupan yg lebih baik. Bumi Allah ini luas dan seorang muslim tidak perlu takut terlantar karena hijrah. Nabi telah mencontohkan, ketika meninggal tanah kelahirannya (mekah), beliau malah menemukan tempat lain (Madinah) yang justru membuatnya dapat menegakkan risalah Islam dgn sebaik-baiknya.

Jadi pengertian hijrah tidak hanya berpindah dari satu tempat ketempat lain, dalam makna luasnya Hijrah berarti menanggalkan hawa nafsu syaitan dan kebiasaan buruk dan menggantikannya dgn mengenakan pakaian nilai-nilai akhlak luhur dan mulia, baik dalam kaitan hubungan antara manusia maupun hubungan dgn Tuhan manusia.
  
Peristiwa Hijrah dapat dijadikan momentum untuk segera meninggalkan dan memerangi hawa nafsu. Perang terhadap hawa nafsu ini merupakan target utama Hijrah dan jihad dalam Islam. Namum dari itu kita jugalah yg akan memulai untuk menjadi yg terbaik. Lebih baik berbuat di keritik, daripada tak berbuatpun kita di kritik, teruslah menjadi yg terbaik,

Allah swt berfirman, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yg menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yg makruf dan mencegah dari yg munkar; merekalah orang-orang yg beruntung.” (QS. Ali Imran: 104). 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa diantara kamu melihat suatu kemunkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dgn tangannya, jika tidak mampu maka dgn lisannya, jika tidak mampu pula, maka dgn hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim)

Memaknai hijrah secara substantif merupakan langkah baru untuk melakukan perubahan ke arah yg lebih baik. Memperingati Tahun Baru hijriyah ini sepatutnya menjadi momentum untuk memasuki era baru untuk melakukan perbaikan dan perubahan dalam segala aspek kehidupan, baik individual maupun sosial, sehingga terwujud  kemaslahatan umat yang lebih luas.

SELAMAT TAHUN BARU HIJRIYAH 1434, SEMOGA MENJADI TONGGAK BARU UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar