Rabu, 03 April 2013

Orang Besar Berpikir Besar



Kita besar dengan berpikir besar. Kita kecil bila berpikir kecil. Keterbatasan kita adalah pikiran kita. Mimpi diberikan kepada kita, agar kita bisa berpikir besar. Mulailah dari pikiran kita. Keberhasilan semata-mata bagaimana Kita meletakkannya dalam pikiran. Tidak ada yang salah pada lingkungan sekitar. Tidak pula salah pada waktu kita. Semua memberikan tempat dan kesempatan bagi Kita untuk meraih keberhasilan. Tinggal Kita mengambil langkah pertama, yaitu berpikir besar.

Tak ada yang salah pada katak yang merindukan bulan. Tak ada yang salah pada kera yang ingin menjadi dewa. Jangan hiraukan ucapan orang lain. Bergaulah dengan orang-orang yang berkepribadian besar. Perlakukanlah diri kita dengan penuh rasa hormat, maka orang lain akan menghormati kita sebagai orang besar.

Tetaplah bergerak maju, sekalipun lambat. Karena dalam keadaan tetap bergerak, Kita akan menciptakan kemajuan. Adalah jauh lebih baik bergerak maju, sekalipun pelan daripada tidak bergerak sama sekali.

Dalam hidup kita sering merasa buntu hanya karena kita ingin mengambil satu langkah yang terlalu besar, langkah raksasa. Akibatnya, masalah kita jadi terlihat besar sekali, kompleks dan tak terselesaikan. Hasilnya, Kita hanya termenung dan tidak bergerak.

Sabar dan coba mundur sebentar. Perhatikan tantangan kita. Tidaklah lebih memungkinkan bagi Kita untuk mengambil langkah-langkah pendek terus menerus, ketimbang berusaha menelan semua masalah sekaligus. Satu langkah kecil demi langkah kecil, asalkan Kita masih memiliki hari esok dan masih ingin bergerak maju. Dan bukan berhenti.

Ingatlah orang besar berpikir besar juga! Lagipula, setiap hari kita berpikir, mengapa tidak berpikir hal yang besar sekalian??


Budiono Lie
Director PT. Total Quality Indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar