Rabu, 11 September 2013

Shalat Istighfar



Shalat Istighfar adalah semacam shalat taubat. 

Manfaat shalat ini dapat menghilangkan kegelisahan dan keresahan dalam hati. Selain itu dapat membuka pintu dan peluang rizki yang tak terduga sebelumnya. Telah banyak kaum mukminin yang mempraktekkannya. Kita bisa praktekan shalat ini di tengah-tengah keluarga kita yang tentunya mendambakan kebahagian di dunia dan akhirat. Shalat ini diajarkan oleh Rasulullah saw dan keluarganya yang suci.

Shalat ini bisa dilakukan di siang hari atau malam hari. Shalat ini dan caranya saya kutip dari kitab Mafatihul Jinan, kunci-kunci surga.

Dalam kitab ini disebutkan:
“Jika Anda merasa sempit dalam kehidupan, dan sulit menemukan solusi dalam persoalan yang Anda hadapi, maka jangan tinggalkan shalat ini.”
Cara shalat ini: Lakukan shalat dua rakaat, dengan niat memohon ampunan Allah swt. Setiap rakaat sesudah surat Fatihah membaca surat Al-Qadar. Sesudah membaca surat Al-Qadar membaca Istighfar (15 kali), yaitu
اَسْـتَغْفِرُاللهَ
Astaghfirullâh
Aku mohon ampun kepada Allah
Bacaan Istighfar ini juga dibaca masing-masing (10 kali) pada setiap ruku’ (sesudah membaca tasbih), i’tidal, sujud (sesudah membaca tasbih), duduk di antara dua sujud, dan duduk untuk berdiri. Sehingga dalam dua rakaat jumlahnya 150 istighfar.
Selamat mencobanya, semoga kita dan keluarga kita dibahagiakan oleh Allah swt, dicurahkan karunia dan rahmat-Nya, dan dijaga dari yang tidak kita inginkan. Amin ya Rabbal ‘alamin.
Wassalam
Syamsuri Rifai



Catatan :

Niat shalat istighfar bisa menggunakan bahasa Indonesia:

“Saya niat melakukan shalat istighfar dua rakaat untuk mendekatkan diri kepada Allah.”

Bahasa arabnya: 

“Ushalli sunnatal istighfar rak’atayni qurbatan ilallah.”


 http://syamsuri149.wordpress.com/2008/03/03/shalat-istighfar/

4 komentar:

  1. Alhamdullillah tambah pengetahuan dan amal kita

    BalasHapus
  2. Alhamdullillah tambah pengetahuan dan amal kita

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah.... Semoga di balas Allah dg melimpah ruah Rahmat dan rejeki

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah.... Semoga di balas Allah dg melimpah ruah Rahmat dan rejeki

    BalasHapus