Senin, 16 Maret 2015

Ginseng Dapat Membantu Melawan Flu


Ginseng-roots

image source: inlifehealthcare


Akar ginseng telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan di Asia, termasuk untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Para peneliti Amerika kini menunjukkan bahwa herba ini terbukti dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan influenza.
Tim yang dipimpin oleh Sang-Moo Kang dari Georgia State University menguji efek ginseng pada infeksi virus influenza A yang menginfeksi sel-sel epitel paru-paru manusia (sel-sel jaringan yang melapisi rongga paru-paru). Dalam percobaan itu, tikus yang sakit flu mendapatkan jus ginseng. Hasilnya: sel paru-paru tikus yang diobati dengan ekstrak ginseng lebih tahan terhadap infeksi flu dan lebih cepat sembuh daripada yang tidak menerima.

Studi molekuler rinci menunjukkan bahwa ginseng menghambat proses inflamasi dalam sel-sel epitel. Para peneliti juga menemukan bahwa ginseng merangsang sistem kekebalan tubuh dan memproduksi protein tertentu yang bertindak melawan virus dan menetralisasi peradangan pada bronkus tikus.

Saat ini, Kang dan rekan-rekannya menyelidiki apakah ginseng efektif melawan infeksi RSV (respiratory syncytial virus) yang menginfeksi paru-paru dan saluran udara dan menyebabkan peradangan. Hasil awalnya positif, ekstrak ginseng tidak hanya menghambat proses inflamasi dalam sel paru-paru, tetapi juga memperlambat replikasi virus.

Virus influenza selalu berubah sehingga menyulitkan pencegahannya dengan vaksinasi. Terapi ginseng efektif terhadap jenis virus apa pun. Namun, berapa banyak ekstrak ginseng yang diperlukan untuk mencegah influenza pada manusia dan sejauh mana penyakit itu dapat diobati, masih memerlukan penelitian lebih lanjut di masa mendatang.

Ditulis oleh dr Salma



——————————
Sumber: Kang, SM et al, “Immunomodulatory activity of Red Ginseng against Influenza A Virus Infections”, Nutrients, June 2014th.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar