Selasa, 31 Maret 2015

Keistimewaan dari Sholat Sunnat Tahajjud

Shalat Tahajjud adalah shalat sunnah yang dilakukan seseorang setelah dia bangun dari tidurnya di malam hari, meskipun tidurnya hanya sebentar. Sangat ditekankan apabila shalat ini dilakukan pada sepertiga malam yang terakhir, karena pada saat itulah waktu dikabulkannya doa.

Hukum shalat Tahajjud adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan). Shalat sunnah ini telah tetap berdasarkan dalil dari Al-Quran, Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, & ijma' kaum Muslimin.

Keistimewaan Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud memiliki sekian banyak keutamaan dan keistimewaan sehingga seorang penuntut ilmu sangat ditekankan untuk mengerjakannya. Keistimewaannya adalah :

  1. Shalat Tahajjud adalah sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Sebaik-baik puasa setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram, & sebaik-baik shalat setelah shalat nan fardhu adalah shalat malam

  2. Shalat Tahajjud merupakan kemuliaan bagi seorang Mukmin.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Malaikat Jibril mendatangiku, lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, hiduplah sekehendakmu karena kamu akan mati, cintailah seseorang sekehendakmu karena kamu akan berpisah dengannya, & beramallah sekehendakmu karena kamu akan diberi balasan, dan ketahuilah bahwa kemuliaan seorang Mukmin itu ada pada shalat malamnya serta tak merasa butuh terhadap manusia"

l  3. Kebiasaan orang nan shalih.
l  4. Pendekatan diri kepada Allah Ta'ala.
l  5. Menjauhkan dosa.
l  6. Penghapus kesalahan.
l
l---
àKeempat keutamaan ini (poin 3-6) terangkum dalam sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal taqarrub bagi kalian kepada Allah, menjauhkan dosa, dan penghapus kesalahan

  7. Shalat malam adalah wasiat nan pertama kali Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sampaikan kepada penduduk Madinah ketika beliau memasukinya. 

Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Wahai manusia Sebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah silaturahmi, dan shalatlah di malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat

  8. Shalat malam sebagai sebab diangkatnya derajat seseorang.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ketika ditanya tentang tingkatan dalam derajat.

Memberi makan, ucapan nan santun, dan shalat di malam hari ketika orang lain tidur

  9. Dapat menguatkan hafalan Al-Qur-an, membantu bangun untuk shalat Shubuh, mencontoh generasi terdahulu, dan lainnya.


Untuk doa yang dibaca setelah sholat tahajud adalah:

Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa rasulullah jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati walardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal-haqqu wa liqaa’uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun, waass’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a’lantu antal muqaddimu wa antal mu’akhiru la ilaaha illa anta aula ilaaha gairuka wa laa haula quwwata illa billah.

Artinya:

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta beserta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahay langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engakaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar, dan surge adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan Nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan ynag terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”

selain itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan dzikir kepada Allah sehingga komunikasi kita terhadap sang Pencipta akan dapat dirasakan

Sholat tahajud memang sangat sulit dilaksanakan bagi yang jarang melaksanakannya. Namun hal ini tergantung dari niat dari diri kita masing-masing. Jika kita telah berkata "males" maka akan sangat sulit bagi kita untuk bangun pada malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud ini. Namun bila sebelum kita tidur kita telah mengecamkan niat untuk bangun pada tangah malam melaksanakan sholat Tahajud maka Insya Allah, Allah akan memberi kemudahan.

Marilah mulai dari sekarang kita biasakan untuk melakukan sholat tahajud ini, sungguh sangat rugi bila kita tinggalkan sebuah sholat (walaupun hanya sholat sunnah) yang memiliki banyak keistimewaan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar