Kamis, 06 Desember 2012

Hari Jum'at




Al-qur'an Surah Al Jum'ah ayat 9 :

" Hai orang-orang yg beriman, apabila diseru utk menunaikan shalat pd hari jum'at, maka bersegeralah kamu kpd mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yg demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Hari Jum'at merupakan karunia dari Allah utk umat ini yg telah dijadikan sbg umat terbaik yg dikeluarkan di tengah2 manusia.

Allah mengutamakan hari ini di atas hari2 dlm satu pekan, lalu Dia mewajibkan kpd orang Yahudi dan Nashrani utk mengagungkannya. Tapi, mereka melanggarnya dan memilih hari selainnya, shg mereka tersesat dan tidak mendapat petunjuk. Kemudian Allah menunjuki umat ini kpd hari yg mulia ini dgn mengagungkannya.

Dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, beliau mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Kita adalah orang terakhir, namun yg pertama pd hari kiamat, meskipun mereka telah diberikan kitab sebelum kita. Hari ini (Jum'at) adalah hari yg telah Allah wajibkan atas mereka, namun mereka menyelisihinya. Maka Allah menunjuki kita akan hari itu shg orang2 mengikuti kita dlm hari ini, sementara orang2 Yahudi besok dan orang2 Nashrani besoknya lagi (lusa)." (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, al Nasai)

Maksud "kita sbg orang terakhir" adalah sbg umat terakhir keberadaannya di dunia. Namun di akhirat akan mendahului mereka. Yaitu menjadi umat pertama yg dihimpun di Mahsyar, umat pertama yg dihisab, umat pertama yg diadili, dan umat pertama yg akan masuk surga.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya di antara hari kalian yg paling afdhal adalah hari Jum'at. Pd hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pd hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah shalawat di hari Jum'at, karena shalawat akan disampaikan kpd-ku…." (HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus)

Shalawat termasuk ibadah yg paling afdhal. Dan dilaksanakan pd hari Jum'at lebih utama daripada dilaksanakan pada hari selainnya, karena hari Jum'at memiliki keistimewaan di bandingkan hari yg lain. Dan melaksakan amal yg afdhal pd waktu yg afdhal adalah lebih utama dan lebih bagus.

Setiap kebaikan yang diperoleh seorang hamba dlm urusan diennya adalah berkat jasa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau telah berjuang dgn sungguh2 utk mendakwahkan dan menyebarkan Islam. Berkat kerja keras beliau dlm dakwah, kesabaran dan ketabahan dlm menghadapi ujian dan tantangannya, Islam bisa sampai kpd kita. Sebagai bentuk syukur dan terima kasih kita kpd beliau, Allah perintahkan bershalawat utk beliau shallallahu 'alaihi wasallam.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat2-Nya bershalawat utk Nabi. Hai orang2 yg beriman, bershalawatlah kamu utk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kpd-nya.” (QS. Al-Ahzab: 56)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar