Kamis, 30 Juli 2009

Amerika Serikat Merencanakan Uji Coba Vaksin Flu Babi


Uji coba vaksin flu babi H1N1 yang baru akan dimulai di delapan pusat kesehatan dan klinik universitas bulan depan, dimulai dengan beberapa vaksin yang dibuat oleh Sanofi Aventis dan CSL Ltd, kata beberapa pejabat kesehatan AS.

Putaran pertama akan diuji pada orang dewasa, namun secepatnya akan dilakukan pula pada anak-anak, "kata Dr. Karen Kotloff dari University of Maryland, yang akan memimpin salah satu uji coba tersebut.

Meskipun beberapa produsen vaksin telah mengeluh bahwa vaksin H1N1 tidak mudah dibuat, Kotloff mengatakan, itu akan cukup. "Saya telah diberitahu bahwa ada vaksin yang cukup untuk melakukan penelitian-penelitian," kata Kotloff dalam wawancara telepon.

Uji coba tersebut, kemungkinan akan dimulai 10 Agustus mendatang, semestinya tidak ada kesulitan untuk mendaftarkan para relawan, katanya. "Ada kesepakatan bagus yang menarik,"
H1N1 telah menyebabkan pandemik influenza yang pertama kalinya pada abad ke-21, tersebar secara global hanya dalam beberapa minggu dan menjangkiti jutaan orang.

Tampaknya sedikit berbeda dari flu musiman biasa---yang menyebabkan penyakit parah pada orang dewasa dan anak-anak remaja, demikian pula pada beberapa kelompok yang berisiko tinggi termasuk ibu hamil serta orang dengan asma dan diabetes.

Hal itu kelihatannya juga menyebabkan penyakit serius pada penderita obesitas, walaupun sebagian besar peneliti belum mengkonfirmasi hal ini, dan orang dewasa kemungkinan memiliki kekebalan terhadap hal tersebut. Tetapi kebanyakan penduduk memiliki sedikit atau tidak sama sekali kekebalan melawan ancaman baru tersebut.

Penelitian pertama akan melihat apakah satu atau dua dari 15 microgram dosis vaksin H1N1 yang diperlukan untuk melindungi orang dewasa yang sehat dari influenza. Peneliti juga akan menguji dosis 30 microgram.

Jika sedikit vaksin yang diperlukan untuk melindungi masyarakat, maka lebih banyak orang dapat divaksinasi. Belum jelas berapa banyak dosis yang mampu diproduksi perusahaan.
Peneliti juga akan memeriksa keselamatan dan respon kekebalan pada orang dewasa sehat dan relawan lanjut usia yang diberi vaksin flu musiman dengan 15 microgram dosis vaksin H1N1 2009.

"Jika informasi awal dari penelitian tersebut mengindikasikan bahwa vaksin tersebut aman, uji coba yang sama pada anak-anak sehat (usia 6 bulan sampai 17 tahun) akan mulai," Lembaga Nasional Penyakit Menular dan Alergi, yang akan mengawasi uji coba tersebut, mengatakan dalam sebuah statemen.
"Data-data ini akan menjadi faktor penentu keputusan tentang bagaimana dan apabila pelaksanaan program imunisasi flu H1N1 2009 gagal," direktur Lembaga tersebut, Dr Anthony Fauci, mengatakan dalam pernyataannya.

Para pejabat kesehatan global telah mengatakan bahwa kampanye-kampanye vaksinasi H1N1 kemungkinan dapat dimulai Oktober mendatang. (erabaru/nik)

http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/3339-amerika-serikat-merencanakan-uji-coba-vaksin-flu-babi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar