Minggu, 19 Juli 2009

Paulus Herlambang's Wisdom

BLOG INI berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (Quotations), Ringkasan (Summaries), dan Pemahaman (Insights). Semuanya itu membentuk Kearifan (Wisdom) di dalam diri saya. Silakan tekan tombol 'End' untuk kembali ke BLOG UTAMA.

18 Juli 2009

Seni Berkomentar

Komentar tentu dibutuhkan dari orang yang menguasai masalah. Akurasi komentar sangat membantu menyelesaikan masalah. Tetapi tidak semua orang layak berkomentar dan tak ada orang yang memiliki kemampuan mengomentari semua masalah. Dibutuhkan kerendahan hati agar tak mengomentari sesuatu yang tidak dipahami secara pasti. ~ Hilman Tea

Penjelasan oleh Hilman Tea:

* Untuk mengomentari masalah tertentu, manusia dituntut menggunakan hati (nurani) yang cenderung pada kejujuran. Tanpa bimbingan hati, kebenaran yang ditangkap oleh penglihatan dan pendengaran bisa jadi dibelokkan.

* Sebaiknya tidak memberikan komentar terhadap sesuatu yang tak dipahami dengan pasti. Ada implikasi negatif jika komentar hanya didasari dorongan nafsu. Kehidupan akan semakin kacau karena komentar tak didasari ilmu pengetahuan dan hati nurani.

05 Juli 2009
Orang Seperti Apa yang Bisa Disebut Kaya?

Orang yang banyak hartanya tetapi tidak puas dengan hidupnya tidak bisa disebut kaya. ~ Anonim

Komentar saya:
Dengan kata lain, orang yang puas dengan hidupnya bisa disebut kaya, walaupun tidak banyak harta. Begitu?

Komentar teman-teman facebook:

Fanny Rosali at 11:20am June 27, 2009
Menurut saya, orang kaya adalah orang yang hatinya bahagia dengan apa yang dipunyainya dan dapat membagi sesuatu yang dia punyai tersebut kepada orang lain. Bukan cuma harta tapi bisa perhatian, pengetahuan bahkan senyuman sekalipun yang dapat membuat orang lain juga berbahagia. Jadi kaya tidak identik dengan harta.

Haryo Aswicahyono at 12:41pm June 27, 2009
Saya setuju dengan komentar Paulus bahwa kaya tidak identik dengan kepuasan hidup, tapi bagi si miskin, materi lumayan memberi istirahat sejenak bagi penderitaan.

Mardiana Daoed at 5:04pm June 27, 2009
Kaya hati lebih mulia daripada kaya harta. Karena kaya harta tidak jaminan membuat tenang, nyaman dan bahagia.

Benie Tjandra at 3:48am June 30, 2009
Paulus, memang begitu adanya, seperti Michael Jackson. Dia maunya jadi orang terkaya, akhirnya jadi termiskin karena malah hutangnya yang ratusan juta dollar. Dia tidak menikmati hidup yang benar dan berkenan kepada Allah. Kasihan dia, salah pakai talentanya.

1 komentar: