Sabtu, 18 Juli 2009

Kesuksesan sebuah Blog

Sebuah email dari seorang sahabat menginspirasiku untuk tulisan kali ini. Kalimat penutup yang bertuliskan “Sukses terus yah untuk blognya” membuatku berpikir, bagaimana sih sebuah blog dikatakan sukses? Tidaklah mudah berbicara kesuksesan sebuah blog. Kita dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang seperti komentar, traffic, ranking, jumlah yang subscribe ke rss feed, lamanya ngeblog atau ada yang menyebutkan dari jumlahnya $ yang bisa kita raih dari internet. Namun tidak ada patokan yang jelas.

Jika 100 komentar per post dijadikan ukuran kesuksesan sebuah blog, bagaimana halnya dengan blognya Seth Godin yang tidak membuka jalur komentar namun masuk dalam 100 blog paling populer? (Beliau lebih memilih jika orang mau berkomentar tentang postingannya silakan pasang trackback – dan itu artinya tentu saja harus punya blog terlebih dahulu). Lagi pula… jumlah bukan hal yang bisa diagungkan. 100 komentar per post mungkin tidak berarti apa-apa bagi blog celebs macam blognya Maia yang bisa mencapai 1000 komentar per post!

Bagaimana dengan traffic? Menurutku juga tidak bisa dijadikan ukuran. Sekedar catatan, sampai postingan ini ditulis, blog ini mencatat 395 unique traffic yang mendarat di blog ini dengan keyword “bugil“. Hanya karena beberapa kata bugil tanpa optimization dapat mendatangkan traffic sejumlah itu. Bisa dibayangkan bagaimana padatnya lalu lintas sebuah blog jika ingin mendatangkan traffic dengan mengoptimalkan keyword yang paling populer sepanjang masa itu.

Ranking? RSS feed? Online earning? Menurutku sih sama saja… jumlah bukan ukuran yang bisa diagungkan. Toh selalu saja ada jalan pintas untuk mengakali semua itu… (Walaupun sebenarnya jalan pintas itu adalah hanya sepenggal jalan pendek dari sebuah jalan yang panjang).

Blogger adalah penyampai cerita. Masing-masing blogger mempunyai tujuan atau alasan sendiri untuk ngeblog. Dan sukses ngeblog adalah bila tujuan blogger itu tercapai atau sudah pada jalur yang benar untuk mencapai tujuan. Juga bila alasan ngeblognya terpuaskan (dari segi batin). Dan bila sudah begini maka yang bisa mengukur dalamnya hati kesuksesan ngeblog adalah diri sendiri…

Nah, bagaimana menurutmu sebuah blog dikatakan sukses?

Andaka.com | My Blog, My Rules : What’s the story morning glory?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar