Rabu, 23 November 2011

Apa itu Kebahagiaan ???




Kebahagiaan suatu hal yang senantiasa dicari oleh setiap insan di dunia. Sebab dengan bahagia itu manusia dapat mencapai kepuasan batin yang tertinggi. Karena itulah setiap manusia selalu berjuang dan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh kebahagiaan yang sejati.

Namun dalam kehidupan ini ternyata banyak orang yang gagal dalam usahanya memperoleh kebahagiaan, sehingga mereka sering mengalami berbagai penderitaan yang dahsyat dalam hidupnya. Kenyataan seperti itu sungguh banyak kita saksikan dalam kehidupan masyarakat, orang-orang yang menderita tekanan batin, terkena stres, putus asa, gila bahkan ada yang bunuh diri.

Padahal sebenarnya kebahagiaan selalu ada di dekat Kita !
Banyak orang susah payah berburu kebahagiaan,
namun yang diburunya seperti jauh dari nafas hidupnya.
Banyak pula yang berusaha membayar lunas harga kebahagiaan,
seolah-olah kebahagiaan itu unik, tetap, dan terbatas jumlahnya.
Tidak sedikit yang berusaha menukar harta
demi secuil kebahagiaan.

Kebahagiaan begitu berharga!
Ia tidak akan ketemu bila sekadar dicari,
Ia hanya ada bila dengan sadar diciptakan.
maka Kita harus menciptanya.

kebahagiaan sejati sangat mungkin diraih
kebahagiaan luas cakupannya, murah didapat,
dan banyak cara untuk menciptanya;
dan kebahagiaan selalu ada di dekat kita!

Kebahagiaan dan ketenangan batin dapat ditemukan ketika kita berpasrah diri pada perintah Sang Pencipta dan Sang Pemelihara dunia ini.
Allah berfirman dalam Al Qur’an: Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (Al Qur’an, 12:28)

Di sisi lain, orang yang berpaling dari Al Qur’an akan mengalami kesulitan di dunia. Sebagaimana firman Allah: Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada Hari Kiamat dalam keadaan buta.
(Al Qur’an, 20:124)

Kita tentu mendambakan hidup bahagia, hidup dalam keyakinan: mulai dengan mengenal Allah dan ridha, menerima keputusan-keputusan-Nva, serta ikhlas menjalankan aturan-aturan-Nya. Kita mendambakan diri kita merasa bahagia dalam menjalankan shalat, kita bahagia menunaikan zakat, kita bahagia bersedekah, kita bahagia menolong orang lain, dan kita pun bahagia menjalankan tugas amar ma'ruf nahi munkar.

Dalam kondisi apa pun. maka "senangkanlah hati kita!" Jangan pernah bersedih.
"Kalau kita kaya. senangkanlah hati kita! Karena di hadapan kita terbentang kesempatan untuk mengerjakan yang sulit-sulit melalui harta kita

"Dan jika kita fakir miskin, senangkan pulalah hati kita! Karena kita telah terlepas dari suatu penyakit jiwa, penyakit kesombongan yang sering menimpa orang-orang kaya. Senangkanlah hati kita karena tak ada orang yang akan hasad dan dengki kepada kita lagi, lantaran kemiskinan kita..."

"Kalau kita dilupakan orang, kurang masyhur, senangkan pulalah hati kita! Karena lidah tidak banyak yang mencela kita, mulut tak banyak mencaci kita..."

Mudah-mudahan. Allah mengaruniai kita ilmu yang mengantarkan kita pada sebuah keyakinan dan kebahagiaan abadi, dunia dan akhirat. Aamiin.

http://hilmanmuchsin.blogspot.com/2011/11/apa-itu-kebahagiaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar