“...Sesungguhnya bukanlah mata itu
yang buta, melainkan yang buta ialah hati yang terdapat di dada.” (QS
al-Hajj:46).
Tatkala orang bersumpah di ruang
publik dengan penuh percaya diri, sungguh siapa pun tak akan tahu persis apakah
ia sedang jujur atau berdusta. Hanya dia dan Tuhan yang tahu. Orang lain
sebatas me nafsir dan menerka. Hak dan batil secara hakiki pasti berbeda,
tetapi di tangan manusia keduanya sering kali menjadi sumir, gelap, dan
serbarumit.
Para nabi diberi mukjizat untuk lebih
meyakinkan kaumnya tentang kebenaran risalah Tuhan. Nabi Khidir harus melakukan
tindakan aneh (khariq al-‘adat) untuk meyakinkan Musa as tentang hakikat
sesuatu di balik yang tampak. Bahkan, Nabi Ibrahim dalam pencarian religiusnya
sempat mengira matahari dan bulan sebagai kekuatan adikodrati sebelum sampai
pada puncak kebenaran tauhid tentang Tuhan Yang Esa.
Namun, di tangan para penjahat dan
pendusta berdasi, kebenaran itu menjadi kabur dan dimanipulasi. Mereka memiliki
1.001 akal bulus untuk menutupi kebenaran. Dari sumpah palsu hingga bermain
teatrikal sebagai sosok suci dan baik hati di hadapan publik. Di panggung
politik, bahkan orang seolah boleh berdusta dan bermuslihat buruk di bawah
adagium “politik adalah seni segala kemungkinan”. Dan, para mafioso pun sering
tampil sebagai sosok-sosok dermawan untuk menutupi dunia hitamnya.
Senaif itukah perilaku anak cucu Adam?
Tentu saja tidak. Manusia itu multiwajah. Dari sosok yang baik, buruk, hingga
kelabu. Tetapi, ketika kepalsuan sudah menjadi sistem dan budaya dominan maka
banyak mutiara kebenaran, kebaikan, dan kepatutan menjadi mudah terkubur. Lalu,
yang mekar ialah aneka serbasalah, buruk, dan seronok yang dibalut pesona
indah. Di titik inilah betapa mahalnya harga sebuah kebenaran di negeri ini,
bak mendulang butiran emas di lumpur pekat.
Salah jalan
Negeri ini menjadi gaduh dengan banyak
kerumitan krusial karena setiap masalah dibiarkan meluas dan termanipulasi.
Uang negara dijarah dan korupsi kelas kakap sulit diberantas sampai ke akar.
Sebab, para pelakunya berjamaah dan berada di pusat-pusat kuasa, yang piawai
saling melindungi dan menyandera. Pegawai negeri sipil kelas bawah saja sampai
memiliki rekening puluhan miliar.
Publik pun menyoroti sekian banyak
elite politik berubah menjadi hartawan dan bergaya hidup mewah. Hukum tak bisa
dipercaya karena para aparatnya terlibat kepentingan dan mudah disogok.
Akibatnya, banyak masalah menjadi serbaruwet terjebak ling karan setan, yang
menunjukkan betapa bobrok sistem dan perangai manusia di bumi tercinta ini.
Mereka yang semestinya merawat negeri ini seperti pagar makan tanaman. Semua
terjebak dalam lingkaran banyak kepentingan yang melibatkan transaksi-transaksi
uang dan perkara-perkara haram. Mereka bukan berburu kebaikan untuk negeri,
malah berlomba memperkaya diri, kroni, dan dinasti.
Inilah salah jalan para penggawa
negeri yang ingin mengejar puncak hidup serbainderawi yang menggerus idealisme,
yakni hidup melampaui batas kewajaran. Akibatnya, mereka harus terjerat korupsi
dan menggerogoti kekayaan negeri. “ Alhakum at-takatsur, ”demikian sindiran Tuhan.
Mereka berlomba-lomba mengejar hidup tanpa aturan dan tak akan pernah puas
sampai ajal tiba sekalipun. Akibatnya, mereka menabrak batas-batas kebenaran,
kebaikan, dan kepatutan.
Bukankah Tuhan telah mengajarkan
manusia batas-batas dalam mengejar ambisi hidup. (QS al-An’am:32).
Kesenangan-kesenangan duniawi itu hanya sebentar dan tidak kekal. Janganlah
orang terperdaya dengan kesenangan-kesenangan dunia serta lalai dari
memperhatikan urusan akhirat.
Dunia memang harus digeluti dan
manusia bertakwa tidak boleh antidunia. Hidup jabariah dan uzlah sungguh tak
dianjurkan. Tetapi, tidak berarti atas nama sikap qadariyah lantas hidup
menjadi liar dan terpenjara dunia. Manusia bukan mengendalikan dunia, melainkan
malah diperbudak dunia.
Buta hati
Generasi bangsa ini setelah 66 tahun
merdeka tampaknya perlu belajar kembali dari nol tentang hakikat hidup berbang
sa dengan nurani yang fitri. Lebih-lebih menjadi pemangku amanat negeri agar
menjadi suri teladan dan tidak salah jalan. Orang pandai, ahli, dan cerdas otak
semakin banyak jumlahnya. Tetapi, untuk menemukan sebongkah kebenaran saja
sulitnya minta ampun. Kearifan, kebaikan, dan etika menjadi barang mahal.
Apalagi, untuk menegakkan kebenaran yang sering terasa pahit.
Maka, betapa sedikit atau mungkin
banyak tetapi tidak hadir di permukaan para pemangku negeri yang sadar
idealisme dalam mengemban amanat. Mereka banyak yang perkasa dalam hal bicara,
profesi, intelektualitas, dan kehebatan segala hal, tetapi buta atau rabun
nurani. Lihat QS al-Hajj:46. Ayat ini berkisah tentang sikap orang-orang yang
ingkar kepada Allah dan mendustakan risalah para nabi seperti umat Nabi Nuh,
Luth, Musa, Saleh, dan Ibrahim yang bertindak zalim dan akhirnya diazab Tuhan
hing ga negerinya hancur.
“Istafti qalbaka!” (minta pendapatlah
pada hati nuranimu!) Demikian sabda Nabi seraya menasihati bahwa “Kebaikan itu
adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hati tenang, dan keburukan itu sesuatu
yang mem buat jiwa gelisah dan hati bimbang.” (HR Ahmad dan al-Dari mi). Artinya,
hati nurani itu selalu bersuara emas pada kebaikan, sebaliknya antidusta dan
keburukan.
Hati tidak pernah menipu diri, apalagi
menipu orang lain. Hati yang fitri, yang bersih dari anasir-anasir kepentingan
materi, nafsu, dan godaan inderawi. Hati yang selalu membimbing kata sejalan
tindakan, sumpah, dan kenyataan. Hati yang takut berdusta di hadapan siapa pun
karena yakin betul Tuhan Mahamengawasi. Hati yang tidak memproduksi kata-kata
indah yang jauh panggang dari api. Itulah hati yang bersih, al-qalb al-salim.
Namun, mana bisa bertanya pada hati
manakala setiap asupan dalam dirinya setiap hari adalah barang serbabatil.
Akibatnya, suara hati makin lama kian lirih, sunyi, dan mati. Lalu, yang
menguasai diri dan bersuara lantang ialah nafsu.
Imam Al-Ghazali bermutiara hikmah:
“Tubuh itu laksana kerajaan. Tangan, kaki, dan segenap anggota tubuh laksana pe
kerja ahli. Syahwat itu bagaikan pemungut pajak. Amarah ibarat polisi. Hati
nurani adalah raja yang menguasai singgasana. Akal itu perdana menterinya. Syahwat
senantiasa menarik segala sesuatu pada kepentingan dirinya. Sedangkan, amarah
berwatak keras dan kasar, yang suka menghukum dan menghancurkan.
Hati sang raja itu harus mengendalikan
syahwat, amarah, juga mengendalikan akal. Hati harus menjafakeseimbangan semua
kekuatan yang dimiliki manusia itu.” Sayangnya, tidak banyak anak cucu Adam
yang tercerahkan hati nuraninya karena singgasana hidupnya telanjur dihegemoni
oleh rezim nafsu serbaduniawi. Itulah HATI YANG TERKUNCI
Oleh: Haedar Nashir
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/04/02/m1tom0-hati-yang-terkunci
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/04/02/m1tom0-hati-yang-terkunci
**********
Catatan :
Qalbu diciptakan Tuhan bukan untuk di
jadikan musuh yang selalu merintangi dan menentang segala gerak dan tidak kita,
kita di perlengkapi dengan hati agar dapat memanfaatkan akal berlandaskan hati,
jadikan hati nurani itu penasehat untuk memudahkan segala tindak dan gerak, dan
memberi arah bagi segala amal dan usaha.
Bagi yang masih memiliki hati nurani
yang sehat, bila melakukan suatu pelanggaran, penyelewengan, penghianatan
terhadap iman atau ilmu, hati nuraninya berontak, menagih imannya dan memaksa
agar kewajiban dan tugas itu di sempurnakan.
Bila dibiarkan hati berontak,
bertindak seperti lawan, pasti akan kehilangan ketentraman, selalu gelisah dan
penghargaan terhadap dirinya semakin rendah, yang akibatnya akan merasa malu
melakukan perbuatan-perbuatan yang hina dan rendah sesuai dengan kerendahan
diri atau hidup seperti binatang.
Menunaikan kewajiban, melakukan aml
baik, dan akhlak utama tidak boleh di tangguhkan menunggu datangnya keinginan
dan kerelaan hawa nafsu sebab tindakan seperti itu, sama halnya dengan yang
menunggu-nunggu tibanya waktu yang kosong dan luas, tapi relakan hati agar rela
dia islam, dia tunduk kepada aturan ketentuan dan undang-undang dan syari’at
agama.
Hal ini mesti di usahakan, di
biasakan, bukan di tunggu-tunggu, usahakan agar hati nurani tetap
sehat,merestui segala amal yang manfaat dan baik, dan menolak membenci segala
perbuatan yang buruk, supaya tiap gerak dan tindak, melakukan sesuatu atau
meninggalkan sesuatu selalu searah dengan fitrah jiwa, dan sesuai dengan
keinginan hati nurani, dan disitu akan terasa keni’matan beragama, kebahagiaan
Negara yang berundang-undang, karena semua penghuninya merelakan hati untuk
hidup teratur, tidak lepas dari aturan dan undang-undang, dan itulah jiwa yang
tentram (nafsul-muthmainnah).
Ada orang yang susah tidur, walaupun
dia ngantuk, dan sudah berbaring di tempat tidur, sebab dia sedang berperang
dengan hati nurani, sebab dia tidur meninggalkan pintu tidak terkunci, matanya
menyuruh tidur, hati nuraninya memesan agar pintu di kunci.
Orang Islam yang belum melakukan
shalat isya, tapi sudah ngantuk, bila ia berbaring di kamarnya, dia tidak bisa
tidur dengan mudah, sebab hatinya berontak, hatinya menjadi lawan bagi dirinya.
Ini adalah contoh enteng, dan masih
banyak lagi contoh-contoh yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Sungguh tepat orang menasehatkan, agar
kita membiasakan mendidik atau melatih keinginan yang dinamakan
tarbiyatul-iradah agar hati kita selalu searah dan sejalan.
Tidak ada pekerjaan, tidak ada
pekerjaan yang membosankan bila pekerjaan itu di sertai dengan hati,dan
sebaliknya pekerjaan yang mudah dan ringan bila tidak di sertai dengan hati
akan terasa berat dan membosankan serta meletihakan.
Orang yang berjiwa “am-maratun bissu”,
yang buta hati nuraninya, dapat melakukan kejahatan dan pelanggaran dengan
senang hati, dia bermusuh dengan aturan dan syari’at agama, dia berpenyakit
alergi nasehat dan tabligh.
Orang yang berjiwa “musawwalah”, hati
nuraninya baru dapat bersinar bila di bantu dengan lingkungan, gerak tindaknya,
sikap dan pendiriannya berubah-ubah, tergantung kepada pengaruh lingkungan, dia
seperti benda mati bukan bergerak tapi di gerakkan.
Orang yang berjiwa “lawwamah”, selalu
berperang dengan nafsunya, selalu merelakan hatinya untuk menerima kebenaran,
dan melakukan kebaikan, dan dia selalu ada dalam kemenangan walupun dengan
susah payah.
Orang yang berjiwa “muthmainnah” hidup
berbahagia, hati nuraninya selalu membantu, otaknya bergerak berlandaskan hati
nurani, tidak bermusuh dengan kalbu tidak menjadi lawan bagi hati nuraninya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar