Selasa, 10 April 2012

Renungan Senin Sore

Suatu kali, seorang bijak ditanya oleh salah seorang muridnya.

"Tuan Guru, adakah kejujuran yg tidak baik?
Sang guru bijak pun menjawab, "Pujian seseorang atas dirinya sendiri." Maksudnya, ketika seseorang bercerita hal2 baik tentang dirinya sendiri, meskipun cerita tsb benar adanya, hal itu adalah kejujuran yg tidak baik. Sebab, bisa memunculkan perasaan bangga diri dan kesombongan.

Ketika seseorang mengatakan AKU, yang biasanya timbul adalah subjektivitas. Bahkan, tidak jarang pula kata tsb memiliki efek negatif bagi kehidupan sosial. Dikisahkan dalam Alquran bahwa makhluk yg pertama kali mengucapkan kata AKU dgn penuh KESOMBONGAN dan perasaan tinggi hati adalah IBLIS.

SOMBONG adalah sebab utama mengapa syaitan dimurkai shg ia menjadi kafir, Allah Swt berfrirman:

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kpd para malaikat: “Sujudlah kamu kpd Adam”, maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabbur dan adalah ia termasuk golongan orang yg kafir (QS Al Baqarah [2]:34).

Allah berfirman: "Apakah yg menghalangimu untuk bersujud (kpd Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" menjawab Iblis "Saya lebih baik drpd nya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (QS Al A’raf [7]:12).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar