Kamis, 26 April 2012

Kanker Paru Menkes Endang Sudah Stadium 4




Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih saat ini mengidap kanker stadium empat. Karena itu, kondisinya kadang stabil, kadang juga turun. Namun, hingga saat ini proses perawatan masih terus dilakukan.

"Beliau sedang perawatan, biasa orang dirawat kadang-kadang fresh, kadang stabil kadang-kadang turun," kata Wamenkes, Ali Ghufron usai acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Ali mengaku belum tahu kondisi terakhir atasannya tersebut. Yang jelas, dia memastikan bahwa Endang mengidap kanker stadium empat.

"Saya kira begitu. Kita terus memberikan support, sama-sama mendoakan bersama. Tugas-tugas beliau kita back up, tidak ada istilahnya gangguan program. Malah kemarin kita sudah ada kesepakatan RPP tembakau yang sudah tertunda tahun 2009," jelasnya.

Menkes menjalani perawatan di RSCM karena merasa tubuhnya nyeri. Kesimpulan hasil pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan tim dokter, Menkes memerlukan pengobatan berupa radioterapi atau radiasi secara serial. Selain radioterapi, dilakukan pula pemantauan kondisi darah dan metabolisme untuk meningkatkan stamina/kondisi tubuh.

Menkes dideteksi mengidap kanker paru sejak Oktober 2010. Sejak itu Menkes telah menjalani pengobatan baik di dalam negeri dan luar negeri selama kurang lebih satu setengah tahun.

Pengobatan yang selama ini telah dijalani oleh Menkes antara lain radiasi lokal dan bedah beku, tujuannya untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Kemenkes menyebutkan, selama menjalani perawatan di RSCM, Menkes masih memberikan arahan kepada para stafnya.

Seperti dikutip Roche.co.id, berikut ini adalah stadium yang dikenal pada kanker paru:

Stadium I:
Sel kanker hanya ditemukan di paru sedangkan jaringan di sekitarnya tetap normal. Stadium I dibagi menjadi Stadium IA dan IB, tergantung ukuran tumor.

Stadium II:
Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, dinding dada, diafragma, lapisan yang mengelilingi jantung. Stadium II dibagi menjadi IIA dan IIB, tergantung ukuran tumor atau ada tidaknya sel kanker di kelenjar getah bening sekitarnya.

Stadium III:
Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan bagian dada diantara jantung dan paru. Pembuluh darah di bagian ini juga telah terkena. Kanker mungkin juga telah menyebar ke leher bawah.

Stadium IIIA:
Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dada bagian tengah, disisi yang sama dimana kanker bermula.

Stadium IIIB:
Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening disisi dada yang lainnya. 

Stadium IV:
Kanker telah menyebar ke paru lain atau bagian tubuh yang berbeda dan tak dapat dihilangkan dengan operasi/pembedahan.

Rachmadin Ismail - detikHealth

----------

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengabulkan permohonan Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih untuk mengundurkan diri dari jabatannya saat ini.
Permintaan pengunduran diri Endang terlontar saat Presiden dan Ibu Ani Yudhoyono menjenguknya di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar