Minggu, 22 April 2012

Sayidul Istighfar

Istighfar "astagfirullahal 'adziim", kalimat yg sangat pendek, tapi memiliki makna yg sangat dahsyat, sangat dalam, sangat indah dalam hidup kita, di dunia dan di akhirat.

Istighfar memiliki dua makna.

 Pertama : setiap kali kita mengucapkan "astagfirullahal 'adziim", berarti kita minta ampun kpd Allah, minta dimaafkan kesalahan kita, minta ditutupi aib2 kita. Semakin sering kita beristighfar maka semakin bersih diri kita dari dosa, dari kesalahan, dari aib2. Karena itu Allah sangat menyukai hamba Allah yg terus beristighfar. Karena tidak satu pun di antara kita yg bersih dari dosa, maka istighfar kewajiban, kebutuhan kita, agar Allah SWT mengampuni dosa kita, memaafkan kesalahan kita dan menutupi aib kita.

Kedua, setiap kali kita mengucapkan "astagfirullahal 'adziim", berarti kita minta kpd Allah, mohon kpd Allah, amat sangat, agar Allah memperbaiki hidup kita, menguatkan aqidah kita, membuat kita nikmat dalam ibadah khusyuk, menjadikan akhlaq kita mulia. Satu ucapan tetapi memiliki DUA keinginan. Karena itu tidak heran hamba Allah yg sungguh2 beristighfar tampak dalam kehidupannya, semakin berkah, semakin membawa kebaikan dan perbaikan, semakin bahagia, tenang, senang, menyenangkan, di dunia dan di akhirat. Karena itu Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yg melazimkan dirinya selalu beristighfar kpd Allah, maka Allah akan memudahkan saat ia sulit, Allah gembirakan saat ia sedih, dan Allah beri rezki dari jalan yg tidak pernah ia duga."

***********

DOA SAYIDUL ISTIGHFAR

 أللهم أنت ربي ”
Allahumma anta robbi
Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah Rabb-ku

 لا إله الا أنت
 laa ilaaha illa anta
Tiada Ilah kecuali Engkau,

 خلقتني وأنا عبدك
khalaqtani wa ana abduka
 Engkau telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu

 وأنا على عهدك ووعدك ماأستطعت
wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika mastatho’tu
aku akan berusaha memenuhi janji-janjiku kepada-Mu sekuat tenagaku

 أعوذ بك من شر ماصنعت 
Audzubika min syari maa shona’tu
aku berlindung kepada-Mu dari apa perbuatan jelekku,

 أبوأ لك بنعمتك علي
Abu ‘u laka bi ni’matika ‘allaya
aku mengakui akan nikmat-Mu yang Engkau berikan kepadaku

 وأبوأ بذنبي wa abu ‘u bidzanbi dan aku mengakui juga atas dosa yang pernah aku perbuat

 فأغفر لي
faghfirli
maka ampunilah diriku

 فإنه لايغفر الذنوب إلا أنت 
fainnahu layaghfiru dzunuba illa anta
sesungguhnya tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau ya Allah. ”

( HR Bukhari, no : 6306 )

Hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Syadad bin Aus, barangsiapa membaca doa ini setiap sore, apabila malam harinya ia meninggal, maka berhak masuk sorga. Dan barangsiapa membaca doa ini tiap pagi, apabila pada siang harinya meninggal, maka ia berhak masuk sorga.

Baca Sayidul Istighfar setiap pagi dan sore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar