Kamis, 19 Juli 2012

1 Ramadhan 2012, jatuh pada Hari Sabtu (21 Juli)



Pemerintah telah menetapkan bhw 1 Ramadhan tahun 2012, jatuh pd hari Sabtu, tgl 21 juli.

Merupakan hal yang mustahil menyatukan seluruh manusia dalam satu pandangan atau pemikiran tertentu. Karena masing-masing mereka diberi oleh Allah Swt pandangan, ilmu, tujuan, kebutuhan, situasi dan kondisi lingkungan yang serba berbeda dan sangat berpengaruh terhadap paradigma dan cara berpikir mereka. Terutama umat Islam di Indonesia yang memang berlatar belakang suku, adat istiadat, dan bahasa yang berbeda-beda, ditambah lagi dengan adanya kelompok-kelompok Islam yang begitu beragam.

Ikhtilaf  (berbeda pendapat) dalam berbagai masalah agama adalah sebuah kewajaran bahkan keharusan, karena manusia memang diciptakan berbeda-beda. Bahkan tidak berlebihan kalau dikatakan bhw beberapa "perbedaan" itu memang dimaksudkan atau diinginkan oleh Pembuat Syariat (Allah Swt).

Sebab jika Allah berkehendak menurunkan Al-Quran dgn hanya memiliki satu interpretrasi saja, maka tidak sulit bagi-Nya hal itu. Demikian juga dgn Sunnah Rasulullah Saw. Telah masyhur di kalangan ulama bhw perbedaan dalam umat ini adalah RAHMAT.
Mengapa kita tidak berusaha membersihkan hati kita, menjalankan ketaatan menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya, berlaku lurus dan adil, berusaha menjalankan kewajiban mencintai kaum muslimin serta menjadi orang yang tetap berusaha mempersatukan kaum muslimin?

Sungguh hidup ini terlalu MAHAL utk dibayar dgn perpecahan dan perselisihan, juga terlalu SEMPIT utk dipenuhi rasa saling benci serta terlalu singkat utk dihabiskan dgn PERDEBATAN yg tidak bermanfaat. Alangkah indahnya jika hidup yg mahal ini kita tebus dgn persatuan yg dilandasi semangat UKHUWWAH yg tinggi, kita isi dgn saling cinta-mencintai, kemudian kita manifestasikan dgn AMALAN 2 yg bermanfaat bagi masa depan Dunia dan Akhirat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar