Minggu, 31 Januari 2010

Apa Itu Kanker?


Kanker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Terdapat lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda dan masing-masing diklasifikasikan berdasarkan jenis sel awal yang tumbuh.

Kanker merugikan tubuh ketika sel-sel rusak membelah tak terkendali untuk membentuk gumpalan atau massa jaringan yang disebut tumor. Tumor dapat tumbuh dan mengganggu pencernaan dan sistem peredaran darah, dan dapat melepaskan hormon yang mengubah fungsi tubuh. Tumor yang tinggal di satu tempat dan menunjukkan pertumbuhan yang terbatas umumnya dianggap jinak.

Tumor dianggap lebih berbahaya dan ganas jika sel kanker berhasil menyebar ke seluruh tubuh dengan menggunakan darah atau sistem getah bening dan menghancurkan jaringan sehat dalam proses yang disebut invasi.

Ketika tumor berhasil menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, menyerang dan menghancurkan jaringan sehat lainnya atau biasa disebut metastasis maka akan mengakibatkan kondisi serius yang sangat sulit untuk diobati.

Kanker adalah hasil akhir sel-sel yang tumbuh tak terkendali dan tidak mati. Sel-sel normal dalam tubuh terpogram untuk pertumbuhan, pembagian, dan kematian. Kematian sel terprogram tersebut disebut proses apoptosis, dan ketika proses ini rusak, kanker mulai terbentuk. Tidak seperti sel-sel biasa, sel-sel kanker tidak mengalami kematian dan terus tumbuh dan membelah. Hal ini menyebabkan massa sel abnormal yang tumbuh di luar kendali.

Ketika umur manusia bertambah, ada peningkatan jumlah kemungkinan penyebab kanker akibat dari mutasi pada DNA kita. Beberapa virus juga telah dikaitkan dengan kanker seperti: papillomavirus (salah satu penyebab kanker leher rahim), hepatitis B dan C (penyebab kanker hati), dan Epstein-Barr (penyebab kanker pada masa kanak-kanak) serta Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan hal lain yang dapat menekan atau memperlemah sistem kekebalan tubuh kita.

Sumber: Fajar.co.id
http://www.solusisehat.net/berita.php?id=1085

Tidak ada komentar:

Posting Komentar