Rabu, 20 Januari 2010

Fakta Tentang "ANGKA SIAL " 13


Konon, salah satu karakteristik masyarakat modern adalah tidak percaya tahayul. Anggapan modern seperti itu tidak selalu benar. Dalam sebuah artikel di Smithsonian Magazine, Februari 1987, berjudul “Triskaidekaphobia” (Ketakutan terhadap bilangan/ angka 13), psikolososiolog Paul Hoffman melaporkan hasil risetnya bahwa akibat phobia dengan nama ruwet itu, setiap tahun Amerika Serikat dirugikan minimal satu biliun dolar AS akibat absenteisme, pembatalan perjalanan darat, udara dan laut, sambil memerosotkan kinerja ekonomi, industri dan bisnis pada setiap tanggal 13 setiap bulan, apabila bila kebetulan jatuh pada hari Jumat! Tidak heran, film “Friday The 13th” begitu laris dikonsumsi di Amerika Serikat, sampai diproduksi serial beruntun. Beberapa insan paling kaya raya, seperti Paul Getty, sampai pun Presiden AS, seperti Franklin Delano Rosevelt, selalu tegak menolak hadir dalam acara resmi yang dihadiri tiga belas orang. :-)

=========================================

Ada yang menarik soal keterkaitan angka 13 dengan mata uang Amerika Serikat (AS $)

Jika kita teliti selembar uang kertas satu dolar AS, ternyata di bagian belakang tampil piramid dengan 13 jenjang. Semboyan di atasnya berbunyi “Annuit Coeptis” yang terdiri atas 13 huruf. Di pita tergigit paruh burung elang tertulis “E Pluribus Unum”, juga terdiri atas 13 huruf. Di atas kepala sang elang bersinar 13 bintang, di perisai terlukis 13 garis, cakar kiri mencengkeram 13 anak panah, sementara di cakar kanan sebuah batang dengan 13 daun zaitun, perlambang bahwa pada masa berdirinya, semula Amerika Serikat memang terdiri dari hanya 13 negara bagian.

Meskipun nilainya mungkin sedang naik turun, namun tidak disangka bahwa AS $ – serba 13 itu – sampai kini tidak dianggap berkarir sial, malah telah diakui seabgai mata uang paling suprematif di dalam sistem moneter dunia.

=========================================

Demi membasmi tahayul bahwa angka 13 adalah angka sial, pada tahun 1884, sekelompok warga kota New York nekad mendirikan The Thirteen Club! Mereka sengaja menyelenggarakan pertemuan rutin pada tiap tanggal 13 setiap bulan yang dimulai tepat pukul 13.13 di seuatu gedung pertemuan bernomor 13, dihadiri oleh 13 orang (atau apabila lebih harus tepat berjumlah kelipatan 13), dengan iuran per anggota AS $ 13 setiap bulan.

Mereka ingin membuktikan bahwa segenap anggota klub 13 itu sehat selalu, makmur selalu, selamat selalu, beruntung selalu dan panjang usia sama dengan anggota klub mana pun. Namun yang jelas, misi The Thirteen Club itu bernasib sial. Terbukti tahayul atas angka 13 sebagai angka sial itu, tetap saja bertahan merajalela sampai saat ini.

(Source : Motivasi Net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar